Connect With Us

Jelang Natal dan Tahun Baru 2023, Harga Cabai di Tangsel Meroket

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 1 Desember 2022 | 21:00

Ilustrasi Cabai. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Memasuki libur Natal dan Tahun Baru 2023, biasanya sejumlah harga akan naik. Salah satunya adalah komoditas pangan seperti cabai rawit merah.

Salah satu pedagang cabai di Pasar Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Badrun mengaku memang terdapat sejumlah jenis cabai yang mengalami kenaikan harga.

"Rawit merah itu naik jadi Rp45 ribu, biasanya kan Rp30 ribu sampai Rp35 ribu. Rawit hijau juga kalau lagi mahal bisa Rp40 ribu per kg, biasanya sekitar Rp20 ribuan," ujarnya seperti dikutip dari detikcom, Kamis 1 Desember 2022.

Meski begitu, harga cabai jenis lain masih tergolong stabil sepert cabai hijau besar sekitar Rp20 ribu-25 ribu dan cabai merah keriting Rp30 ribu. 

Selain harga cabai, harga tomat pun turut mengalami peningkatan, yakni Rp16 ribu dari yang bisanya Rp12 ribu

Kemudian, harga bawang merah dan bawang putih masih stabil antara Rp30 ribu-35 ribu per kilogram untuk bawang merah dan Rp25 ribu-30 ribu per kilogram untuk bawang putih. 

Menurut Badrun, kenaikan setiap natal dan tahun baru ini lantaran musim hujan yang menyebabkan stok menjadi terbatas.

Sementara itu, di Pasar Jombang, harga cabai rawit merah naik menjadi Rp45 ribu-50 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp40 ribu per kilogram.

Lalu, diikuti dengan harga cabai rawit hijau naik menjadi Rp40 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp30 ribu per kilogram. Cabai merah keriting naik menjadi Rp40 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp35 ribu per kilogram.

Namun, untuk harga cabai merah besar dan cabai hijau besar cenderung stabil. Harga cabai hijau masih berada di angka Rp30 ribu per kilogram dan cabai merah besar Rp40 ribu per kilogram.

Seorang pedagang sayur di Pasar Jombang, Heru mengatakan, masih ada kemungkinan pada puncak libur Nataru harga cabai kembali mengalami kenaikan.

Diakuinya, kenaikan ini juga disebabkan banyaknya permintaan, tetapi pasokan stok dari petani terbatas lantaran musim hujan.

Selain cabai rawit merah, harga jagung juga mengalami kenaikan menjadi Rp5 ribu per buah, padahal biasanya Rp3 ribu per buah. 

Heru mengatakan untuk komoditas yang masih stabil yakni bawang merah Rp35 ribu per kilogram, bawang putih Rp30 ribu per kilogram.

TEKNO
Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Rabu, 24 April 2024 | 11:25

Perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin pesat, sehingga banyak orang khawatir akan hilangnya pekerjaan karena kemampuan AI untuk menangani tugas-tugas tertentu.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill