Connect With Us

Facebook Bakal Mirip TikTok Gaet Remaja, Ini Fiturnya

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 24 Agustus 2022 | 20:20

Ilustrasi Facebook. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Facebook bakal menampilkan fitur menarik sebagai upaya menggaet pengguna terutama kalangan remaja. Fitur yang dihadirkan mirip dengan yang digunakan TikTok.

Seperti diketahui, Facebook pada medio 2000-an dianggap keren karena menjadi pintu awal masuknya banyak khalayak ke media sosial, terutama remaja.

Kini Facebook, yang sudah mengakuisisi Instagram pada 2012, malah ditinggal remaja. Sebabnya adalah keberadaan TikTok yang menawarkan sesuatu tidak dimiliki Facebook.

Facebook pun bakal menambahkan fitur News Feed yang sebelumnya berisi tentang teman dan keluarga, menjadi menunjukkan konten hiburan dari orang-orang berdasarkan algoritma dan rekomendasi Artificial Intelligence (AI).

Cara itu menyerupai umpan For Yor Page (FYP) besutan TikTok. Dorongan 'Discovery Engine' baru ini adalah siasat menjadi lebih seperti TikTok, untuk menggaet perhatian generasi muda ke Facebook.

Instagram dan Facebook akan menampilkan lebih banyak posting dari akun yang tidak diikuti pengguna.

Hal itu sesuai dengan arahan CEO Meta Mark Zuckerberg yang ingin menampilkan "lebih dari dua kali lipat" jumlah konten "yang direkomendasikan" di News Feed pengguna pada tahun depan.

Selama panggilan pendapatan kuartal kedua Meta pada hari Rabu, Zuckerberg mengungkap saat ini sekitar 15 persen konten yang ditampilkan kepada pengguna Facebook di feed mereka direkomendasikan oleh algoritmanya.

"Umpan sosial berubah dari didorong terutama oleh orang dan akun yang Anda ikuti menjadi semakin didorong oleh AI yang merekomendasikan konten yang menurut Anda menarik dari Facebook dan Instagram, bahkan jika Anda tidak mengikuti pembuatnya," kata Zuckerberg dikutip dari CNN Indonesia, Rabu, 24 Agustus 2022. 

Namun Zuckerberg mengeklaim jumlah ini akan meningkat menjadi lebih dari 30 persen pada akhir 2023.

"Ketika AI kami menemukan konten tambahan yang menurut orang menarik, yang meningkatkan keterlibatan dan kualitas umpan kami," lanjutnya.

BISNIS
Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Selasa, 23 April 2024 | 13:07

Hasil seleksi administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 sudah dapat dicek mulai Selasa, 23 April 2024.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

KAB. TANGERANG
Pasca Kebocoran Pipa WTP Sampora Tangerang, Warga BSD Masih Kesulitan Air Bersih

Pasca Kebocoran Pipa WTP Sampora Tangerang, Warga BSD Masih Kesulitan Air Bersih

Selasa, 23 April 2024 | 22:00

Warga di kawasan pemukiman Bumi Serpong Damai (BSD) City masih kesulitan air bersih akibat dampak dari kebocoran pipa pada Water Treatment Plan (WTP) Sampora di Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang.

NASIONAL
Target Capai NZE 2060, Periklindo dan PLN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Target Capai NZE 2060, Periklindo dan PLN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Selasa, 23 April 2024 | 18:43

PT PLN (Persero) sepenuhnya mendukung Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 untuk memperkuat kolaborasi dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill