Connect With Us

Wujudkan Kesetaraan Gender, Pilar Saga Tegaskan Komitmen Pemkot Tangsel

Tim TangerangNews.com | Rabu, 25 Mei 2022 | 13:03

| Dibaca : 242

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan. (@TangerangNews / Humastangsel-Kominfo)

TANGERANGNEWS.com-Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan menegaskan komitmen pihaknya dalam mewujudkan kesetaraan gender di Tangsel.

Komitmen tersebut disampaikan Pilar Saga saat menghadiri sekaligus memberikan arahan dalam kegiatan pengumpulan, pengolahan analisis dan penyajian data gender dan anak dalam kelembagaan data di tingkat daerah kabupaten/kota dalam persiapan menyambut Anugerah Parahita Ekapraya (APE), Selasa 24 Mei 2022.

Pilar menyampaikan tujuh komponen kunci yang harus dilakukan dalam kelembagaan pengarusutamaan gender. Di antaranya yaitu soal komitmen dan Pemkot Tangsel sudah menuangkan hal itu dalam Perda tentang Pengarusutamaan Gender, yakni Perda No. 2 tahun 2018, lalu kebijakan yang tertuang dalam RPJMD.

"Kelembagaan sudah memiliki tim Pokja pengarusutamaan gender, SDM dan anggaran, data atau sistem informasi, metode serta peran serta masyarakat," terangnya.

Pilar menyebut komitmen Pemkot Tangsel terhadap kesetaraan gender menjadi fokus pihaknya. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya untuk Kota Tangsel.

"Tahun 2014 kategori madya, lalu dari 2016 sampai 2022, Alhamdulillah kita di kategori utama," ungkap dia.

Adapun untuk di 2022 ini, Pilar berharap bisa meraih ke kategori mentor. Karena potensi untuk meraih ke sana sangat mungkin.

"Karena memang Tangsel ini karakteristiknya sudah sangat berbeda dengan kota/kabupaten lainnya di Indonesia, mudah-mudahan di 2022 kita mendapatkan kategori mentor," harap Pilar.

Menurut dia, untuk itu diperlukan komitmen, koordinasi, dan integrasi dalam setiap program kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di berbagai sektor pembangunan. "Dan ini harus dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan," tegasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangsel, Drg. Khairati M. Kes mengatakan, kegiatan ini dalam rangka persiapan untuk koordinasi antarlembaga maupun OPD untuk menyambut penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya.

Penghargaan tersebut, ujar dia, sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pemimpin daerah dalam mewujudkan keadilan atau kesetaraan gender melalui strategi pengarusutamaan gender.

"Alhamdulillah Indeks Pembangunan Gender di Tangsel selalu naik terakhir 93,80 persen dan indeks pemberdayaan gender berada di 73,08 persen," ungkap Khairati.

PROPERTI
Keren! Pesawat Aeromodelling Ramaikan Penutupan Porprov VI Banten

Keren! Pesawat Aeromodelling Ramaikan Penutupan Porprov VI Banten

Selasa, 29 November 2022 | 23:34

TANGERANGNEWS.com-Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten, yang dimulai sejak 20 November 2022 di Kota Tangerang telah resmi ditutup.

HIBURAN
Ada Pameran Radio Vintage di Alam Sutera Audio Fest 2022, Dimeriahkan Mocca dan Oom Leo Berkaraoke

Ada Pameran Radio Vintage di Alam Sutera Audio Fest 2022, Dimeriahkan Mocca dan Oom Leo Berkaraoke

Jumat, 9 Desember 2022 | 20:50

TANGERANGNEWS.com-Melihat banyaknya penggemar radio vintage di Jabodetabek yang sampai saat ini belum memiliki wadah khusus untuk menunjukkan koleksi terbaik mereka kepada publik

AYO! TANGERANG CERDAS
Hasil Karya Mahasiswi Tangerang jadi Maskot Resmi Pemilu 2024

Hasil Karya Mahasiswi Tangerang jadi Maskot Resmi Pemilu 2024

Sabtu, 26 November 2022 | 17:29

TANGERANGNEWS.com-Stephanie, mahasiswi Universitas Pradita, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, berhasil memenangkan Lomba Maskot Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill