Connect With Us

Airin hingga Bahlil Masuk Radar Pengganti Anies, Siapa yang Layak?

Tim TangerangNews.com | Rabu, 5 Januari 2022 | 10:39

Mantan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com–Sejumlah nama belakangan ini mencuat ke publik sebagai kandidat calon Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan. Salah satu nama yang masuk radar pengganti Anies adalah mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany.

Selain Airin, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia dan tokoh Betawi Bahrullah Akbar, juga disebut-sebut potensial untuk menggantikan Anies.

Lintas Generasi Aktivis (Liga) Jakarta, berniat menjaring nama untuk melanjutkan estafet kepemimpinan di Ibu Kota meneruskan Anies pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI pada 2024.

Koordinator Liga Jakarta M Syaiful Jihad mengatakan, estafet kepemimpinan di Ibu Kota mensyaratkan sosok yang memiliki pemaknaan akan kota dan masyarakatnya untuk meneruskan program pembangunan. "Kami akan menjaring aspirasi masyarakat Jakarta siapa yang layak menggantikan Anies pada Pilgub DKI 2024," kata Syaiful di Jakarta, Selasa 4 Januari 2022, dikutip dari Antara.

Menurut Syaiful, warga Jakarta adalah pemilih rasional sehingga tak bisa tiba tiba menyodorkan nama calon gubernur. “Karenanya ide dan gagasan memunculkan dan menjaring nama calon orang nomor satu di Ibu Kota sudah harus dilakukan saat ini,” kata dia.

Misalnya, tutur Syaiful, seperti yang disampaikan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik seperti Airin, Riza Patria, Bahlil Lahadalia, dan Bahrullah Akbar.

"Nama-nama ini sangat potensial. Tapi, kami tetap akan melakukan penjaringan kepada tokoh-tokoh yang memiliki kompetensi jadi gubernur. Waktu dua tahun waktu yang singkat. Karenanya kami akan lakukan ini untuk memudahkan warga Jakarta memilih cagub," ujar dia.

Nama-nama yang muncul di publik, kata Syaiful, bisa dijadikan pertimbangan bagi partai politik tingkat DKI untuk mengusungnya, termasuk yang disampaikan kepada rakyat yang akan mengusung cagub melalui jalur independen.

"Saat ini kami sedang menyusun mekanisme proses penjaringan. Nama-nama cagub akan kami sampaikan ke 267 kelurahan di Jakarta," terang Syaiful.

Sebelumnya, penasihat Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik mengemukakan pandangannya terkait sosok calon pengganti Anies Baswedan untuk memimpin Ibu kota.

Taufik menyebut tiga sosok merupakan calon potensial untuk maju bertarung pada Pilkada DKI Jakarta. "Pertama, saya mau urut dari abjad pandangan dan usulan saya. Saya pernah melihat berkas Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diani ini kalau didorong di DKI Jakarta bisa menarik,” kata Taufik, Jumat 31 Desember 2021.

Taufik juga menyinggung nama Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dan Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia. Ia menilai calon pemimpin muda bisa menjadi alternatif terbaik sebagai calon Gubernur DKI Jakarta selanjutnya.

Sementara itu, Partai NasDem sudah memiliki kandidat calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta di Pilgub DKI 2024 pengganti Anies Baswedan, yakni Ahmad Sahroni dan Airin Rachmi Diany.

"Kalau misalnya dia (Sahroni) terus berpasangan dengan mantan Wali Kota Tangsel itu menarik. Sahroni gubernurnya, Airin wakilnya, itu menarik," kata Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa 1 DPP NasDem Effendy Choirie, Selasa 4 Januari 2022, seperti dikutip dari Detik.

Airin merupakan kader Partai Golkar. NasDem tertarik menjadikan Airin cawagub sebab kursi Golkar di DPRD DKI lebih sedikit daripada NasDem, yakni enam (Golkar) berbanding tujuh kursi (NasDem). "Berarti kan Golkar, Golkar kan lebih kecil suaranya ketimbang NasDem. Tapi masih kurang, harus ngajak lagi," terang Effendy.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill