Connect With Us

Memasuki Desember, Penyerapan Anggaran Tangsel Capai 75,2 Persen

Rachman Deniansyah | Kamis, 2 Desember 2021 | 20:54

Ilustrasi serapan anggaran. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang Selatan mengklaim penyerapan anggaran hingga awal Desember 2021 ini telah mencapai 75,2 persen. Jumlah tersebut merupakan hasil perhitungan serapan anggaran dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Tangsel.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tangsel, Warman Syahbudin pada Kamis, 2 Desember 2021. 

Menurut Warman, penyerapan ini pun akan terus berjalan seiring dengan menumpuknya permohonan pencairan dari seluruh pihak. "Menumpuknya pencairan ini terjadi karena semua pekerjaan infrastruktur dikerjakan awal APBD Perubahan," ujar Warman. 

Ia mengatakan, mayoritas penyerapan anggaran dari seluruh dinas berkisar 60-85 persen. "Hampir semua dinas rata-rata di persentase tersebut," imbuhnya.

Sementara untuk BPKAD sendiri, penyerapannya sudah cukup tinggi, yakni mencapai 84 persen.

Ia yakin, angka tersebut akan terus bertambah. Pasalnya masih banyak permohonan pencairan yang diberikan padanya dari setiap dinas. Rata-rata permohonan itu diajukan secara bersamaan. 

"Untuk itu, karena pencairan dilakukan berbarengan, maka kami sangat berhati-hati dalam proses pencairan ini," kata Warman. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan menjelaskan dari keseluruhan, penyerapan anggaran tertinggi berasal dari sektor infrastruktur. 

"Kalau untuk dinas penyerapan tertinggi di infrastruktur, penyerapannya sudah mencapai 60 persen,"ungkapnya.

Pasalnya, kata Pilar, pada periode ini pihaknya banyak melakukan pembangunan seperti halnya pembenahan drainase, jalan, dan sebagainya. "Termasuk bangunan gedung-gedung perkantoran," ucapnya.

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill