Connect With Us

Tren Chatbot, BBM Siap Luncurkan Tahun Ini

FER | Kamis, 12 Januari 2017 | 11:00

| Dibaca : 799

Ilustrasi Aplikasi BBM (Istimewa / TangerangNews,com)


TANGERANGNews.com-Tren pemanfaatan chatbot untuk mendukung sejumlah layanan juga diantisipasi oleh BlackBerry Messenger (BBM). Menurut CEO BBM, Matthew Talbot, hal ini tak lepas dari perkembangan chatbot yang akan mencapai puncaknya pada 2017.

Ia percaya bahwa bot akan mendorong kemajuan besar di dunia teknologi pada tahun ini. Kondisi ini juga didukung oleh keberadaan aplikasi olah pesan yang membuat orang menghabiskan sebagian besar waktunya di ponsel mereka.

Di samping itu, sejumlah statisik juga menunjukkan hal serupa. Berbagai merek dan perusahaan kini mulai beralih dari aplikasi dan memilih memanfaatkan chatbot, mengingat aplikasi khusus menjadi tantangan tersendiri terutama di pasar negara berkembang.

Kondisi itu mendasari BBM memilih meluncurkan Application Program Interface (API) untuk chatbot. Kemampuan chatbot yang beragam juga menjadi alasan BBM siap menggulirkannya dalam waktu dekat. Pengguna dimungkinkan untuk memesan makanan, kendaraan, atau membeli kopi hanya dengan satu aplikasi.

"Bot tidak mengubah cara Anda melakukan hal-hal tersebut secara fundamental. Pada dasarnya, bot menggantikan sebuah panggilan telepon atau wujud jaringan sederhana," tutur Matthew.

Di samping itu, chatbot juga akan bertambah baik seiring waktu berjalan. Awalnya, tugas yang dapat dikerjakan relatif sederhana. Namun ketika didukung dengan machine learning, kemungkinannya untuk menjadi lebih baik lagi makin besar.

"Kami sedang berupaya menjadikan BBM pusat kehidupan digital Anda: sebagai pemberhentian pertama untuk chatting, gim, berita, hiburan, belanja, jalan-jalan, melakukan pembayaran, dan lebih banyak lagi," ujar Matthew melanjutkan.

Untuk itu, chabot dianggap sebagai bagian penting dari pembangunan ekosistem social commerce ini. Chatbot memiliki potensi untuk membuat banyak hal lebih mudah, langsung dari ponsel pengguna.

Nantinya, BBM akan mengintegrasikan chatbot ke tampilan antarmuka pesan dan pilihan menu. Rencananya, API chatbot tersebut akan diluncurkan pada awal tahun ini.

TANGSEL
Ditinggal Mudik, Dua Rumah di Pamulang Hangus Terbakar

Ditinggal Mudik, Dua Rumah di Pamulang Hangus Terbakar

Jumat, 22 Juni 2018 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Dua unit rumah yang terletak di Jalan Melati 8 Blok A9, Perumahan Komplek Taman Kedaung, Pamulang Tangsel, ludes terbakar, pada Jumat (22/6/2018) pukul 13.00 WIB.

HIBURAN
Melihat Profesi Joki Tong Setan, Biasa Patah Tulang Namun Penghasilan Tak Tentu

Melihat Profesi Joki Tong Setan, Biasa Patah Tulang Namun Penghasilan Tak Tentu

Minggu, 27 Mei 2018 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Roda gila atau tong setan, adalah sebuah atraksi yang cukup menguji adrenalin, tidak hanya adrenalin sang joki, namun juga penontonnya.

WISATA
Mengenal Seluk Beluk Kode Rahasia di Museum Sandi Yogyakarta

Mengenal Seluk Beluk Kode Rahasia di Museum Sandi Yogyakarta

Rabu, 21 Maret 2018 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Yogyakarta bukan cuma terkenal dengan budaya Jawa yang kental. Tapi ternyata, di kota ini terselip destinasi unik berupa

BANTEN
Samawi Akan Bentengi Jokowi dari Kampanye Hitam di Banten

Samawi Akan Bentengi Jokowi dari Kampanye Hitam di Banten

Minggu, 10 Juni 2018 | 00:38

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah warga yang menamakan dirinya Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) menyatakan akan menjadi kelompok yang

"Sekali anda mengerjakan sesuatu jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. orang orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia. "

Chanakya