Connect With Us

Pembangunan Rampung, Tol Serbaraja Tangerang Segera Diuji Coba

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 6 Juli 2022 | 13:38

Tol Serpong-Balaraja. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pembangunan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) seksi 1A sepanjang 5,15 Km telah rampung. Sebelum dioperasikan, tol tersebut akan menjalani uji laik fungsi (ULF) dan uji laik operasi (ULO).

Pengujian tersebut melibatkan pengembang Sinar Mas Land melalui PT Trans Bumi Serbaraja, bersama dengan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR. 

Pembangunan tol Serbaraja seksi 1A akan menghubungkan ujung jalan tol eksisiting Ulujami-Pondok Area-Serpong, di sisi klaster The Green BSD City menuju simpang susun CBD BSD City di sisi Aeon Mall. Selain itu juga terkoneksi langsung dengan kawasan TOD Intermoda BSD City.

"Infrastruktur konektivitas berupa jalan bebas hambatan berbayar ini masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN)," kata Managing Director President Office Sinar Mas Land Dony Martadisata, Rabu 6 Juni 2022.

Menurutnya, proyek jalan Tol Serbaraja dibangun secara mandiri untuk meningkatkan aksesibilitas serta mempermudah mobilitas warga BSD dan sekitarnya.

Pembangunan ini juga dimaksudkan untuk menyediakan jalur alternatif, guna memperlancar distribusi pasokan komoditas dalam meningkatkan perekonomian masyarakat wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang, serta Provinsi Banten yang berpotensi semakin berkembang.

Dalam uji coba ini terdapat beberapa elemen yang diperiksa secara teliti. Di antaranya Seperti kualitas jalan, rambu-rambu, marka jalan, peralatan transaksi, kendaraan Patroli Jalan Raya, ambulans, derek, dan semua aspek teknis dan non teknis yang mendukung operasional jalan tol.

"Pembangunan Tol Serbaraja seksi 1A merupakan bagian pertama yang rampung dibangun dan akan segera beroperasi," kata Dony.

Nantinya Tol Serbaraja akan memiliki total keseluruhan panjang kurang lebih 40 Km yang terbagi dalam tiga tahap, yakni seksi I Serpong-Legok (±9,8 km), seksi II Legok-Pasir Barat (±11,5 km), dan seksi III Pasir Barat-Balaraja (±18,6 km). 

Selain akan meringankan beban kendaraan yang selama ini ditanggung oleh jalan-jalan di kawasan Tangerang Raya, tol ini juga akan terkoneksi dengan Tol Jakarta-Serpong, Tol Jakarta-Merak, JORR dan berbagai ruas tol di Pulau Jawa.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill