Connect With Us

Tangsel Kaji Empat Lokasi Terminal Ciputat

| Kamis, 2 Juli 2009 | 17:14

TANGERANGNEWS-Pemkot Tangsel sedang mengkaji empat lokasi terminal yang akan dibangun di wilayah Ciputat. Rencana itu bertolak belakang dengan rencana pembangunan yang dilakukan Pemkab Tangerang.Pasalnya, Pemkab Tangerang berencana melanjutkan pembangunan Terminal Ciputat yang berada di Jalan Raya Ciputat, Kelurahan Cipayung, Ciputat Timur,Kota Tangsel. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Tangsel Hartadi Widjaya mengatakan, pihaknya sedang mempelajari empat alternatif lokasi pembangunan terminal Ciputat. Keempat lokasi tersebut adalah Jalan Aria Putera di depan Pasar Ciputat, Jalan Dewi Sartika di depan Ramayana, Jalan Otista, dan Jalan RE Marthadinata. “Keempat lokasi tersebut kini sedang dilakukan studi review kelayakan,” kata Hartadi Widjaya, hari ini. Menurut Hartadi, pengkaian itu disusun bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi. Proses ini akan memakan waktu selama satu bulan. “Kemungkinan Agustus sudah keluar hasil lokasi pembangunan terminal,” ujarnya. Dari empat alternatif yang ada, lanjut Hartadi, lokasi di Jalan RE Marthadinata merupakan lokasi yang paling strategis dan ideal. Selain itu, lokasinya dekat dengan Pasar Cimanggis. “Di lokasi tersebut (RE Matrhadinata) mobil yang berasal dari Jakarta, Bogor dan Pamulang bisa langsung masuk ke terminal itu. Tanpa harus berpapasan dengan kendaraan dari wilayah lainnya. Sehingga mengurangi cross kendaraan,” ungkapnya. Dijelaskannya, terminal yang akan dibangun mempunyai luas lima hektar. Jenis terminalnya Tipe B atau untuk angkutan antar kota dalam provinsi. Namun, Tipe terminal dapat dikembangkan menjadi Tipe A jika diperlukan.”Soal berapa biaya yang akan dibutuhkan saat ini kita masih menghitungnya,” katanya. Diakuinya, keberadaan Terminal Ciputat sudah sangat mendesak. Setiap hari, jumlah kendaraan yang masuk ke Ciputat mencapai 3.521 unit, mulai dari angkot, bus sedang, dan bus besar. Jumlah tersebut berasal dari Dewi Sartika, Pondok Aren, Cimanggis,. Aria Putera, Jombang, dan Ki Hajar Dewantara. Pihaknya, katanya, akan melakukan koordinasi dengan Kabupaten Tangerang. Sebab, Kabupaten Tangerang juga akan membangun terminal. Bahkan, lahannya sudah dibebaskan. “Soal kenapa mereka membangun, saya tidak mau memberikan komentar,” katanya. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang Deden Sugandhi mengatakan, pihaknya juga tengak melakukan pengerjaan proyek pembangunan terminal di di Jalan Raya Ciputat, Kelurahan Cipayung, Ciputat Timur. “Kami sedang membuatkan akses jalan ke terminal. Yang sebelumnya telah dibebaskan sekitar 9.000 meter dengan menggunakan APBD 2009 Rp17-2 miliar. Ini sudah tertuang dalam rencana pembangunan,” katanya. (dens)
PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill