Connect With Us

Tandon BPI Proyek Unggulan DBMSDA Tangsel

| Jumat, 3 Agustus 2012 | 22:59

Airin sidak Banjir. (tangerangnews / dira)

TANGERANG-Ancaman banjir yang kerap menghantui warga perumahan Bukit Pamulang Indah (BPI), Kota Tangsel saat hujan turun, sebentar lagi dapat teratasi. Pasalnya, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangsel akan segera membangun tandon di sekita wilayah itu. Saat ini, DBMSDA tengah melakukan persiapan agar proses pembangunan tandon air itu bisa segera dilaksanakan.

Dari keterangan yang disampaikan Kepala DBMSDA, Hj. Retno Prawati, waduk air yang akan dibangun itu memiliki luas keseluruhan 9.215 meter, dengan perbandingan 6.748 meter untuk area penampungan dan pompa pengendali banjir. Sedangkan lahan sisanya diperuntukkan bagi kawasan penghijauan.

Masih berdasarkan keterangan tersebut, kedalaman tandon nantinya akan mencapai 54 meter. Sementara kemampuan kapasitas tampung air sebanyak 20.889 meter kubik pada elevasi normal. Sedangkan pada ambang batas maksimal, tandon air tersebut bisa menampung hingga 23.834 meter kubik air.

“Kita berharap, kelak jika tandon air itu sudah jadi, kawasan BPI dan daerah sekitarnya bisa terbebas dari bencana banjir,” ujar Retno.

Menurut sumber tersebut, karena luasnya tendon yang akan dibangun, maka kemungkinan pembangunannya tidak dilakukan sekaligus. Akan tetapi, pembangunannya dilakukan secara bertahap. Namun kemungkinan besar, untuk tahap pertama pembangunan akan dilakukan pada tahun 2012.

Dengan luas dan dalamnya tandon air tersebut, bukan sesuatu yang mustahil kalau nantinya tempat itu dijadikan kawasan wisata air yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Namun terkait dengan kemungkinan itu, DBMSDA belum berpikir terlalu jauh. Yang paling penting, bahwa pembangunan waduk itu memang dimaksudkan sebagai kawasan pengendali banjir.

“Bisa-bisa saja mungkin nanti Kantor Pariwisata menjadikan tepta rekreasi. Tapi bagi kami bekerja sesuai tujuan awal, sebagai tempat penampungan air,” tandasnya.

Kepwal Status Jalan

Sebetulnya, program kegiatan DBMSDA di tahun 2012 cukup banyak. Selain pembangunan tandon, kegiatan lainnya tentu saja pemeliharaan dan pembangunan jalan, perbaikan jembatan, serta saluran air. Sampai saat ini, sebagian besar proyek tersebut sudah mulai dikerjakan.

Terkait kemungkinan terjadinya overlapping (tumpang tindih) dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain, khususnya dalam proyek pembangunan jalan, DBMSDA sudah berusaha mencari solusi. Yaitu dengan mengusulkan agar diterbitkan Keputusan Walikota (Kepwal) tentang status Jalan Nasional, Provinsi, Kota dan Lingkungan.

 “Kepwal itu untuk memudahkan wewenang dan tanggung jawab perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan tersebut. Apakah di DBMSDA atau di instansi lain,” kata Retno.

Dijelaskannya, dasar hukum perlu diterbitkannya Kepwal tentang status jalan tersebut, berdasarkan Undang-undang (UU) No.38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah (PP) No.38 Tahun 2007 tentang Pembagian urusan pemerintah antar pemerintah, pemerintah daerah provinsi, pemerintah kabupaten dan kota.

“Undang-undang dan peraturan pemerintah tentang jalan itu menjadi payung hukum bagi kami untuk membuat Kepwal tentang jalan. Dan kami harapkan Kepwal itu bisa diterbitkan akhir 2012 ini,” tambahnya. (ADV)

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

BANTEN
Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:22

Sebanyak 1.000 anak yatim yang berada di Kabupaten Tangerang mendapat santunan dari Pemerintah dan DPRD Provinsi Banten, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill