Connect With Us

Melihat Produksi Al-Qur'an Braille di Serpong Tangsel

Redaksi | Rabu, 21 April 2021 | 10:47

| Dibaca : 263

Percetakan Al-Qur'an karya Braille. (TangerangNews / Anisa Dewi Apriliani)

 

TANGERANGNEWS.com-"Tiada mata tak hilang cahaya" merupakan slogan dari Yayasan Raudlatul Makfufin (Taman Tunanetra) merupakan tempat produksi pembuatan Al-Qur'an Braille yang berdiri sejak 1983.

 

Berawal dari kegiatan pengajian tunanetra yang berlokasi di Jalan H Jamat, RT02/05, Kelurahan Buaran, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, lalu masyarakat setempat berinisiatif untuk membangun sebuah yayasan yang kemudian pada tahun 2000 mulai memproduksi Al-Qur'an Braille.

"Karena untuk mengaji mereka membutuhkan fasilitas dan media belajar terutama Al-Qur'an yang pada saat itu sulit di temukan dan harganya mahal," ujar Budi, Ketua Yayasan Raudlatul Makfufin, Rabu (21/4/21).

 

Dimulai dari tahun 1996, yayasan ini membutuhkan waktu empat tahun untuk pelatihan, entry data serta memindahkan Al-Qur'an pada umumnya menjadi jenis braille.

"Produksi pembuatan Al-Qur'an Braille mulai dari mencetak, memotong, menjilid dan packing" ujar Abash, salah satu karyawan. 

Dalam satu hari, yayasan ini memproduksi sebanyak 5 set, dimana 1 set nya terdiri dari 30 juz. Untuk harganya, 1 set Al-Qur'an Braille dengan terjemahan dibandrol dengan harga Rp2,2 juta dan 1 set Al-Qur'an Braille tanpa terjemahan dibandrol dengan harga Rp1,2 juta. 

 

Al-Qur'an Braille yang diproduksi oleh yayasan ini tidak hanya mencakup pasar nasional tetapi juga merambah ke kancah mancanegara.

TANGSEL
Mobil Datsun Terguling Keluarkan Asap di Graha Raya Tangsel, Pengendara Lain Panik Menjauh

Mobil Datsun Terguling Keluarkan Asap di Graha Raya Tangsel, Pengendara Lain Panik Menjauh

Senin, 23 Mei 2022 | 07:23

Mobil Datsun jenis hatchback terguling hingga mengeluarkan asap di ruas Jalan Boulevard Graha Raya, Tangerang Selatan pada Minggu 22 Mei 2022 malam.

TEKNO
Sasar Anak Muda, Xiaomi Luncurkan Redmi 10A Seharga Mulai Rp1 Jutaan

Sasar Anak Muda, Xiaomi Luncurkan Redmi 10A Seharga Mulai Rp1 Jutaan

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:32

TANGERANGNEWS.com-Xiaomi kembali meluncurkan produk ponsel terbarunya yakni Redmi 10A. Smartphone entry level dibanderol dari harga Rp1 jutaan.

BANTEN
Modus Baru Penyelundupan Narkoba di Banten, Sabu Disembunyikan dalam Kabel Charger Hp

Modus Baru Penyelundupan Narkoba di Banten, Sabu Disembunyikan dalam Kabel Charger Hp

Jumat, 20 Mei 2022 | 20:24

Polda Banten menggelar ungkap kasus tindak pidana penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu dengan modus baru, yaitu pelaku menyembunyikan dalam kabel charger handphone (Hp).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill