Connect With Us

Tahun Ini, SMPN di Tangsel Gratis SPP

| Kamis, 12 Juli 2012 | 18:55

| Dibaca : 2115

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany. (tangerangnews / dedi)



TANGERANG-Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany pada tahun ajaran baru ini menepati janjinya. Kebijakan baru yang dikeluarkan mantan notaris itu konsen menekan biaya pendidikan. Alhasil tahun ini, siswa baru kelas 1 (satu) - kelas 3 (tiga) SMP negeri, tak lagi dipungut Sumbangan Pembiayaan Pendidikan (SPP) yang sebelumnyadipungut maksimal Rp 100 ribu.
    Hal ini diuangkapkan Wali Kota Tangsel usai menyampaikan Nota Keuangan Perubahan APBD 2012, di gedung DPRD Kota Tangsel, Kamis (12/7). "Jadi, yang penting dalam Perubahan APBD ini adalah tidak ada lagi SPP bagi SMP. Kalau kemarin, kita masih membolehkan, mulai ajaran baru ini gratis," kata Airin.
   
Memang, sebelumnya pernah dibuat kebijakan pembatasan uang SPP. Untuk SMP, dibatasi maksimal Rp100 ribu, sementara SMA/SMK negeri masksimal dibatasi Rp200 ribu. Dalam APBD Perubahan tahun ini, Airin membuat kebijakan penghapusan SPP bagi SMP tersebut.
    Airin melanjutkan, kebijakan penghapusan SPP tersebut karena Pemkot Tangsel dalam Perubahan APBD tahun ini menambahkan alokasi belanja daerah untuk belanja tidak langsung. Yakni, untuk pembiayaan Bantuan Operasional Daerah (Bosda) untuk SD dan SMP. "Program wajib belajar pendidikan sembilan tahun, yang semua dianggarkan sebesar Rp113,5 miliar, menjadi Rp129,9 miliar. Atau, bertambah sebesar Rp16,4 miliar dalam APBD Perubahan ini, untuk meng-cover SPP itu," katanya.
    Namun, penambahan belanja untuk dana penunjang kegiatan wajib belajar sembilan tahun tersebut tak hanya untuk penggratisan SPP SMP. Melainkan, untuk kegiatan penambahan ruang kelas, pengadaan alat praktik dan peraga siswa, rehabilitasi sedang/berat ruang kelas, dan peningkatan Bosda SMP yang akan dilaksanakan oleh dinas pendidikan. "Untuk penerapannya, mulai tahun ajaran baru ini. Kalau sudah diketuk palu, langsung dilaksanakan," ujar Airin.
    Pada bagian lain, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangsel Mathodah menjelaskan, bahwa baik SD maupun SMP akan digratiskan setelah APBD Perubahan disahkan. Dan, kata Mathodah, konsekuensi dari kebijakan menggratiskan SPP tersebut adalah penambahan anggaran untuk pendidikan. "Untuk Bosda SMPN 2012 menjadi sebesar Rp4,7 miliar," terangnya. (DRA)

AYO! TANGERANG CERDAS
Kini Binus Univesity Buka Program Studi Baru Program Profesi Insinyur

Kini Binus Univesity Buka Program Studi Baru Program Profesi Insinyur

Senin, 12 Juni 2017 | 11:00

TANGERANGNEWS.com- Binus University membuka studi baru yakni Program Profesi Insinyur (PPI). Theresia Hastuti, Marketing Communication Binus University mengatakan, hal itu seiring dengan rencana dari pemerintah yang gencar melakukan pembangunan infrastru

OPINI
Perlunya Kewaspadaan Memilih Ikan Segar

Perlunya Kewaspadaan Memilih Ikan Segar

Jumat, 21 Juli 2017 | 13:00

Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Beberapa kandungan nutrisi yang esensial bagi manusia dan terdapat melimpah dalam ikan adalah protein, vitamin, dan mineral. Karena kandungan yang menguntungkan ini, berba

TOKOH
Pesan Jazuli Juwaini, Jaga Kemerdekaan dengan Membangun Konsensus Kebangsaan

Pesan Jazuli Juwaini, Jaga Kemerdekaan dengan Membangun Konsensus Kebangsaan

Senin, 14 Agustus 2017 | 06:00

TANGERANGNEWS.com- Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi Empa Pilar Kebangsaan di Kelurahan Larangan Utara Kota Tangerang. Saat di hadapan masyarakat, Jazuli Juwaini mengingatkan seiring dengan momentum Hari Kemerdekaan

PROPERTI
Mahasiswa Universitas Pancasila Berkunjung ke Green Office Park 9 BSD City

Mahasiswa Universitas Pancasila Berkunjung ke Green Office Park 9 BSD City

Jumat, 28 April 2017 | 10:00

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah mahasiswa jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Pancasila Jakarta berkunjung ke salah satu proyek Sinar Mas Land yaitu Green Office Park 9 (27/4).

"Tidak adanya tindakan melahirkan keyakinan dan keberanian. Jika Anda ingin menaklukan ketakutan, jangan duduk di rumah dan memikirkannya saja. Pergilah keluar dan sibukkan diri Anda."

Dale Carnegie