Connect With Us

Tanggul Situ Sasak Tinggi Bocor

| Sabtu, 25 September 2010 | 16:25

Tampak warga sekitar Situ Sasak Tinggi, Pamulang, sedang memperhatikan tanggul yang bocor. (tangerangnews / deddy)

 
TANGERANGNEWS- Tanggul penahan Situ Sasak Tinggi di Jalan Siliwangi, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel,  Jumat (14/9) malam bocor. Akibatnya, puluhan rumah disekitarnya terendam antara semata kaki sampai sebetis orang dewasa.
 
Budiono, warga RT 08/03 Kelurahan Bambu Apus, sejak Januari kondisi tanggul tersebut memang sudah terlihat bocor. Akan tetapi, hal itu kurang direspons oleh pihak terkait, sehingga air meluap dan tak kuat menahan debit air Situ Pamulang yang terus meninggi.
 
“Ini yang kedua kali tanggul penahan bocor, kami warga sangat khawatir, Kami takut tanggul penahan tersebut jebol dan menghantam rumah. Apalagi, rumah saya dekat dengan tanggul penahan tersebut,” ujarnya, hari ini.
 
Ia menambahkan, sekitar pukul 23.00 WIB malam sampai 05.00 WIB pagi hujan turun hingga menyebabkan tanggul tersebut bocor. “Kami tidak tahu apakah bocor atau tidak, yang jelas dari bawah situ itu juga ada keluar air. Serta dari atas situ. Kalau di jalan sebetis tinggi  air,” jelasnya.

Pemkot Tangsel Tak Bisa Berbuat Banyak
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Kota Tangsel Dendy Prayadana mengatakan, tidak menampik bahwa kondisi tanggul penahan Situ Sasak Tinggi itu  sudah sangat kritis.
 
”Saya sendiri khawatir kok dengan kondisinya. Jika sampai Situ ini jebol, wah  akan terjadi bencana besar seperti Situ Gintung. Bukan hanya harta benda yang akan hilang, melainkan juga nyawa manusia,” ucapnya.
 
Meskipun demikian, Dendy mengaku tidak bisa berbuat banyak untuk mengantisipasi bencana bocornya tanggul tersebut. Pasalnya, wewenang perbaikan tanggul bukan berada di tangan Pemkot Tangsel, melainkan tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah  Pusat.
 
Lebih lanjut, ia mengatakan, Sebagai antisipasi penanggulangan darurat, Pihaknya bersama warga sekitar sudah menyediakan 5.000 karung pasir untuk meninggikan dan memutup kebocoran tanggul serta menyediakan perahu karet  serta mendirikan dapur umum untuk 150.000 Kepala Keluarga.”Itu hanya antisipasi darurat saja,” katanya
 
Ia menambahkan, ada tiga situ yang dinilainya sangat kritis, yakni situ Pamulang, situ Parigi dan Situ Ciledug yang dekat dengan pamulang Square. Agar ketiga situ tersebut tidak meluap saat banjir, pihaknya berharap pemerintah Pusat memberikan bantuan penanggan dan meninggikan serta perbaikian tanggul tersebut.
 
Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Departemen Pekerjaan Umum Muhammad Amron mengatakan, bahwa faktor utama bocornya Situ Pamulang karena debit air yang sangat tinggi akibat hujan deras di kawasan tersebut sehingga air yang datang dari hulu melebihi kapasitas.”Kami akan melakukan nomalisasi situ secepatnya,” ujar Muhammad Amron. (dira)

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

NASIONAL
1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

Sabtu, 13 April 2024 | 09:24

Sebanyak 1.835 kendaraan terlibat kecelakaan selama arus mudik Lebaran 2024. Hal itu berdasarkan data kecelakaan lalu lintas dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill