Connect With Us

Pembukaan Sekolah Demokrasi Tangerang Selatan

| Minggu, 13 Maret 2011 | 15:35

| Dibaca : 187620

Pembukaan Sekolah Demokrasi di Tangsel (tangerangnews / surat pembaca)

Tulisan Pembaca

TANGERANG-Proses demokratisasi yang sedang berlangsung tidak menggaransi kualitas demokrasi juga meningkat. Fakta bahwa demokrasi yang berlangsung masih berkutat pada soal-soal prosesural saja tidak terbantahkan. Sementara peningkatan kualitas dan substansi demokrasi cenderung terabaikan karena dinamika politik yang sulit ditebak hasil akhirnya.

Sebagai upaya untuk mendorong partisipasi demokrasi dan meningkatkan kualitas wacana demokrasi, Sekolah Demokrasi Tangerang Selatan hadir. Menurut Dr.Ignas Kleden (Ketua Badan Pengurus Komunitas Indonesia untuk Demokrasi) : “Sekolah Demokrasi memang dirancang di Kabupaten/Kota untuk memulihkan kesadaran politik warga negara yang praktis dijaman orde baru dijauhkan dari kehidupan politik dengan kebijkan massa mengambang. Yang lain agar demokratisasi dimulai dari bawah dan menyentuh kepentingan rakyat secara langsung”.

“Yang perlu ditekankan adalah Sekolah Demokrasi bukanlah lembaga politik, namun lembaga pendidikan. Secara khusus Sekolah Demokrasi berkonsentrasi kepada kaum muda yang aktif di partai politik, organisasi masyarakat sipil, birokrasi melalui transfer pengetahuan, internalisasi nilai-nilai dan pengembangan keterampilan demokrasi

Menurut program manager Sekolah Demokrasi Tangerang Selatan, Dedy Ramanta mengatakan :” Berpindahnya Sekolah Demokrasi ke Tangerang Selatan sebagai upaya untuk meluaskan gagasan dan wacana demokrasi di Tangerang Selatan sebagai daerah yang baru saja dimekarkan.Di Tangsel dinamika sosial politiknya menarik, selain juga bermunculan para pemimpin baru baik dalam ranah politik, ranah sosial dan juga dikalangan birokrasi. Adanya Sekolah Demokrasi semoga dapat membantu meningkatkan kapasitas para stake holder “baru” tersebut untuk mendorong partisipasi dan meningkatkan kualitas wacana demokrasi.

Di Tangerang Selatan, Sekolah Demokrasi juga ditantang untuk terlibat upaya mengubah pelayanan publik agar lebih baik, misalkan dalam hal pengelolaan sampah, kebijakan pelayanan kesehatan, kebijakan pendidikan serta problem tata kota lainnya. Yang tak kalah penting bagi Sekolah Demokrasi Tangerang Selatan yakni setiap alumni akan dibekali dengan berbagai keterampilan yang langsung dapat dipraktekan guna memberi sumbangan terhadap perbaikan kehidupan secara langsung melalui sarana organisasi asal masing-masing peserta.

 Dalam kata sambutan, Pjs Walikota Tangerang Selatan melalui kepada Dinas Pendidikan Bapak H Matoda, SH, Msi dalam pembukaan Sekolah Demokrasi mengatakan bahwa pada prinsipnya Pemerintah Kota Tangerang Selatan menyambut baik kehadiran Sekolah Demokrasi. Pemkot Tangsel berharap agar kehadiran sekolah demokrasi member warna untuk peningkatan kehidupan demokrasi di Tangerang Selatan. Lebih jauh ia berharap agar para alumni dan pihak penyelenggara bisa langsung terjun di tingkat desa atau kecamatan untuk mendorong demokratisasi. Pihaknya akan membantu gagasan tersebut. (DEDY RAMANTA) 
 

PROPERTI
Bangun Stasiun Cisauk, Sinar Mas Land Kembangkan Kawasan BSD City

Bangun Stasiun Cisauk, Sinar Mas Land Kembangkan Kawasan BSD City

Senin, 18 Februari 2019 | 17:28

TANGERANGNEWS.com-Gedung baru Stasiun Cisauk telah resmi beroperasi sejak, Jum'at (1/2/2019) lalu. Pembangunan tersebut merupakan suatu

TOKOH
Derita Kanker Otak, Hercules Dirawat di RSUD Kota Tangerang

Derita Kanker Otak, Hercules Dirawat di RSUD Kota Tangerang

Senin, 17 Juni 2019 | 16:27

TANGERANGNEWS.com-Artis Agung Hercules dikabarkan tengah menjalani perawatan karena mengidap kanker otak di RSUD Kota Tangerang.

SPORT
9 Atlet Petanque Kabupaten Tangerang Siap Berlaga di Pra PON

9 Atlet Petanque Kabupaten Tangerang Siap Berlaga di Pra PON

Selasa, 18 Juni 2019 | 19:45

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak sembilan atlet Petanque atau diucapkan "petank" akan berlaga di Pra PON pada Agustus 2019 ini. Mereka terpilih ikut

BISNIS
Melihat Aktivitas Perajin Tempe di Tangerang yang Omzet Perhari Capai Rp1 Juta

Melihat Aktivitas Perajin Tempe di Tangerang yang Omzet Perhari Capai Rp1 Juta

Selasa, 2 April 2019 | 19:09

TANGERANGNEWS.com-Para perajin tempe di lingkungan RT 03/02, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang tampak begitu

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)