Connect With Us

Pertama di Indonesia, BPPT Luncurkan Lab Uji Modul Panel Surya di Puspitek Serpong

Yudi Adiyatna | Rabu, 9 Januari 2019 | 15:18

| Dibaca : 523

Pengujian kualitas modul panel tenaga surya atau Photovoltaic (PV) di gedung B2TKE-BPPT, Kawasan Puspitek, Kota Tangsel, pada Rabu (9/1/2019). (@TangerangNews/2018 / Yudi Adiyatna)

 

TANGERANGNEWS.com-Melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE),  Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah resmi membuka pelayanan teknis untuk pengujian kualitas modul panel tenaga surya atau Photovoltaic (PV) di gedung B2TKE-BPPT, Kawasan Puspitek, Kota Tangsel, pada Rabu (9/1/2019).

Laboratorium Uji Kualitas Modul PV ini merujuk pada standard SNI IEC 61215:2016, yang merupakan hasil adopsi identik dari standar Internasional IEC 61215:2016. 

Pengujian kualitas modul panel tenaga surya atau Photovoltaic (PV) di gedung B2TKE-BPPT, Kawasan Puspitek, Kota Tangsel, pada Rabu (9/1/2019).

Kepala B2TKE-BPPT,  MM Sarinanto mengatakan bahwa Lab Uji Kualitas Modul PV ini adalah yang pertama di Indonesia. 

"Untuk menjamin kualitas PLTS yang terpasang di Indonesia, perlu dilakukan pengujian terhadap komponen sistem PLTS, utamanya adalah modul surya atau PV. Pengujian modul PV ini sudah merupakan kewajiban standar di pasar internasional," jelas Sarinanto. 

Ia menambahkan bahwa adanya Laboratorium ini juga diperuntukkan untuk mendukung Kebijakan Energi Nasional, yakni menargetka adanya peningkatan bauran Energi Terbarukan dari 5% pada 2015 menjadi 23% sampai tahun 2025. 

Pengujian kualitas modul panel tenaga surya atau Photovoltaic (PV) di gedung B2TKE-BPPT, Kawasan Puspitek, Kota Tangsel, pada Rabu (9/1/2019).

"Dengan adanya laboratorium pengujian modul PV BPPT ini, akan memberikan nilai tambah bukan hanya untuk BPPT tetapi juga akan berdampak secara nasional bagi seluruh pemangku kepentingan yang bergerak di bidang PLTS, terutama industri, khususnya produsen modul PV," jelasnya. 

Sarinanto juga menjelaskan bahwa Laboratorium ini menyediakan fasilitas yang terlengkap. Terlebih pemakaian teknologi panel surya ini kian marak di Indonesia. 

"Untuk itulah, Laboratorium ini dapat dijadikan rujukan nasional bagi industri modul surya, sehingga akan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas modul surya dalam negeri, serta mengefisienkan biaya produksi," jelas Sarinanto.(RAZ/HRU)

BANDARA
Mei 2019, Maskapai Murah Internasional Operasi di Terminal 2F Soetta

Mei 2019, Maskapai Murah Internasional Operasi di Terminal 2F Soetta

Kamis, 21 Maret 2019 | 17:42

TANGERANGNEWS.com-Terminal khusus maskapai berbiaya rendah atau Low-cost carrier terminal (LCCT) akan diberlakukan di Terminal 2F, Bandara

MANCANEGARA
Ini Dia Makanan Sultan, Steak Berlapis Emas Seharga Rp5,8 Juta

Ini Dia Makanan Sultan, Steak Berlapis Emas Seharga Rp5,8 Juta

Senin, 19 November 2018 | 14:43

TANGERANGNEWS.com-Makanan berlapis emas bukan sesuatu yang asing lagi saat ini. Kini banyak restoran yang menyediakan menu tersebut, seiring

TOKOH
Jurnalis Budi Euy Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa

Jurnalis Budi Euy Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa

Jumat, 2 November 2018 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Pendongeng Keliling Nusantara Budi Sabarudin akan kembali menjalankan program Sedekah Dongeng Keliling Nusantara. Kali ini mengusung tajuk Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota.

"Untuk bisa sukses, keinginan Anda untuk sukses harus lebih besar dari pada ketakutan Anda untuk gagal."

Bill Cosby