Connect With Us

Merepons Walkot Tangsel, AGPAII Gelar Coaching Clinic Literasi Kitab Kuning

Tim TangerangNews.com | Senin, 21 Februari 2022 | 23:19

Ketua DPD Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kota Tangsel Budi Mulia. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com–Sebagai bentuk implementasi dari visi dan misi Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie yang menjadikan Kota Tangerang Selatan cerdas, modern, dan religius, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kota Tangsel menggelar kegiatan Coaching Clinic Literasi Kitab Kuning.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam melalui pelatihan calon pelatih Literasi Kitab Kuning tahap II itu dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Insan Harapan, Setu, Tangsel pada Sabtu 19 Februari 2022.

Dalam kegiatan yang mengedepankan metode Tamyiz di semua level jenjang pendidikan baik TK, SD, SMP, dan SMA/SMK yang berada di wilayah Kota Tangsel itu dipimpin langsung oleh Ahmad Ansori MA sebagai narasumber.

Kegiatan Coaching Clinic Literasi Kitab Kuning didukung oleh semua jenjang Pendidikan FKG PAI TK, KKG PAI SD, MGMP PAI SMP, MGMP PAI SMA/SMK Kota Tangsel. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dindik Tangsel Deden Deni, Kepala Kantor Kemenag Tangsel Dedi Mahfudin, serta Pengawas Sekolah dan  Kepala Sekolah SMPIT Insan Harapan.

Ketua DPD AGPAII Tangsel Budi Mulia dalam sambutannya menyampaikan bahwa manfaat dari belajar kitab kuning adalah mengetahui hukum-hukum Islam secara mendalam dan juga mengetahui sejarah orang-orang terdahulu. 

“Oleh karena itu GPAI Tangsel dituntut agar pandai membaca kitab kuning demi meningkatkan kualitas individu melalui pengembangan diri,” ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Senin 21 Februari 2021.

Ia berharap dengan dilakukannya kegiatan tersebut dapat mencetak generasi yang lebih ahli di bidang literasi kitab kuning. 

Tidak hanya itu, menurut Budi, keuntungan yang diperoleh para peserta literasi yakni sertifikat, buku panduan, door prize hingga dua peserta terbaik yang mengikuti seluruh rangkaian Coaching Clinic dari awal hingga akhir akan dilibatkan sebagai instruktur dalam Training Of Trainer (TOT) Metode Tamyiz pada Mei mendatang. 

“Dengan target peserta sebanyak 200 orang GPAI se-Kota Tangerang Selatan,” tutur Budi.

Sementara itu, Ketua Bidang Advokasi AGPAII Kota Tangsel, Ustaz Abdulah Faqih mengatakan, kegiatan Coaching Clinic Literasi Kitab Kuning ini bagi AGPAII merupakan respons cepat dari keinginan Pemkot Tangsel melalui Dindik Kota Tangsel yang ingin menjadikan kitab kuning sebagai salah satu ciri khas pembelajaran yang diajarkan di sekolah-sekolah umum.

“Sehingga AGPAII merasa terpanggil untuk menyiapkan kader atau tenaga pengajar kitab kuning melalui metode Tamyiz,” jelas Faqih.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill