Connect With Us

Ujian Nasional Diawasi Pengawas Independen

| Selasa, 12 April 2011 | 16:35

| Dibaca : 33629

SDN Sukasari 4 di Babakan, Cikokol, Kota Tangerang. (tangerangnews / tangerangnews/dens)

 
TANGSEL-Untuk meningkatkan kualitas kelulusan murid, pemerintah Kota (pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) akan mengawasi pelaksanaan ujian nasional (UN) secara ketat, yakni dengan cara menghadirkan pengawas independen.
 
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel, Mathodah mengatakan,  pihaknya telah menyiapkan sebanyak 620 orang tenaga pengawas silang untuk mengawasi 5.356 siswa SMA, dan 728 orang tenaga pengawas silang untuk mengawasi 6.566 orang siswa SMK.
 
Selain pengawas silang, mereka juga akan didampingi  oleh pengawas independen yang disedikan UIN Syarif Hidayatullah. "Untuk lebih kredibel, tenaga pengawas silang juga diawasi oleh pengawas independen. Sebab, kami ingin hasil UN kali ini benar-benar murni dan jauh dari kebocoran," ucapnya.

Untuk tingkat kelulusan, Mathodah mematok target hingga 98 persen untuk tingkat SMA/SMK. "Saya berani jamin tahun ini tingkat kelulusan meningkat dibanding tahun lalu yang sekitar 95 persen. Untuk kelulusan hingga 100 persen, rasanya sulit. Target kami ingin menyamai Kota Tangerang," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Pengawas Independen Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Yayan Sopyan, mengatakan bahwa pihaknya akan mengawasi dengan ketat tiap proses UN yang akan diadakan di Kota Tangsel. Tujuannya, selain untuk menghasilkan kemurnian UN  juga untuk menghasilkan lulusan terbaik dari UN tersebut.

"Kami dari pihak UIN tentu ada kepentingan dalam UN. Sebab, dengan mengawasi UN secara independen kami berharap mendapatkan mahasiswa baru yang berkualitas dan tidak asal jadi," ujarnya.

Menurut Yayan, pihaknya telah menyiapkan 121 orang tenaga pengawas independen, mulai dari tingkat dinas, gugus, rayon, hingga  kelas-kelas. "Pengawasan yang kami lakukan ini menyeluruh. Mulai dari persiapan UN, pengawas silang, pengadaan soal, dan kegiatan ujian nanti," ucapnya.

Untuk mencegah kecurangan maupun bocoran jawaban soal ujian, pihaknya akan melarang para siswa dan petugas pengawas silang untuk membawa ponsel selama ujian berlangsung. "Kami ingin mencegah adanya komunikasi terselubung. Karena kami mengkhawatirkan itu terjadi," ujarnya. (DRA)
WISATA
Yuk, Nostalgia 5 Jajanan SD Paling Melegenda di Tangerang

Yuk, Nostalgia 5 Jajanan SD Paling Melegenda di Tangerang

Kamis, 22 Juli 2021 | 16:34

TANGERANGNEWS.com-Anak-anak jaman sekarang mungkin sudah tidak mengenal lagi jajanan jaman dulu yang sangat terkenal. Jajanan ketika masih SD yang menarik perhatian untuk dicoba dan tentunya harga yang pas di kantong

OPINI
Sayangi Bumi mu dengan Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Sayangi Bumi mu dengan Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Sabtu, 12 Juni 2021 | 10:16

TANGERANGNEWS.com-Hingga kini sampah plastik masih menjadi permasalahan di negeri kita Indonesia. Data Asosiasi Industri Plastik Indonesai (INAPLAS) dan Badan pusat statistik (BPS)

SPORT
4 Rekomendasi Workout di Rumah untuk Pemula Selama PPKM

4 Rekomendasi Workout di Rumah untuk Pemula Selama PPKM

Minggu, 25 Juli 2021 | 10:21

TANGERANGNEWS.com-Di masa pandemi COVID-19 yang kembali melonjak, penting untuk menjaga kesehatan badan untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga terhindar dari menularan virus tersebut

MANCANEGARA
WHO Sebut COVID-19 Sebabkan 4 juta Orang Meninggal di Dunia

WHO Sebut COVID-19 Sebabkan 4 juta Orang Meninggal di Dunia

Kamis, 8 Juli 2021 | 11:43

TANGERANGNEWS.com-Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari empat juta orang di seluruh dunia telah meninggal karena COVID-19, sejak virus tersebut muncul pada tahun 2019

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab