Connect With Us

Mau Tau Kekurangan iPhone SE? Tolong Disimak Gan

EYD | Selasa, 29 Maret 2016 | 09:43

iPhone SE (istimewa / tangerangnews)

TANGERANG – Dari segi spesifikasi, iPhone SE seperti sebuah iPhone 6S dengan layar yang lebih kecil. Namun, ponsel termurah yang pernah dibuat Apple ini tentu punya kekurangan. Apa saja?

1. Kamera Depan

Apple memang membenamkan kamera belakang yang sama dengan iPhone 6S di iPhone SE, yaitu kamera beresolusi 12 megapixel. Namun, kamera depan iPhone murah itu ternyata tergolong jadul.

Ya, kamera depan iPhone SE serupa dengan yang digunakan Apple di iPhone 5S, yaitu kamera dengan resolusi 1,2 megapixel, bukan kamera 5 megapixel seperti yang ada iPhone 6S.

Apple menutupinya dengan memberikan fitur yang mereka sebut dengan Retina Flash, yaitu 'menyalakan' layar untuk menerangi obyek. Layar iPhone SE akan berubah menjadi putih dan dengan tingkat kecerahan maksimal ketika fitur ini dinyalakan.

2. Touch ID

iPhone SE memang dilengkapi dengan sensor sidik jari, Apple menyebutnya sebagai Touch ID. Namun sensor sidik jari ini tak sama dengan sensor yang ada di iPhone 6S, karena Apple menggunakan Touch ID generasi satu, seperti yang ada di iPhone 5S.

Kekurangan dari sensor generasi satu ini adalah dalam hal kecepatan mengenali sidik jari. Bukan hal yang signifikan sebenarnya, hanya saja agak disayangkan mengingat iPhone SE punya 'otak' yang setara dengan iPhone 6S, namun performanya akan terasa agak lambat saat mengenali sidik jari.

3. 3D Touch

iPhone SE punya fitur Live Photos, seperti di iPhone 6S, yang sejatinya memanfaatkan 3D Touch untuk memutar animasi dari sejumlah foto yang diambil. Namun, tak ada fitur 3D Touch di iPhone SE.

Penggunanya memang bisa menekan dan menahan jarinya di layar untuk memainkan animasi dari Live Photos, namun sebenarnya itu bukan 3D Touch. Pengguna iPhone SE tak bisa menekan secara keras ikon aplikasi untuk membuka akses cepat ke sejumlah fitur, layaknya pada layar 3D Touch.

Padahal, fitur yang bisa mengenali tingkat kekerasan tekanan pada layar ini cukup menarik dan saat ini hanya tersedia di iPhone 6S dan 6S Plus.

4. Resolusi Layar Tak Sampai HD

Layar iPhone SE ternyata punya resolusi yang terbilang rendah jika dibanding dengan kakak-kakaknya. Hanya 1.136 x 640 pixel, bahkan tak mencapai batasan untuk disebut high definition (HD).

Namun berkat ukuran layarnya yang mungil -- 4 inch, kepadatan layarnya serupa dengan layar iPhone 6 dan 6S, yaitu 326 pixel per inch (ppi). Hanya iPhone 6 Plus dan 6S Plus yang punya kepadatan layar lebih tinggi, yaitu 401 ppi.

5. Storage 128 GB

Ponsel dengan storage internal yang besar tentu akan dijual dengan harga yang lebih mahal. Jika Apple memposisikan iPhone SE sebagai iPhone murah, wajar memang jika perusahaan asal Cupertino itu tak menyediakan opsi storage 128 GB, seperti yang ada di iPhone 6S.

Namun perlu diingat, Apple memberikan fitur perekaman video 4K di iPhone SE, yang tentunya akan memakan banyak tempat di storage. Ditambah lagi dengan ukuran aplikasi yang makin hari semakin 'gendut'.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill