Connect With Us

Tahun Ini, SMPN di Tangsel Gratis SPP

| Kamis, 12 Juli 2012 | 18:55

| Dibaca : 2080

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany. (tangerangnews / dedi)



TANGERANG-Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany pada tahun ajaran baru ini menepati janjinya. Kebijakan baru yang dikeluarkan mantan notaris itu konsen menekan biaya pendidikan. Alhasil tahun ini, siswa baru kelas 1 (satu) - kelas 3 (tiga) SMP negeri, tak lagi dipungut Sumbangan Pembiayaan Pendidikan (SPP) yang sebelumnyadipungut maksimal Rp 100 ribu.
    Hal ini diuangkapkan Wali Kota Tangsel usai menyampaikan Nota Keuangan Perubahan APBD 2012, di gedung DPRD Kota Tangsel, Kamis (12/7). "Jadi, yang penting dalam Perubahan APBD ini adalah tidak ada lagi SPP bagi SMP. Kalau kemarin, kita masih membolehkan, mulai ajaran baru ini gratis," kata Airin.
   
Memang, sebelumnya pernah dibuat kebijakan pembatasan uang SPP. Untuk SMP, dibatasi maksimal Rp100 ribu, sementara SMA/SMK negeri masksimal dibatasi Rp200 ribu. Dalam APBD Perubahan tahun ini, Airin membuat kebijakan penghapusan SPP bagi SMP tersebut.
    Airin melanjutkan, kebijakan penghapusan SPP tersebut karena Pemkot Tangsel dalam Perubahan APBD tahun ini menambahkan alokasi belanja daerah untuk belanja tidak langsung. Yakni, untuk pembiayaan Bantuan Operasional Daerah (Bosda) untuk SD dan SMP. "Program wajib belajar pendidikan sembilan tahun, yang semua dianggarkan sebesar Rp113,5 miliar, menjadi Rp129,9 miliar. Atau, bertambah sebesar Rp16,4 miliar dalam APBD Perubahan ini, untuk meng-cover SPP itu," katanya.
    Namun, penambahan belanja untuk dana penunjang kegiatan wajib belajar sembilan tahun tersebut tak hanya untuk penggratisan SPP SMP. Melainkan, untuk kegiatan penambahan ruang kelas, pengadaan alat praktik dan peraga siswa, rehabilitasi sedang/berat ruang kelas, dan peningkatan Bosda SMP yang akan dilaksanakan oleh dinas pendidikan. "Untuk penerapannya, mulai tahun ajaran baru ini. Kalau sudah diketuk palu, langsung dilaksanakan," ujar Airin.
    Pada bagian lain, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangsel Mathodah menjelaskan, bahwa baik SD maupun SMP akan digratiskan setelah APBD Perubahan disahkan. Dan, kata Mathodah, konsekuensi dari kebijakan menggratiskan SPP tersebut adalah penambahan anggaran untuk pendidikan. "Untuk Bosda SMPN 2012 menjadi sebesar Rp4,7 miliar," terangnya. (DRA)

NASIONAL
ICW Kecam Keras Teror Terhadap Novel Baswedan

ICW Kecam Keras Teror Terhadap Novel Baswedan

Selasa, 11 April 2017 | 15:00

"Teror terhadap Novel harus dilihat sebagai ancaman terhadap agenda pemberantasan korupsi. Pasalnya, orang atau kelompok yang melakukan teror punya tujuan utama, yakni bagaimana supaya proses hukum atas kasus tertentu berhenti," katanya saat dihubungi Tan

TOKOH
SOSOK : IPDA Edy Arianto, Kapospol Tanpa Cacat

SOSOK : IPDA Edy Arianto, Kapospol Tanpa Cacat

Rabu, 26 April 2017 | 13:00

TANGERANGNews.com- Disela kesibukanya dalam mengemban amanah sebagai anggota Polri. Ipda Edy Arianto tanpa henti tetap memperhatikan kebersihan lingkungan yang ada di sekitarnya.

MANCANEGARA
7 Makanan Daging Hewan sadis di Dunia

7 Makanan Daging Hewan sadis di Dunia

Senin, 28 November 2016 | 19:00

Sebab, cara penyajian gurita hidup tersebut dianggap kejam. Sebenarnya bukan hanya gurita hidup, beberapa restoran dunia juga terkenal dengan penyajian hidangan yang anti-mainstream dan kontroversial. Berikut tujuh cara penyajian hidangan yang dianggap ke

PROPERTI
Mahasiswa Universitas Pancasila Berkunjung ke Green Office Park 9 BSD City

Mahasiswa Universitas Pancasila Berkunjung ke Green Office Park 9 BSD City

Jumat, 28 April 2017 | 10:00

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah mahasiswa jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Pancasila Jakarta berkunjung ke salah satu proyek Sinar Mas Land yaitu Green Office Park 9 (27/4).

"Satu-satunya cara melakukan sebuah pekerjaan yang luar biasa adalah dengan mencintai apa yang sedang Anda kerjakan."

Steve Jobs