Connect With Us

76 Hektare Lahan di Tangsel Terkena Tol Cinere-Serpong

| Minggu, 7 Oktober 2012 | 15:24

| Dibaca : 1012

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany. (tangerangnews / dedi)

TANGERANG-Sekitar 76 hektare lahan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan terkena proyek pembangunan Tol Cinere (Depok) –Serpong (Tangsel). Itu diketahui setelah Pemkot Tangsel diminta sebagai pemerintah daerah setempat diminta oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU) agar segera dilakukan pembebasan lahan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel Dudung E Diredja mengatakan, Kementerian PU telah menganggarkan dana untuk pembangunan Tol Cinere-Serpong terebut. “Semua dananya nanti dari pusat, kami hanya menyediakan lahan saja,” jelasnya, Kamis (4/10).

Pihaknya sedang mempersiapkan tim pembebasan lahan terdiri dari perwakilan Pemkot Tangsel, yakni dipimpin dirinya sendiri, Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Tangsel, dan juga Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tangerang. “Tim pembebasan lahan sedang dibuat, kalau sudah jadi akan bergerak,” jelasnya.
 
Jika tol tersebut terealisasi pembangunannya, maka dibutuhkan lahan tak kurang dari 76 hektare, dengan panjang trek tak kurang dari 20 kilometer. “Rutenya dimulai dari Cinere dan berakhir di Serpong, tapi soal rancangan semuanya dari pusat,” imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, dengan dirancangnya pembangunan Tol Cinere-Serpong tersebut, diharapkan mobilitas dari daerah Cinere bisa lebih lancar dan bisa mengurangi titik kemacetan di Pondok Cabe, Ciputat dan Pamulang yang selama ini jadi rute yang dilalui kendaraan dari Cinere ke Serpong. “Jelas tujuan pembangunan Tol tersebut guna mengurai kemacetan,” katanya.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan koordinasi terus dengan Kementerian PU untuk mendukung realisasi pembangunan Tol tersebut. “Saya sudah perintahkan Sekda untuk membentuk tim pembebasan. Jika tim sudah jadi, kami akan langsung sosialisasikan soal pembebasan lahan ini kepada masyarakat,” singkatnya. Menurut Airin, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) kini tengah mempersiapkan pembangunan tol sepanjang 10,14 Km itu. Adapun investasinya sekitar Rp1,7 triliun.
 

MANCANEGARA
Ajaib, Kakek di India Makan Pasir Selama 40 Tahun

Ajaib, Kakek di India Makan Pasir Selama 40 Tahun

Jumat, 23 Maret 2018 | 09:00

TANGERANGNEWS.com-Demi alasan kebugaran, seseorang akan mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Yang jelas harus ada kandungan karbohidrat, protein dan serat. Namun, apa yang dilakukan oleh seorang kakek di India sangatlah beda.

WISATA
Mengenal Seluk Beluk Kode Rahasia di Museum Sandi Yogyakarta

Mengenal Seluk Beluk Kode Rahasia di Museum Sandi Yogyakarta

Rabu, 21 Maret 2018 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Yogyakarta bukan cuma terkenal dengan budaya Jawa yang kental. Tapi ternyata, di kota ini terselip destinasi unik berupa

BISNIS
Cafe Umi Jadi Tempat Nongkrongnya Pejabat Tangerang

Cafe Umi Jadi Tempat Nongkrongnya Pejabat Tangerang

Sabtu, 12 Mei 2018 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Bagi sebagian besar pemburu kuliner, pasti mencari-cari tempat hidangan baru yang menyajikan makanan dan minuman

TOKOH
Jurnalis Tangerang ini Mendongeng hingga ke Lampung Selatan

Jurnalis Tangerang ini Mendongeng hingga ke Lampung Selatan

Minggu, 13 Mei 2018 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Budi Sabarudin, salah satu jurnalis Tangerang selain berprofesi sebagai pewarta juga dikenal sebagai pendongeng. Bahkan kiprah pria yang akrab disapa Budi Euy ini telah merambah hingga ke Lampung Selatan.

"Penderitaan terburuk dalam hidup bukanlah dengan kalah, kehilangan sesuatu maupun kemalangan yang menimpa, melainkan rasa takut akan sesuatu dan kemudian ketakutan itu tak pernah terlepas dari diri Anda."

Anonim