Connect With Us

Pansel Pemilihan Ketua IDI Tangsel Diminta Tegas Seleksi Kandidat

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 19 Juni 2022 | 12:16

Pengamat kebijakan publik Adib Miftahul. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Pemilihan ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Tangerang Selatan (Tangsel) akan dilangsungkan pada Sabtu 25 Juni 2022, di kawasan Cars World BSD.

Dalam proses evaluasi dan regenerasi salah satu organisasi profesi kedokteran terbesar itu, pengamat kebijakan publik, Adib Miftahul meminta agar  tim panitia seleksi (pansel) dan steering committee harus profesional serta transparan dalam bertugas.

"Panitia seleksi harus tegas dalam ambil sikap nantinya. IDI adalah organisasi yang terhormat, calon ketua harus memiliki integritas dan kejujuran harus dijunjung tinggi," ujarnya, Minggu 19 Juni 2022.

Menurut Adib, calon ketua IDI harus memiliki integritas, etika, dan moral yang tinggi. Pasalnya, parameter menjadi dokter harus mengabdi kepada masyarakat.

"(Jadi ketua IDI) Kan ladang perjuangan bagi masyarakat. Mereka disumpah. Jadi siapapun yang memimpin harus mempunyai klasifikasi soal itu, karena ini adalah organisasi terhormat," katanya.

Selain itu, pansel dan steering commitee pemilihan calon ketua IDI Tangsel harus berani mengambil langkah. Salah satunya, kata dia, melakukan pengecekan yang ketat terkait klarifikasi data calon ketua.

"Kapabilitas ini penting. Panitia seleksi harus ketat terhadap verifikasi data calon ketua. Selain itu harus melihat track record kandidat. Menjadi ketua IDI adalah amanah buat masyarakat," jelasnya.

Jika panitia seleksi menemukan adanya kandidat yang mendaftarkan dengan menunjukan dokumen tidak jelas, harus berani digugurkan dari bursa pemilihan.

"Satu dokumen saja yang tidak sah harus digugurkan. Masa mau jadi ketua organisasi yang mana harus mengabdi kepada masyarakat tidak memiliki integritas, etika, dan moral. Kalau itu diloloskan, panitia seleksi dan steering committee harus dipertanyakan," ungkapnya.

Anggota DPRD Kota Tangsel dari Fraksi PSI Ferdiansyah mengatakan, musyawarah cabang IDI Tangsel menjadi momentum berharga untuk memilih ketua baru.

"Semoga berjalan dengan baik dan sukses, terlebih kegiatan ini dapat menjadi momentum berharga untuk memilih ketua IDI Tangsel yang baru, baik secara demokratis maupun musyawarah mufakat," katanya.

Ia berharap, organisasi dokter ini dapat dipimpin oleh orang yang profesional dengan memiliki integritas dan rekam jejak yang baik, sehingga dapat membawa kemajuan bagi Tangsel, khususnya di bidang pelayanan medis.

"Dokter dianggap oleh masyarakat menjadi ujung tombak dalam bidang kesehatan, sehingga tingginya harapan masyarakat dapat dilayani oleh para dokter yang baik dan profesional," pungkasnya.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill