Connect With Us

Dua Stasiun di Tangsel Segera Direnovasi Total

| Senin, 1 Oktober 2012 | 13:18

| Dibaca : 1168

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany saat naik kereta api ekonomi di Sudimara-Rawa Buntu. (tangerangnews / dira)


TANGERANG-Dua stasiun kereta api (KA) di Kota Tangsel akan direvitalisasi pada awal 2013. Tujuannya, agar warga Kota Tangsel yang saat ini menjadi penumpang tetap KA, bisa mengajak warga lainnya agar bisa mengurangi kemacetan.
 
Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, stasiun yang nyaman akan mendorong warga mau naik kereta ketimbang menggunakan angkot atau mobil pribadi.
 "Dari lima pengajuan revitalisasi stasiun di Tangsel, baru dua yang akan direvitalisasi dalam waktu dekat ini. Yaitu, Stasiun Rawa Buntu dan Stasiun Jurang Mangu," kata Airin Rachmi Diany.

Menurut Airin, salah satu penyebab kemacetan di kota-kota besar termasuk di wilayah penyangga ibukota, seperti Kota Tangsel. Akibat kurang berimbangnya jumlah kendaraan dengan kapasitas jalan yang ada saat ini.
 "Oleh karena itu, perlu diterapkan langkah pelayanan sistem transportasi untuk solusi mengurai kemacetan. Bagi pengguna kendaraan pribadi, agar beralih ke transportasi massal, seperti kereta api," jelasnya.
   
Renovasi stasiun, termasuk meninggikan dan memperpanjang peron, menyediakan pintu masuk dan keluar untuk tiket, serta menyediakan fasilitas parkir lebih luas. "Untuk mendukung revitalisasi itu, pemkot bekerja sama dengan pihak PT KAI, Bintaro Jaya dan BSD, agar  ikut melakukan pembenahan. Di antaranya membangun underpass dan melebarkan jalan serta melakukan penertiban di sekitar stasiun. Areal parkir akan diperluas, agar makin banyak kendaraan yang bisa diparkir di stasiun itu," ungkap Airin.
   
Airin berharap swasta bisa membantu melakukan perlebaran jalan di wilayah yang berdekatan dengan stasiun-stasiun tersebut. Karena, Pemkot Tangsel sendiri tengah melakukan pelebaran jalan dari Pondok Aren hingga Kampung Sawah. "Tidak mudah mengalihkan kebiasaan warga untuk mau menggunakan sarana angkutan umum. Apalagi masih terkendala akan terbatasnya sarana dan prasarana stasiun kereta api," ungkap Airin.
   
Di Kota Tangsel terdapat lima stasiun, yaitu stasiun Serpong, Rawa Buntu, Sudimara, Jurang Mangu dan Stasiun Pondok Ranji.
Dari lima stasiun yang diajukan Pemkot Tangsel ke pemerintah pusat, hanya dua stasiun yang disetujui untuk di revitalisasi pada 2013 nanti.
Kepala Stasiun Rawa Buntu Hidayat menambahkan, penumpang di Stasiun Rawa Buntu lebih banyak dibandingkan stasiun lainnya yang ada di Kota Tangsel. "Karena itu, diharapkan stasiun ini lebih dulu di revitalisasi," katanya.

    Menurut Hidayat, stasiun itu akan direvitalisasi pada awal 2013 nanti. "Semoga setelah direvitalisasi, pengguna kereta api di sini semakin banyak dan akan mengurangi kemacetan," tutupnya.

TANGSEL
Masalah Kulit Ini Banyak Dikeluhkan saat Pandemi di RSU Tangsel

Masalah Kulit Ini Banyak Dikeluhkan saat Pandemi di RSU Tangsel

Senin, 13 Juli 2020 | 08:45

TANGERANGNEWS.com-Meski di tengah kondisi pandemi COVID-19, Rumah

BISNIS
Hadir Saat Pandemi, Kopikren015 Bagikan Kopi Gratis di Pondok Aren

Hadir Saat Pandemi, Kopikren015 Bagikan Kopi Gratis di Pondok Aren

Minggu, 28 Juni 2020 | 19:57

TANGERANGNEWS.com-Dengan menawarkan menu yang menarik, kedai kopi Kopikren015 hadir di kawasan Fresh Market Emerald Bintaro, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan

SPORT
19 Juli MotoGP Kembali Digelar, Pebalap Ducati Malah Cedera

19 Juli MotoGP Kembali Digelar, Pebalap Ducati Malah Cedera

Selasa, 30 Juni 2020 | 09:59

TANGERANGNEWS.com-Setelah sempat terhenti oleh pandemi COVID-19, adu cepat kuda besi di sirkuti (MotoGP 2020) akan dimulai pada 19 Juli di

PROPERTI
Milenial jangan Piknik saat Pandemik, Lebih Baik Invest Properti yang Turun Harga

Milenial jangan Piknik saat Pandemik, Lebih Baik Invest Properti yang Turun Harga

Kamis, 14 Mei 2020 | 22:03

TANGERANGNEWS.com- Properti masih menjadi sektor yang akan tumbuh di masa pandemi saat ini.

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi