Connect With Us

Damkar Tangsel Tambah Mobil Pemadam Kebakaran

| Selasa, 26 Juli 2011 | 09:20

Petugas pemadam kebakaran sedang memadamkan api. (Ilustrasi / Ilustrasi)

TANGERANG—Kantor Pemadam Kebakaran Kota Tangerang Selatan bakal menambah armada pemadam kebakarannya sebanyak empat unit pada tahun 2011. Saat ini Kantor Damkar baru memiliki satu unit mobil pemadam kebakaran.

Kepala Kantor Pemadam Kebakaran Kota Tangsel Uci Sanusi mengatakan, empat unit mobil yang pengadaannya dilakukan tahun ini yaitu tiga unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil tanki (water supply) dengan kapasitas 20 ribu liter air. “Penambahan armada ini untuk mempercepat proses penanganan apabila terjadi kebakaran,” kata Uci.

Dia mengakui, dengan adanya penambahan tiga unit mobil pemadam kebakaran dan satu mobil tanki sebetulnya belum sesuai dengan luas wilayah yang ada di Kota Tangsel. Apalagi jika membandingkan dengan ketentuan nasional soal response time ke lokasi kebakaran yang hanya 15 menit, tentu jumlah itu belum memadai.

“Tapi paling tidak ada upaya dari kita untuk mendekati ketentuan response time itu. Salah satunya dengan menambah armada,” papar Uci.

Demi untuk terus memperbaiki pelayanan, kata Uci, dalam jangka panjang ia merencanakan menambah unit armada pemadam kebakaran hingga 14 unit pada tahun 2016. Hal ini untuk mewujudkan target bahwa setiap kecamatan terdapat satu posko pemadam kebakaran yang dilengkapi dengan dua unit mobil pemadam kebakaran.  

“Target kita tahun 2016 setiap kecamatan ada poskonya dengan dua unit mobil pemadam kebakaran. Rencana ini juga dalam rangka memperpendek waktu tempuh petugas Damkar menuju lokasi kebakaran. Jika setiap kecamatan punya posko saya yakin waktu perjalanan juga lebih singkat,” tambah Uci.

 Ada beberapa tahapan yang sudah disiapkan Kantor Damkar Kota Tangsel dalam mewujudkan posko di setiap kecamatan. Selain berencana menambah armada, saat ini Kantor Damkar Kota Tangsel juga menjajaki kerja sama dengan pihak swasta dalam menyediakan lokasi (lahan) untuk pembangunan posko seperti pengembang perumahan.

Salah satu pihak swasta yang sudah memberikan sinyal menyambut kerja sama ini adalah Bintaro Plaza. Menurut Uci, sejak masih bergabung dengan Kabupaten Tangerang, Bintaro Plaza memang sudah bekerja sama dengan Kantor Damkar Kabupaten Tangerang. Hanya saja setelah menjadi kota otonom, kerja sama itu belum diaktifkan kembali.

“Dalam waktu dekat akan kita aktifkan kembali, apalagi bekas perlengkapan kerja di Bintaro Plaza juga katanya masih ada,” papar laki-laki ramah ini. (ADV)

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

TEKNO
Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Rabu, 24 April 2024 | 11:25

Perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin pesat, sehingga banyak orang khawatir akan hilangnya pekerjaan karena kemampuan AI untuk menangani tugas-tugas tertentu.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill