Connect With Us

September, Sekolah Tatap Muka di Tangerang Selatan Bakal Terwujud

Rachman Deniansyah | Sabtu, 28 Agustus 2021 | 19:12

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel Taryono. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Sistem pembelajar tatap muka (PTM) di Kota Tangerang Selatan nampak bakal terwujud dalam waktu dekat. Hal itu seiring dengan mulai membaiknya kasus penyebaran COVID-19 di wilayah penyangga Ibu Kota Jakarta ini. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel Taryono menuturkan, pelaksanaan PTM itu direncanakan bakal mulai digelar pada September mendatang. 

"Selama ini kan kita terus melakukan persiapan berbagai infrastruktur. Rencama mau dilaksanakan bulan September nanti," ujar Taryono saat dihubungi awak media, Sabtu, 28 Agustus 2021. 

Rencana pelaksanaan PTM itu, kata Taryono, telah sesuai dengan isi Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) mengenai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 yang berlaku di Tangsel ini. 

Taryono pun sangat percaya diri, sistem PTM secaa terbatas ini dapat dilakukan di wilayahnya. Pasalnya, ia dan sejumlah sekolah sudah berusaha memenuhi sejumlah persiapan, sejak jauh-jauh hari. 

"Seperti infrastruktur protokol kesehatan untuk PTM itu sendiri, guru-gurunya sudah divaksin, siswa terus dilakukan akselerasi vaksinasi, kemudian kini tinggal menunggu kaitannya dengan kasus COVID-19. Apalagi sekarang ini Tangsel sudah bisa, karena sudah memasuki PPKM level 3," tuturnya

Selain itu, Taryono menyebut bahwa hampir seluruh sekolah juga sudah melakukan simulasi terkait sistem tatap muka tersebut. 

Namun tetap, harus melalui verifikasi dinas-dinas terkait terlebih dahulu terkait kesiapan di masing-masing sekolah tersebut. 

"Tinggal melaksanakan PTM-nya terbatas, tidak semua sekolah itu melaksanakan PTM. Alasannya kesiapan kami gini, sekolah yang boleh tatap muka adalah sekolah yang sudah mengisi daftar periksa yang ada pada sistem Dapodik. Kemudian sudah lulus kami verifikasi ke sekolah dengan dinas pendidikan, Dinas Kesehatan atas nama Satgas COVID-19," terangnya. 

Untuk saat ini memang masih ada beberapa sekolah uang belum lolos dalam verifikasi itu. 

"Ada yang lulus sudah lengkap, sudah bisa untuk PTM. Ada juga yang kekurangan tertentu, harus dilengkapi," katanya. 

Dengan demikian, sistem tatap muka akan dapat terlaksana dengan menyeluruh di semua sekolah, secara bertahap. Jika seluruh sekolah dapat memenuhi persyaratan yang ditentukan. 

"Contoh, SMP itu ada 117 sekolah yang sudah siap, sisanya belum siap. Artinya sedang proses karena ada beberapa item yang harus dilengkapi," pungkasnya.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

TANGSEL
Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Sabtu, 20 April 2024 | 14:52

Seorang pria paruh baya ditemukan tewas gantung diri di sebuah bangunan bekas kantor Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill