Connect With Us

Proyek Tol Serpong-Cinere Telan Rp674 miliar

| Selasa, 19 Februari 2013 | 18:01

Peta Tangsel (tangerangnews / dira)

 
TANGERANG-Rencana pembangunan trase Serpong-Cinere yang melintasi 76 hektare lahan di Kota Tangsel diperkirakan akan menghabiskan dana hingga Rp 674 miliar. Dana tersebut tertuang dalam anggaran belanja milik Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen-PU) untuk pembebasan tahun 2013 ini.
 
Kepala Bagian Pertanahan pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Tangsel Heru Agus Santoso mengatakan, pemerintah telah menetapkan nominal haraga meteran tanah yang akan dibebaskan untuk pembuatan Tol Cinere-Serpong dengan harga nyata yang termaktub dalam Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) daerah setempat.
 
“Setidaknya ada 998 rumah di sembilan kelurahan pada dua kecamatan yang akan terkena pembebasan lahan tol tersebut. Rata-rata nilai jual sesuai NJOP yang ada di wilayah terkena pembangunan tol antara Rp 230 ribu sampe Rp1 juta rupiah per meternya. Makanya disiapkan dana sekitar Rp 674 miliar oleh Kemen-PU,” katanya, Selasa (19/2).
 
Fakta tersebut, kata Heru, juga telah dipaparkan Kemen-PU pada rancana proyek nasional sepanjang 10,14 Km dengan lebar jalan mencapai 40-60 meter. Sedangkan Pemkot Tangsel, ditugaskan untuk menfasilitasi pembebasan lahan. “Data sementara itu sudah disampaikan ke Kem-PU dan BPN (Badan Pertanahan Nasional) Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Tinggal tunggu pembebasannya saja,” jelasnya.
 
Heru memaparkan, ada sejumlah tahapan yang harus dilalui dalam pelaksanaan jalan tol yang nantinya akan mempercepat akses menuju Bandara Soekarno-Hatta tersebut. Dimulai dengan identifikasi wilayah RT/RW yang bakal terkena pembebasan lahan, selanjutnya sosialisasi ke masing-masing wilayah, sampai pembebasan lahan dan pembangunan.
 
“Setelah identifikasi dan sosialisasi, barulah akan dilakukan tahap pengukuran lahan selama tiga sampai empat bulan. Paling tidak, mulai awal Maret mendatang sudah mulai dilakukan pengukuran,” ujarnya, seraya menyampaikan bahwa untuk perbandingan lahan sekitar Jalan Raya Siliwangi (Pamulang) harga tanahnya sudah mencapai Rp 800 ribu per meter.
 
Sebelumnya 998 warga di kawasan Ciputat dan Pamulang akan terkena pembebasan lahan Tol Serpong-Cinere. Dengan rincian, untuk Kecamatan Ciputat, akan melintasi kawasan Jombang sebanyak 63 warga, Sarua 273 warga, Sarua Indah 130 warga, Cipayung 39 warga dan kelurahan Ciputat, 20 warga. (KUN)
 
AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

NASIONAL
Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:34

DPR RI resmi mengesahkan revisi UU Desa dalam rapat paripurna di gedung Nusantara II kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill