Connect With Us

DLH Tangsel Respons Cepat Atasi Keluhan Warga soal Sampah Liar

Rachman Deniansyah | Selasa, 4 Januari 2022 | 13:19

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan menyambangi langsung tumpukan sampah dari tempat pembuangan akhir (TPA) liar di wilayah Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan langsung memberi respons terkait protes warga Perumahan Cendana Residence yang mengeluhkan bau sampah bersumber dari tempat pembuangan akhir (TPA) liar di wilayah Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan. 

Kepala Bidang Persampahan DLH Kota Tangsel, Rastra Yudhatama mengatakan, ia bersama timnya langsung terjun ke lapangan mendatangi lokasi yang diduga menjadi tempat pembuangan sampah liar yang lahannya berhimpitan langsung dengan kawasan perumahan. 

"Pertama, tadi pagi saya langsung survei bersama tim persampahan turun ke bawah (lokasi). Jadi solusinya nanti kita ajak ngobrol pengurus di situ. Itu yang pertama," ujar Yudha saat dijumpai di kantornya, Selasa, 4 Januari 2022. 

Usai meninjau tempat pembuangan liar tersebut, terdapat sejumlah langkah solusi yang bakal dilakukan, meliputi pelayanan terkait pembuangan sampah. "Kita akan cari sumber sampahnya. Kemudian selanjutnya, solusinya akan kita taro bak ambrol untuk kita layani oleh dinas," tuturnya. 

Dengan demikian, kata Yudha, diharapkan tak akan terjadi lagi penumpukan sampah oleh orang-orang tak bertanggung jawab. 

"Jadi kita akan layani sumber sampah yang masuk. Kalau sumber sampah itu sudah dilayani, maka tidak akan ada lagi sampah yang masuk di situ. Karena sudah dilayani oleh dinas dengan menggunakan bak ambrol. Itu akan rutin setiap hari," terangnya. 

Tak hanya sampai di situ, kata Yudha, untuk sampah yang sudah menumpuk pun akan ditindaklanjuti oleh Dinas Lingkungan Hidup. "Nah untuk sampah yang sudah ada akan kita angkut yang existing sampahnya di situ," paparnya. 

Ia juga berencana akan melakukan revitalisasi tempat pembuangan sampah tersebut. Namun, fokusnya bukan pada lahan yang dijadikan tempat pembuangan. 

"Karena itu tanah orang. Yang bisa kita intervensi hanya sampahnya saja di situ. Akan kita take over sampah tersebut. Mungkin akan kita akan tutup, tapi bertahap. Itu dia solusi yang simpel, kita kerja nyata saja," pungkasnya.

Sebelumnya, warga Cendana Residence Blok G, Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, mengeluhkan bau sampah yang sering kali tercium berasal dari tempat pembuangan akhir sampah liar yang berdempetan dengan kawasan perumahan. Bukan hanya berdampak pada bau sampah saja, para warga diserbu oleh lalat. Rumah mereka pun seolah menjadi sarang lalat.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill