Connect With Us

Berbusana Wanita, Puluhan Transgender Cetak KTP-el di Tangsel

Rachman Deniansyah | Rabu, 2 Juni 2021 | 15:00

| Dibaca : 847

Sejumlah transgender berbusana wanita saat berada di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan yang terletak di Jalan Raya Serpong, Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu, 2 Juni 2021. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGWERANGNEWS.com-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan memfasilitasi perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi para transgender di kantornya yang terletak di Jalan Raya Serpong, Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu, 2 Juni 2021.

Kegiatan itu pun turut disambut dengan antusias oleh para transgender. Dalam perekaman kali ini saja, sedikitnya sudah terdapat puluhan orang yang datang sejak pagi hari. 

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan mengatakan bahwa seluruhnya, adalah transgender yang terlahir sebagai seorang laki-laki.

"30 orang itu terlahir sebagai laki-laki yang memang belum merekam E-KTP, tapi sudah memiliki NIK," ujar Budi saat dihubungi awak media. 

Meski terlahir sebagai laki-laki, puluhan transgender tersebut masih berpenampilan selayaknya seperti seorang wanita. Bahkan, beberapa diantaranya terlihat mengenakan pakaian kebaya. 

"Ada memang beberapa dari mereka yang rambutnya panjang, seperti perempuan. Namun ada juga yang rambutnya pendek layaknya pria, tapi agak kemayu," kata Budi. 

Kendati demikian, dalam perekaman itu para transgender tersebut tetap dinyatakan berjenis kelamin laki-laki.

"Jadi tidak mengubah status kelaminnya. Artinya terlahir laki-laki sampai saat ini data dokumennya tetap itu (laki-laki)," paparnya. 

Ia menjelaskan, perekaman KTP-el tersebut menjadi salah satu program yang dicanangkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kami memfasilitasi tempatnya, karena merupakan program dari Kemendagri. Makanya 30 transgender itu berasal dari 9 Provinsi di Indonesia," pungkasnya. (RAZ/RAC)

BANDARA
Jelang Libur Maulid, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Diprediksi Meningkat 

Jelang Libur Maulid, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Diprediksi Meningkat 

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:47

TANGERANGNEWS.com-Pergerakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjelang libur Maulid Nabi Muhammad SAW pada 20 Oktober 2021 besok diperkirakan meningkat

BISNIS
Peringati Breast Cancer Awareness, Hotel Mercure Serpong Ajak Donasi Lewat Kue Pink Meringue

Peringati Breast Cancer Awareness, Hotel Mercure Serpong Ajak Donasi Lewat Kue Pink Meringue

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:07

TANGERANGNEWS.com-Bulan Oktober merupakan peringatan Breast Cancer Awareness yang bertujuan mengedukasi dan menyebarkan kewaspadaan masyarakat tentang bahaya, penyebab

TANGSEL
PPKM di Tangsel Turun Level, Kapasitas Pengunjung Pesta Pernikahan Ditambah

PPKM di Tangsel Turun Level, Kapasitas Pengunjung Pesta Pernikahan Ditambah

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:13

TANGERANGNEWS.com-Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Tangerang Selatan kembali diperpanjang hingga 1 November 2021 mendatang. Kabar bahagianya

NASIONAL
Panglima TNI: Masyarakat yang Belum Mau Divaksin Termakan Hoax

Panglima TNI: Masyarakat yang Belum Mau Divaksin Termakan Hoax

Rabu, 20 Oktober 2021 | 21:00

TANGERANGNEWS.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyoroti sejumlah daerah yang banyak masyarakatnya belum divaksinasi Covid-19. Menurut Hadi, penyebabnya karena masih ada

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin