Connect With Us

Dua Bulan Lagi, Situ Gintung Mulai Terisi Air

Denny Bagus Irawan | Senin, 28 Maret 2011 | 18:29

| Dibaca : 12073

Situ Gintung (tangerangnews / dens)


TANGERANG-Dua bulan kedepan, Situ Gintung yang jebol dua tahun silam ini akan mulai diisi air. Pelaksanaan pengisian air masih menunggu surat sertifikasi dari komisi keamanan bendungan nasional.
 
Hal itu dikatakan Kepala Balai Besar Sungai Wilayah Ciliwung Cisadane Imam Santoso. Menurutnya, Situ Gintung juga akan berubah status menjadi bendungan mengingat ketinggian diatas atau minimal 15 meter.
 
Nantinya, bendungan dengan luas 72 hektar ini akan mampu menampung air sebanyak 1,2 juta meter kubik. “Pasca mempelajari kejadian dua tahun lalu, maka statusnya dirubah dari situ menjadi bendungan,” ujarnya.
 
Mencegah hal yang tidak diinginkan bendungan ini pun sudah dilengkapi alat pemantau ketinggian air dan kestabilan bendungan. Alat pantau tersebut berbentuk kotak-kotak beton yang ditempatkan disepanjang bendungan. “Jika terjadi rembasan air nanti bisa diketahui. Termasuk juga pipa yang berfungsi memantau kondisi bendungan,” tambah Santoso.
 
Situ Gintung jebol 27 Maret 2009 sekitar pukul 02.00 WIB karena luapan  Kali Pesangerahan dan ketidakmampuan tanggul yang dibangun sejak jaman Belan menahan laju air. Sedikitnya, 97 korban meninggal serta ratusan warga hilang. Tidak itu saja, 312 rumah hancur berantakan diterjang air.
 
Hanya, Masjid Jabal Rahma yang jaraknya 20 meter dari lokasi Tanggul yang jebol, tetap berdiri kokoh saat air bah Situ Gintung meluap. Perbaikan Bendungan Gintung sendiri, sejak 3 Desember 2009 menghabiskan anggaran sebesar Rp 91.773.756.000.(RAZ)

 

AYO! TANGERANG CERDAS
Pelajari Ilmu Jurnalistik hingga Kewirausahaan, 15 Peserta Rampungkan The Journalist Fellowship Program 

Pelajari Ilmu Jurnalistik hingga Kewirausahaan, 15 Peserta Rampungkan The Journalist Fellowship Program 

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 12:20

The Journalist Fellowship Program tahap pertama (Batch I) yang merupakan kolaborasi dari konsultan komunikasi Maverick Indonesia dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, rampung kemarin.

BANTEN
301 Kg Ganja Tujuan Tangerang Dimusnahkan BNN

301 Kg Ganja Tujuan Tangerang Dimusnahkan BNN

Rabu, 21 Oktober 2020 | 19:36

TANGERANGNEWS.com-Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten memusnahkan barang bukti kejahatan narkotika jenis ganja sebanyak 301 kilogram. Pemusnahan barang terlarang itu dengan cara dibakar

KAB. TANGERANG
Mustofa ditawarkan Pekerjaan, Motor Malahan Hilang di Tangerang

Mustofa ditawarkan Pekerjaan, Motor Malahan Hilang di Tangerang

Kamis, 29 Oktober 2020 | 13:23

TANGERANGNEWS.com-Mustofa warga RT 17/07, Semprok, Sukamulya, Cikupa, Kabupaten Tangerang harus menerima kenyataan bernasib sudah jatuh tertimpa tangga pula

NASIONAL
Begini Langkah Operator Tol Tangerang-Merak Hadapi Long Weekend Saat Pandemi

Begini Langkah Operator Tol Tangerang-Merak Hadapi Long Weekend Saat Pandemi

Kamis, 29 Oktober 2020 | 10:21

TANGERANGNEWS.com-Arus lalu lintas di Tol Tangerang-Merak diprediksi meningkat saat cuti bersama Oktober 2020 ini. Operator tol tersebut, PT Marga Mandalasakti (MMS) pun menyiapkan enam langkah antisipasi

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil