Connect With Us

Tahun Ini, SMPN di Tangsel Gratis SPP

| Kamis, 12 Juli 2012 | 18:55

| Dibaca : 869

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany. (tangerangnews / dedi)



TANGERANG-Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany pada tahun ajaran baru ini menepati janjinya. Kebijakan baru yang dikeluarkan mantan notaris itu konsen menekan biaya pendidikan. Alhasil tahun ini, siswa baru kelas 1 (satu) - kelas 3 (tiga) SMP negeri, tak lagi dipungut Sumbangan Pembiayaan Pendidikan (SPP) yang sebelumnyadipungut maksimal Rp 100 ribu.
    Hal ini diuangkapkan Wali Kota Tangsel usai menyampaikan Nota Keuangan Perubahan APBD 2012, di gedung DPRD Kota Tangsel, Kamis (12/7). "Jadi, yang penting dalam Perubahan APBD ini adalah tidak ada lagi SPP bagi SMP. Kalau kemarin, kita masih membolehkan, mulai ajaran baru ini gratis," kata Airin.
   
Memang, sebelumnya pernah dibuat kebijakan pembatasan uang SPP. Untuk SMP, dibatasi maksimal Rp100 ribu, sementara SMA/SMK negeri masksimal dibatasi Rp200 ribu. Dalam APBD Perubahan tahun ini, Airin membuat kebijakan penghapusan SPP bagi SMP tersebut.
    Airin melanjutkan, kebijakan penghapusan SPP tersebut karena Pemkot Tangsel dalam Perubahan APBD tahun ini menambahkan alokasi belanja daerah untuk belanja tidak langsung. Yakni, untuk pembiayaan Bantuan Operasional Daerah (Bosda) untuk SD dan SMP. "Program wajib belajar pendidikan sembilan tahun, yang semua dianggarkan sebesar Rp113,5 miliar, menjadi Rp129,9 miliar. Atau, bertambah sebesar Rp16,4 miliar dalam APBD Perubahan ini, untuk meng-cover SPP itu," katanya.
    Namun, penambahan belanja untuk dana penunjang kegiatan wajib belajar sembilan tahun tersebut tak hanya untuk penggratisan SPP SMP. Melainkan, untuk kegiatan penambahan ruang kelas, pengadaan alat praktik dan peraga siswa, rehabilitasi sedang/berat ruang kelas, dan peningkatan Bosda SMP yang akan dilaksanakan oleh dinas pendidikan. "Untuk penerapannya, mulai tahun ajaran baru ini. Kalau sudah diketuk palu, langsung dilaksanakan," ujar Airin.
    Pada bagian lain, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangsel Mathodah menjelaskan, bahwa baik SD maupun SMP akan digratiskan setelah APBD Perubahan disahkan. Dan, kata Mathodah, konsekuensi dari kebijakan menggratiskan SPP tersebut adalah penambahan anggaran untuk pendidikan. "Untuk Bosda SMPN 2012 menjadi sebesar Rp4,7 miliar," terangnya. (DRA)

TEKNO
Cek Dulu, Galaxy Note 5 di Indonesia dan Mancanegara Berbeda

Cek Dulu, Galaxy Note 5 di Indonesia dan Mancanegara Berbeda

Jumat, 28 Agustus 2015 | 16:05

TANGERANG - Vendor ponsel asal Korea Selatan, Samsung, telah memperkenalkan smartphone terbaru Galaxy Note 5 di Indonesia. Ternyata ada beberapa perbedaan Galaxy Note 5 di Indonesia dan di luar negeri.

TOKOH
Putri Una Tampil Berani hanya berbikini

Putri Una Tampil Berani hanya berbikini

Sabtu, 22 Agustus 2015 | 14:40

Akhirnya kami kesampaian juga mengajak berfoto gadis cantik bermata bulat nan murah senyum ini, bernama lengkap Putri Una. Wanita yang dulunya lebih dikenal sebagai bintang tv dan film ini, memang masih dibilang artis pendatang baru, namun karirnya setahu

HIBURAN
DJ Gebby Vesta Siap Bugil saat Manggung

DJ Gebby Vesta Siap Bugil saat Manggung

Kamis, 27 Agustus 2015 | 16:13

Sejak mendapat ajakan main film porno di Jerman, DJ Gebby Vesta makin pusing. Pasalnya, dia banyak mendapat tawaran lain yang terbilang nyeleneh. Salah satunya ketika Gebby mengaku diminta tampil nge-DJ tanpa sehelai benang pun alias bugil oleh salah satu

"Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia"

Soekarno