Connect With Us

Pemprov Banten Tunggu Anggaran untuk Bangun Ulang Tugu Pamulang

Rachman Deniansyah | Kamis, 15 April 2021 | 14:30

Kondisi Tugu Pamulang di persimpangan Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan. (TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Provinsi Banten akan mengevaluasi kinerja terkait pembangunan Tugu Pamulang, yang telah berdiri sejak 2018 silam. 

Pasalnya, tugu yang terletak di persimpangan Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan itu kembali dihujani cibiran dari khalayak publik, termasuk dari para netizen. 

Namun diketahui, cibiran dan komentar pedas terkait pembangunan Tugu Pamulang tidak hanya terjadi kali ini saja. Sejak berdirinya pada 2018 silam, tugu tersebut juga telah mendapat komentar pedas dari masyarakat. 

Namun lebih dari dua tahun berselang, tidak ada aksi pembenahan atau perbaikan sama sekali dari pihak yang bertanggungjawab, dalam hal ini adalah Pemerintah Provinsi Banten. 

Menanggapi polemik tersebut, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengaku dirinya telah menegur dinas terkait sejak pertama kali tugu tersebut berdiri. 

"Jadi terkendala, terhenti, saya sudah tegur (sejak) 2018 untuk segera diselesaikan. Kalau kerja jangan setengah-setengah gitu kan, dan kemarin rame lagi. Kami evaluasi," tegas Andika kepada awak media di wilayah Cilenggang, Serpong, Kota Tangsel, Kamis (15/4/2021). 

Saat ini, ia juga telah memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk membongkar tugu yang kini telah memudar tersebut. Untuk desainnya, akan dibangun sesuai yang viral di jagat maya. 

"Ya dibongkar aja dulu. Ya sesuai desain, kan memang pada saat pembangunan di tengah-tengah kan direvisi," kata Andika. 

Ia menjelaskan, terkendalanya pembangunan Tugu Pamulang dikarenakan adanya recofusing (pengalihan) anggaran akibat adanya pandemi COVID-19. 

"Dari segi anggaran memang 2019 terkena refocusing, semua anggaran kan bukan hanya untuk pembangunan tugu. Semua pembangunan pelayanan masyarakat di Banten refocusing semua. Jadi nanti kalau sudah siap baru, sementara ini kan sudah saya perintahkan untuk dibongkar," terangnya.

Sembari menyiapkan anggaran, Andika menegaskan pihaknya akan segera memperbaiki tugu Pamulang sesuai dengan yang diharapkan. 

"Nanti disiapkan dulu anggarannya. Saat ini belum ada. Jadi harus profesional kan seperti itu, dari 2018 itu sudah saya (tegaskan) harus selesaikan perbaiki," pungkasnya. 

Sementara itu, sejauh ini belum ada lagi aktivitas pengerjaan pembangunan Tugu Pamulang. 

Untuk sementara, tugu yang berada di sentral wilayah Kecamatan Pamulang itu ditutup sementara, dengan hanya menggunakan seng. (RAZ/RAC)

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

HIBURAN
Diduga Narkoba, Chandrika Chika 'Papi Chulo' Ditangkap Polisi 

Diduga Narkoba, Chandrika Chika 'Papi Chulo' Ditangkap Polisi 

Rabu, 24 April 2024 | 07:56

Selebgram dan Tiktoker cantik yang sempat viral lewat joget Papi Chulo, Chandrika Chika diamankan polisi usai diduga terlibat penyalahgunaan narkoba.

TEKNO
Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Rabu, 24 April 2024 | 11:25

Perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin pesat, sehingga banyak orang khawatir akan hilangnya pekerjaan karena kemampuan AI untuk menangani tugas-tugas tertentu.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill