Connect With Us

Ramadhan, Jam Belajar Siswa di Tangsel Dipangkas

| Kamis, 21 Juli 2011 | 18:41

Airin Rachmi Diany Wali Kota Tangsel (tangerangnews / dens)



TANGERANG
- Menjelang bulan suci Ramadhan, Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan memangkas jam belajar siswa, mulai tingkat SD-SMP dan SMA.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) tingkat SD, SMP dan SMA dari Dindik Tangsel H Kuswanda mengatakan, surat edaran pemangkasan jam belajar  akan dimasukkan ke masing-masing sekolah, pada Selasa, 26 Juli 2011.

"Ada pengurangan waktu belajar siswa tingkat SD, SMP dan SMA. Mereka masuk pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 11.00 WIB untuk SD dan SMP. Untuk SMA dan SMK sama," ujarnya, kepada Okezone, di Serpong, Kamis (21/7/2011).

Untuk mengganti jam belajar siswa yang dipangkas, masing-masing sekolah akan melaksanakan Bimbingan Belajar (Bimbel). Jika ada permintaan dari orangtua untuk menambah jam belajar, pihak sekolah akan meluluskannya dengan catatan ada dukungan dari semua pihak.

"Jam pelajaran yang berkurang di bulan Ramadhan, akan dipadatkan setelah hari raya Idul Fitri. Bagi para tenaga pengajar, akan diawasi agar tidak bermalas-malasan," tambahnya.

Untuk sekolah yang masuknya siang, akan dimulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Sedang untuk sekolah non-Muslim, pemangkasan jam belajar di bulan Ramadhan tidak akan dikenakan. Kecuali, pada waktu Natal, di bulan Desember.

"Karena bulan puasa, jam belajar siswa akan dikurangi. Untuk sekolah non muslim, jam belajar akan dikurangi saat waktu hari raya keagamaannya, yakni saat Natal, di bulan Desember," terangnya.

Untuk libur Ramadhan, dua hari sebelumnya sekolah akan diliburkan. Pun satu minggu sebelum dan sesudah hari raya, sekolah akan diliburkan. Guna memberikan kesempatan kepada siswa untuk liburan dan pulang kampung.

"Awal Ramadhan, akan ada libur selama dua hari. Jelang hari raya, seminggu sebelum dan sesudahnya sekolah akan diliburkan," jelasnya.

Di waktu normal, para siswa masuk sekolah mulai pukul 07.00 WIB dan pulang pukul 13.00 WIB. Selama bulan suci Ramadhan, kegiatan sekolah akan dipadatkan dengan acara keagamaan sesuai dengan motto kota Tangsel, modern dan relijius. (DRA)

KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

TANGSEL
300 Anak Kurang Mampu di Tangsel Dapat Bantuan Alat Sekolah

300 Anak Kurang Mampu di Tangsel Dapat Bantuan Alat Sekolah

Kamis, 25 April 2024 | 21:01

Sebanyak 300 anak kurang mampu di Kota Tangerang Selatan dapatkan bantuan alat tulis dan perlengkapan sekolah.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill