Connect With Us

Proyek Tol Serpong-Cinere Telan Rp674 miliar

| Selasa, 19 Februari 2013 | 18:01

| Dibaca : 731

Peta Tangsel (tangerangnews / dira)

 
TANGERANG-Rencana pembangunan trase Serpong-Cinere yang melintasi 76 hektare lahan di Kota Tangsel diperkirakan akan menghabiskan dana hingga Rp 674 miliar. Dana tersebut tertuang dalam anggaran belanja milik Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen-PU) untuk pembebasan tahun 2013 ini.
 
Kepala Bagian Pertanahan pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Tangsel Heru Agus Santoso mengatakan, pemerintah telah menetapkan nominal haraga meteran tanah yang akan dibebaskan untuk pembuatan Tol Cinere-Serpong dengan harga nyata yang termaktub dalam Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) daerah setempat.
 
“Setidaknya ada 998 rumah di sembilan kelurahan pada dua kecamatan yang akan terkena pembebasan lahan tol tersebut. Rata-rata nilai jual sesuai NJOP yang ada di wilayah terkena pembangunan tol antara Rp 230 ribu sampe Rp1 juta rupiah per meternya. Makanya disiapkan dana sekitar Rp 674 miliar oleh Kemen-PU,” katanya, Selasa (19/2).
 
Fakta tersebut, kata Heru, juga telah dipaparkan Kemen-PU pada rancana proyek nasional sepanjang 10,14 Km dengan lebar jalan mencapai 40-60 meter. Sedangkan Pemkot Tangsel, ditugaskan untuk menfasilitasi pembebasan lahan. “Data sementara itu sudah disampaikan ke Kem-PU dan BPN (Badan Pertanahan Nasional) Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Tinggal tunggu pembebasannya saja,” jelasnya.
 
Heru memaparkan, ada sejumlah tahapan yang harus dilalui dalam pelaksanaan jalan tol yang nantinya akan mempercepat akses menuju Bandara Soekarno-Hatta tersebut. Dimulai dengan identifikasi wilayah RT/RW yang bakal terkena pembebasan lahan, selanjutnya sosialisasi ke masing-masing wilayah, sampai pembebasan lahan dan pembangunan.
 
“Setelah identifikasi dan sosialisasi, barulah akan dilakukan tahap pengukuran lahan selama tiga sampai empat bulan. Paling tidak, mulai awal Maret mendatang sudah mulai dilakukan pengukuran,” ujarnya, seraya menyampaikan bahwa untuk perbandingan lahan sekitar Jalan Raya Siliwangi (Pamulang) harga tanahnya sudah mencapai Rp 800 ribu per meter.
 
Sebelumnya 998 warga di kawasan Ciputat dan Pamulang akan terkena pembebasan lahan Tol Serpong-Cinere. Dengan rincian, untuk Kecamatan Ciputat, akan melintasi kawasan Jombang sebanyak 63 warga, Sarua 273 warga, Sarua Indah 130 warga, Cipayung 39 warga dan kelurahan Ciputat, 20 warga. (KUN)
 
BANTEN
Boyamin Saiman Ajukan Praperadilan Bansos Banten

Boyamin Saiman Ajukan Praperadilan Bansos Banten

Kamis, 5 Januari 2017 | 22:00

TANGERANGNews.com-Boyamin Saiman, yang dikenal dengan pengacara mantan ketua KPK Antasari Azhar mendaftarkan gugatan Praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (5/1/2017). Dia mengatasnamakan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) meng

SPORT
Lebih Baik Olahraga di Pagi Hari Atau Sore?

Lebih Baik Olahraga di Pagi Hari Atau Sore?

Kamis, 12 Januari 2017 | 10:04

Sebenarnya, lebih efektif mana melakukan olahraga pagi atau olahraga sore?

KOTA TANGERANG
Brak! Demi Selamatkan Anak, Ibu Ini Terjatuh dari Lantai 3 Tangcity

Brak! Demi Selamatkan Anak, Ibu Ini Terjatuh dari Lantai 3 Tangcity

Senin, 16 Januari 2017 | 17:00

TANGERANGNews.com-Seorang ibu rumah tangga, terjatuh dari lantai tiga Tangerang City (Tangcity) Mall, Kota Tangerang, karena berusaha menyelamatkan anaknya yang bermain travelator. Beruntung nyawa korban masih dapat diselamatkan dan langsung dilarikan ke

PROPERTI
Pusat Perbelanjaan Q-Big Resmi Dibuka di BSD City

Pusat Perbelanjaan Q-Big Resmi Dibuka di BSD City

Jumat, 16 Desember 2016 | 15:00

TANGERANGNews.com-Pusat perbelanjaan Q-Big BSD City yang dibangun pengembang Sinar Mas Land, di Jalan BSD Raya Utama No.22, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang resmi dibuka, Jumat (16/12/2016).

"Kita tidak membutuhkan alasan untuk menolong orang lain"

Anonim