Connect With Us

Cek Fakta: Innalillahi Mamah Dedeh Meninggal di Rumah Sakit Hospital BSD Tangerang Selatan

Fahrul Dwi Putra | Senin, 15 Mei 2023 | 11:52

Pendakwah Mamah Dedeh (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Beredar kabar yang menyebutkan pendakwah kondang, Dede Rosidah alias Mamah Dedeh meninggal dunia di Rumah Sakit BSD, Tangerang Selatan (Tangsel).

Kabar terkait meninggalnya pendakwah dengan jargon khas "Mamah curhat, dong" itu diunggah oleh akun YouTube RASIS pada Minggu, 14 Mei 2023.

Sampul dari video tersebut menunjukkan foto seorang pembaca berita dan disampingnya terlihat gambar para pelaya dan satu mobil ambulans.

Di pojok kiri dari sampul video tersebut ditempel foto Abdel Achrian. Seperti diketahui, Abdel dan Mamah Dedeh cukup dekat dan kerap tampil bersama mengisi suatu program televisi.

Pada sampul video itu tertulis judul bombastis "Breaking News: Mama Dedeh Meninggal di Rumah Sakit BSD Tangerang Selatan Tadi Malam".

Sedangkan, isi video tersebut hanya berisi kolase foto dari rekan-rekan Mamah Dedeh dan tak saling berkaitan dengan narasi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.

"Kabar ini pun sontak mengejutkan bagi keluarga besar Mamah Dedeh, ucapan belasungkawa tidak henti-hentinya terucap dari keluarga dan juga sahabatnya," kata narator video tersebut. 

Fakta

Setelah TangerangNews.com telusuri, kabar tersebut tidaklah benar. Pasalnya, tidak ada satu pun pernyataan resmi dari pihak keluarga Mamah Dedeh maupun rekannya terkait hal tersebut.

Selain itu, melalui akun Instagram resmi Mamah Dedeh @mamahdedeh_officialaccount, terlihat ia baru saja mengisi acara di wilayah Jawa Barat dua hari yang lalu dan dalam keadaan sehat.

Lebih lanjut, ternyata sosok Mamah Dedeh yang dimaksud dalam video kabar meninggal tersebut ialah Dedeh Syahrawati, istri dari mantan Wakil Gubernur (Wagub) Banten H Mohammad Masduki, yang meninggal dunia di Eka Hospital BSD, Tangerang Selatan, pada Selasa, 26 Mei 2020 silam.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan, Mamah Dedeh dan Dedeh Syahrawati merupakan dua orang yang berbeda sehingga video tersebut sengaja dibuat dengan mencatut rekan-rekan dari Mamah Dedeh agar persepsi masyarakat menuju ke pendakwah kondang itu. Hal ini dapat dikategorikan sebagai berita bohong atau hoaks.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

TANGSEL
Sepi, Tidak Ada Lonjakan Arus Balik Lebaran di Terminal Pondok Cabe Tangsel

Sepi, Tidak Ada Lonjakan Arus Balik Lebaran di Terminal Pondok Cabe Tangsel

Rabu, 17 April 2024 | 23:47

Terminal tipe A Pondok Cabe, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masih tampak sepi saat arus balik lebaran, Rabu 17 April 2024.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill