Connect With Us

Google Sampaikan Laporan Jenis Konten Hiburan yang Diinginkan Orang Indonesia

Tim TangerangNews.com | Kamis, 3 Maret 2022 | 14:52

Ilustrasi Google mengeluarkan laporan "Year in Search 2021" mengenai kondisi media dan hiburan di Indonesia berdasarkan data himpunan dari Google Trends. (@TangerangNews / meson-digital)

TANGERANGNEWS.com–Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini, orang Indonesia rupanya menginginkan konten yang segar dan modern sebagai konten hiburan yang ingin dikonsumsinya.

Fakta tersebut ditemukan dalam laporan yang dikeluarkan Google dalam "Year in Search 2021" mengenai kondisi media dan hiburan di Tanah Air berdasarkan data himpunan dari Google Trends.

Laporan itu menyebut orang Indonesia menginginkan konten yang modern dan segar. Hal tersebut bisa dilihat dari minat penelusuran YouTube untuk “series baru” meningkat 42 persen dan minat penelusuran untuk “konten viral” tumbuh dua kali lipat. 

“Ketertarikan terhadap konten yang baru juga ditemukan pada pilihan lagu, di mana terdapat peningkatan pada minat penelusuran terkait ‘tangga lagu Indonesia’ meningkat 100 persen dan ‘lagu indie’ meningkat 85 persen," ungkap laporan tersebut dikutip, Kamis 3 Maret 2022, seperti dilansir dari Antara.

Selain itu, hiburan lainnya yang tak kalah menarik perhatian masyarakat Indonesia di ruang virtual adalah kehadiran hiburan dari Negeri Ginseng yaitu K-pop.

Minat penelusuran untuk kata kunci ”k-pop” rupanya masih terus bertumbuh dan terlihat pertumbuhan dua kali lipat pada 2021, pencarian kata “lagu k-pop baru” pun tampak tumbuh sebesar 71 persen.

Laporan tersebut juga ingin menunjukkan bahwa konten yang dulu hanya ada di platform tradisional, sekarang pindah ke digital dan begitu pula dengan konsumen turut beralih ke digital.

Hal itu terlihat dari banyaknya penelusuran bentuk hiburan di ruang digital seperti "konser digital" ditelusuri dan mengalami peningkatan pencarian hingga 133 kali, lalu untuk kata kunci "acara virtual" terlihat bertumbuh paling banyak hingga 257 persen.

Selain hiburan dalam bentuk konten audio- visual, ternyata masyarakat Indonesia kini semakin menyukai konten tentang gim.

Terlihat dari penelusuran konten di YouTube untuk kata kunci "mabar online" meningkat hingga 70 persen, penelusuran untuk "kode redeem" juga bertumbuh hingga 280 persen, termasuk konten "kompetisi e-sport" kian diburu terlihat dari pertumbuhannya yang mencapai dua kali lipat.

Gim strategi serta Role Play Game (RPG) multiplayer menjadi primadona untuk konten- konten gim yang dicari.

Berkaca dari temuan- temuan itu, ada tiga hal yang bisa dilakukan para pembuat konten ataupun para pengiklan untuk sepanjang 2022 agar bisa membuat kontennya masuk dalam daftar pencarian.

Pertama, sebisa mungkin asosiasikan brand dengan konten hiburan dan bangun kehadiran brand di seluruh platform jejaring sosial. Kedu, tingkatkan loyalitas terhadap brand melalui cara-cara kreatif untuk mempertahankan engagement di platform Anda.

Terakhir, jangan lupa untuk terus mengikuti tren konten agar tetap relevan. Pelajari bagaimana data dapat diolah menjadi cerita dengan Google Trends.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill