Connect With Us

Sidang Sengketa Pilkada Tangsel Digelar

| Senin, 29 November 2010 | 18:31

Sidang Gugatan Pilkada Tangsel (tangerangnews / dira)

TANGERANGNEWS-Persidangan sengketa gugatan Pilkada Tangsel yang diajukan oleh dua pasangan calon, yakni nomor urut 3, Arsid-Andre Taulany dan pasangan nomor urut 1, Yayat Sudarajat –Norodom Sukarno mulai digelar Senin (29/11/2010).
 
Dalam persidangan dengan agenda panel pemeriksaan perkara itu, terungkap adanya keinginan dari dua pasangan itu untuk mendiskualifikasi pasangan nomor urur 4, Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie. Bahkan pasangan nomor urut 1, Yayat-Norodom, pun juga meminta diskualifikasi nomor urut 3, Arsid-Andre.
 
Persidangan yang digelar sekitar pukul 14.30 WIB pada Senin (29/11) tidak dihadiri pasangan nomor urut 3, Arsid-Andre Taulany. Sedangkan nomor urut 1, Yayat hanya sendiri tanpa didampingi Norodom Sukarno.Hanya nomor urut 4 Airin-Benyamin  yang lengkap hadir. Sedangkan Anggota dan Ketua KPU Tangsel hadir seluruhnya.
 
Kubu Arsid-Andre diwakilkan oleh enam pengacaranya. Salah satu pengacara Arsid-Andre menjadi juru bicara pasangan ini bernama  Andy Syafrani.
 
Dia mengemukakan, ada tiga alasan utama pihaknya melakukan gugatan. Pertama, pihaknya menemukan KPU Tangsel tidak netral akibatnya, dapat mempengaruhi jumlah suara khususnya nomor 3.
 
Yang kedua, penyelenggara negara dalam hal ini Pemkot Tangsel  secara sistematis dan masif juga tidak netral .Sedangkan yang ketiga, atas pelanggaran administratif maupun pidana, itu pihaknya  menolak hasil rekapitulasi suara dan penetapannya.
 
“Sehingga bisa dilakukan Pilkada ulang untuk seluruh wilayah Kota Tangsel. Namun, sebelumnya, diskualifikasi dulu nomor 4. Atau tetapkan Arsid-Andre Taulany sebagai pemenangnya,” pinta Andy Syafrani, Senin (29/11/2010).  
 
Ketua MK Mahfud MD lalu menanyakan, apa saja yang bisa dibuktikan bahwa KPU dan Pemkot Tangsel tidak netral?  Dijawab Andy, untuk KPU, pihaknya menemukan pencetakan surat suara cadangan sebanyak 5% tidak sesuai dengan dengan aturan yang seharusnya hanya 2,5 % cadangannya.”Jadi selisih ini tidak jelas, kami mendapat ada 1.758 surat suara yang entah kemana?,” tuduhnya.
 
Sedangkan untuk Pemkot Tangsel, adanya proses mutasi pejabat dari Provinsi Banten ke Tangsel, seperti Penjabat Wali Kota Tangsel. Padahal, memiliki jabatan sebagai kepala dinas di Provinsi Banten. “Aparat negara (Pemkot Tangsel) digeser jika beda pandangan politik,” tegas Andy.
 
 
Kubu Yayat-Norodom diwakilkan oleh 3 orang pengacara. Dengan juru bicara Sumardi. Pasangan ini menuding dua pasangan telah melakukan kecurangan, yang pertama adalah Airin-Benyamin dan kedua adalah Arsid-Andre. “Pasangan nomor empat telah dibantu, Asda 1 Pemkot Tangsel bernama Ahadi, Ketua RT, KPU Tangsel dan penjabat wali kota Tangsel Eutik Suarata,” tudingnya.
 
Keterlibatan Penjabat Wali Kota Tangsel adalah terekam dengan video visual, yakni pada saat acara Wanita Kristen Indonesia menggelar acara di Pondok Aren, Dalam kesempatan itu, Eutik mengarahkan bahwa akan ada Pilkada di Tangsel dengan kandidat nomor 4 Airin –Benyamin. “Itu ada buktinya berupa rekaman video,” terangnya.
 
Sedangkan Arsid-Andre dituduhnya melakukan money poltics dan melakukan penggalangan PNS Kabupaten Tangerang. Selain itu, kubu nomor 1 ini juga mempertanyakan adanya 1.300 warga yang tidak dapat kartu undangan untuk memilih.
 
“Money politik yang dilakukan oleh tim sukses pasangan Arsid-Andre juga terekam dengan audio visual kami. Pelakunya adalah tim sukses bernama Fauzi, yang diberikan untuk membagaikan bernama Abdul Somad. Dengan begitu, kami memohon agar Pilkada diulang, selain itu   nomor 3 dan 4 dilakukan diskualifikasi. Jika pun tidak Majelis Hakim  bisa menetapkan nomor urut 1 sebagai wali kota terpilih, ” harapnya.
 Sementara itu, segala tuduhan kepada KPU dibantah sembilan pengacara KPU Tangsel. Juru Bicara Pengacara KPU Tangsel Agus Setiawan mengatakan, pihaknya tidak banyak mengelabroasi jawaban.
 
 “Tetapi tuduhan pemohon mengenai surat suara lebih dari 2,5 % atau menjadi 5% adalah kejahatan. Kami justru mempertanyakan bagaimana nomor 3 bisa mendapatkan itu? Apakah disengaja diperbanyak?. Kami bisa menghadirkan kontrak bahwa kita hanya mencetak 2,5 %. Jika lebih, itu sama saja kita korupsi. Saya yakin ini adalah modus baru dengan membuat rekayasa,  ” tanya Agus.
 
Selain itu, Agus menilai kandidat nomor urut 1 dan 4 tidak membaca instrumen keputusan KPU Pusat yang menyatakan, warga yang tercatat di dalam DP4 dan DPS itu boleh memilih dengan menunjukan surat undangan.
 
“Soal tudingan adanya surat suara sosialisasi dibuat dengan mengarah nomor 4, coba perhatikan kembali alat peraga itu? Karena alat peraga resmi yang kami keluarkan hanya ada tiga kandidat, bukan empat. Justru nomor urut empat saat itu sempat protes keras kepada kami karena keberadaannya tidak diakomodir,” katanya.
 
 
Sedangkan kubu Airin-Benyamin melalui pengacaranya sebanyak 12 orang  diwakilkan Rudi Alfonso mengatakan.  Segala tuduhan nomor urut 3 dan 1 sudah dilakukan pemeriksaan mulai dari tanggal, waktu dan lokasi tuduhan. “Berdasarkan tuduhan yang dilayangkan pada waktu dan tempat, kami bisa pastikan sama sekali dibuat-buat seolah benar-benar ada,” kata Rudi Alfonso.
 
Contohnya, kata Rudi, tudingan bahwa adanya Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah ke suatu acara dengan mengarahkan masyarakat pada tanggal dan waktu yang dituduh, ketika diperiksa ke Humas Provinsi Banten, pada saat tanggal tersebut Gubernur sedang tidak ada di Banten. Dan, bukan berada di Tangsel.  
 
“Bahkan kami juga mengecek, lokasi gambar rekaman video yang menyatakan, Penjabat Wali Kota Tangsel mengajak memilih nomor 4 seperti tuduhan nomor 1. Kami meminta video itu di periksa dan diuji ke forensik, karena itu adalah gambar video hasil potongan.
 
Sebenarnya Eutik (wali kota)  mengatakan, ada empat kandidat pada Pilkada Tangsel, Nomor urut 1 Yayat-Norodom, 2 Rodhiyah-Sulaiman, 3 Arsid-Andre Taulany dan 4 Airin-Benyamin. Pas yang keempat ini tidak dihapus atau dipotong, 1,2 da 3 dipotong. Kami meminta jangan main-main dalam menyerahkan bukti, apalagi di sana Airin pun tidak hadir,” terangnya.
 
Ketua MK Mahfud MD mengatakan,persidangan akan dilanjutkan pada Selasa (30/11/2010) pukul 11.00 WIB. Sedangkan soal persidangan hari ini, Majelis masih meminta seluruh tuduhan itu dilengkapi dan penegasan.
 
“Memang sudah terjabar (gugatannya) namun, harus disertai saksi-saksi untuk itu, besok hadirkan pada saksi. Tetapi jangan banyak-banyak, cukup saksi yang berkualitas saja. Kalau saksi 1 orang tetapi berkualitas kan bisa mewakili 100 orang,” tutup Mahfud. (dira)

SPORT
Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Selasa, 16 April 2024 | 12:26

Gol penyelamat di menit-menit akhir oleh Fahreza Sudin sukses mengantarkan Persita untuk menahan imbang Persib dengan skor 3-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin, 15 April 2024, sore.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill