Connect With Us

WALHI: Hanya Sedikit Situ yang Kondisinya Baik

| Sabtu, 25 September 2010 | 16:28

Tampak warga sekitar Situ Sasak Tinggi, Pamulang, sedang memperhatikan tanggul yang bocor. (tangerangnews / deddy)


TANGERANGNEWS-Retaknya, Situ Sasak Tinggi di Pamulang, sudah diperkirakan oleh pihak Wahana Lingkungan Hidup (WALHI). Direktur Walhi Jakarta Ubaidillah mengatakan, Situ Sasak Tinggi di Pamulang termasuk satu dari enam situ yang rawan tergerus yang dapat menyebabkan banjir.
 
"Di Jabodetabek juga tedapat enam buah situ rawan longsor dan banjir, yakni Situ Bojongsari di Depok, Situ Pondok Benda dan Situ Sasak Tinggi yang keduanya berada di Pamulang, Ciputat, Situ Pluit Muara Baru di Cibinong Bogor, dan Babakan Lenteng Agung Jakarta Selatan. Enam situ tersebut memang potensi kerusakannya kecil, namun tetap berpotensi tegerus dan terjadinya longsor . Apalagi jika debit air hujan yang besar pada akhir 2010 dan awal 2011 nanti," paparnya.
 
Di wilayah Jakarta saat ini terdapat 48 buah situ dan waduk yang tersebar di lima kotamadya. dari 48 situ dan waduk itu hanya lima yang dalam keadaan baik, yakni Situ Lembang, Situ Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Situ Jambore Cibubur, dan Situ di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Selebihnya, keadaan situ atau waduk di wilayah Jakarta pun dalam kondisi yang memprihatinkan.
 
"Selain lima waduk dan situ tersebut, yang lainnya dalam kondisi yang memprihatinkan. Banyak waduk dan situ yang dipenuhi sampah atau limbah, lalu dipinggir dan dibawahnya beralih fungsi menjadi tempat pemukiman, bahkan ada yang telah rata dengan tanah," ungkap Ubaidillah kepada Media Indonesia, Sabtu (25/9).
 
Keadaan-keadaan seperti itu yang menurut Ubaidillah mengancam kota Jakarta. Pasalnya, jika keberadaan waduk dan situ itu semakin memburuk, maka tempat penampungan air hujan pun berkurang. Inilah yang menurutnya dapat menimbulkan ancaman banjir di ibu kota.
 
Untuk itulah, menurut Ubai, peran pemerintah yang selama ini menurutnya kurang harus lebih lagi memperhatikan keberadaan situ dan waduk tersebut.
 
"Selama ini kami melihat pemerintah tidak mengadakan pengawasan terpadu dan reguler. Padahal kalau dilihat, banyak situ atau waduk yang lingkungan sekitarnya telah beralih fungsi," ujarnya.
 
Ia pun melihat keberadaan penduduk di pinggir situ-situ sangatlah penting. Menurut Ubaidillah, masyarakat tidak bisa hanya bergantung kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Peran penduduk sekitar situ pun turun membantu pengawasan terhadap kondisi situ.
 
"Jika penduduk melihat ada retakan atau kerusakan di sana segera laporkan ke RT atau RW nya," tandas Ubaidillah.(dira)
 

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

TANGSEL
Wanita Cantik Tewas Gantung Diri di Ciputat Tangsel, Diduga Depresi Gegara Tumor Payudara

Wanita Cantik Tewas Gantung Diri di Ciputat Tangsel, Diduga Depresi Gegara Tumor Payudara

Jumat, 26 April 2024 | 18:02

Seorang gadis cantik yang tinggal di Jalan Ki Hajar Dewantoro, Kelurahan Sawah Baru, Ciputat Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill