Connect With Us

Kasus DBD di Tangsel Meroket, Ratusan Warga Terpapar

Rachman Deniansyah | Senin, 22 November 2021 | 19:40

Ilustrasi DBD. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Tren kasus paparan demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Tangerang Selatan mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

Hingga saat ini saja, tercatat ada sebanyak 349 kasus orang yang terpapar penyakit akibat gigitan nyamuk aides aigepty tersebut. 

“Dari bulan Juli sampai November ini memang mengalami peningkatan kasus (DBD),” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Alin Hendalin Mahdaniar, Senin, 22 November 2021.

Pada Bulan Januari, terdapat 35 kasus yang tercatat. Namun di setiap bulannya, kasus tersebut mampu diredam hingga mengalami penurunan yang cukup signifikan. 

Namun ketika memasuki Bulan Juli, kasus DBD ini kembali meningkat. Tercatat ada sebanyak 29 orang yang terpapar DBD. 

Lalu, pada bulan selanjutnya kasus DBD terus bertambah, hingga sebanyak 30 kasus pada bulan Agustus. Berlanjut ke Bulan September, ada sebanyak 32 kasus. 

"Pada Oktober ada 43 kasus, dan kembali meningkat pada November ini. Sejak tanggal 1 hingga 15 November, sudah ada sebanyak 63 kasus DBD," paparnya. 

Hingga totalnya sejak Januari hingga 15 November, terdapat 349 kasus. Meski mengalami peningkatan di akhir tahun, angka kasus paparan DBD di tahun ini secara keseluruhan cenderung lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah kasus yang terjadi pada tahun lalu.

“Secara keseluruhan akumulasi jumlah memang tahun sekarang lebih sedikit dibandingkan tahun lalu, yang mencapai 498 kasus,” jelasnya. 

Namun, ia tetap meminta agar masyarakat tetap mewaspadainya dengan menerapkan pola 3M sebagai langkah antisipasi.

“Tetap kita waspadai karena curah hujan sedang tinggi. Tempat-tempat penampungan yang menjadi sarang nyamuk harus diadakan, tetap dengan 3M, menguras, menutup, dan mendaur ulang, serta menghindari gigitan nyamuk. Pokoknya program kita satu rumah satu jumantik harus digalakkan,” tutupnya.

NASIONAL
Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Rabu, 24 April 2024 | 12:17

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

KOTA TANGERANG
Waspada Flu Singapura, Ini Gejala dan Cara Pengobatannya

Waspada Flu Singapura, Ini Gejala dan Cara Pengobatannya

Kamis, 25 April 2024 | 07:13

Flu Singapura atau penyakit kaki, tangan dan mulut alias hand, foot and mouth disease (HFMD), merupakan penyakit menular yang umumnya menyerang anak-anak, meski ada beberapa kasus pada remaja dan dewasa.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill