Connect With Us

Lindungi Data dari Aksi Hacker, Pemkot Tangsel Bentuk Tim Keamanan Siber 

Rachman Deniansyah | Senin, 22 November 2021 | 13:57

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat memindai wajahnya menggunakan gawai, sebagai peresmian peluncuran Tangselkota-CSIRT. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang Selatan baru saja meluncurkan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) guna melindungi data dari berbagai masalah keamanan pada bidang teknologi dan informasi. Peluncuran ini menjadi yang pertama se-Provinsi Banten, dan kedua se-Indonesia setelah Kota Cirebon. 

Tim yang dinamakan sebagai Tangselkota-CSIRT ini, nantinya akan memberikan pelayanan dalam menjaga keamanan dan keberlangsungan sistem keamanan publik. Tim ini diresmikan di Puspemkot Tangsel pada Senin, 22 November 2021. 

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menjelaskan, tim keamanan siber ini bertugas untuk menerima, meninjau, dan menanggapi laporan seluruh aktivitas insiden keamanan siber.

"Bukan hanya pencurian, tapi juga dari semua insiden lainnya. Ke depan tugas mereka semacam siskamling lah gitu. Tapi dari sisi siber-nya," ujar Benyamin seusai meluncurkan Tangselkota-CSIRT.

Ia menilai, keamanan siber ini sangatlah penting. Pasalnya, seiring dengan perkembangan zaman, seluruh sistem pemerintahan kini juga didorong untuk menerapkan sejumlah inovasi, terutama dalam bidang teknologi dan digitalisasi. 

"Untuk itu keamanan siber secara bersamaan juga kita bentuk timnya. Terutama bagi, misalnya data informasi yang berkaitan dengan keuangan, data informasi yang berkaitan dengan pembangunan, perencanaan pembangunan, monitoring, evaluasi, kepegawaian, saya kira banyak. Hampir semua sektor," terangnya. 

Keberadaan tim Tangselkota-CSIRT ini, kata Benyamin, nantinya akan menjaga keamanan dan kerahasiaan seluruh data-data tersebut dari tangan-tangan nakal, seperti misalnya hacker atau peretas sistem keamanan jaringan komputer. 

“Tadi dilaporkan bahwa insiden siber termasuk hacker itu kejadiannya sangat banyak di Tangsel ini. Sementara ini penanganannya baru personal, ya kalau sekarang sudah terbentuk tim. Per hari ini sudah difungsikan, kita akan sosialisasikan ke teman-teman di OPD sampai ke tingkat kecamatan dan kelurahan," jelas Benyamin. 

Senada dengannya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangsel, Fuad menambahkan, perbuatan nakal para hacker itu tidak boleh dianggap remeh. Sebab, dapat mengganggu sistem kerja dan pelayanan Pemkot Tangsel. 

Ia mencatat, sejak 2018 sudah terdapat ratusan ribu kali upaya pihak-pihak yang mencoba untuk membobol sistem keamanan portal berbasis internet yang dimiliki Pemkot Tangsel. 

"Dari 2018 semenjak Kominfo berdiri kita catat ada ratusan ribu kali upaya. Lalu yang sudah kejadian di kita ada lima, dari ribuan upaya serangan siber," tuturnya. 

"Terakhir adalah dua kasus yang menimpa portal milik kita (Diskominfo) dan DPRD Tangsel. Waktu itu ada masalah  web divestment. Jadi wajahnya web itu diubah. Jadi portal kita diubah menjadi anime, kartun jepang," imbuhnya. 

Untuk mencegah hal serupa terjadi kembali, Fuad bakal menyiagakan tim cepat tanggap ini bersiaga selama 24 jam di setiap harinya. 

"Kami siagakan setiap harinya selama 24 jam. Jadi kalau ada gangguan hanya tinggal klik laporan CSIRT. Nanti akan kita tindak. Semua kita proses by system," pungkasnya.

KOTA TANGERANG
Daftar Harga Sembako Pangan Pasca Lebaran 2024 di Kota Tangerang

Daftar Harga Sembako Pangan Pasca Lebaran 2024 di Kota Tangerang

Kamis, 18 April 2024 | 09:41

Sejumlah harga sembako di pasar-pasar tradisional Kota Tangerang mengalami penyesuaian usai Lebaran 2024 atau Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill