Connect With Us

11 September Hari Radio Nasional, Begini Sejarahnya

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 11 September 2022 | 18:25

Kantor Radio Republik Indonesia (RRI) di Kota Bandung. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Saat ini telah berkembang begitu banyak media akibat perkembangan zaman semakin pesat. Meski begitu jangan lupa terhadap media konvensional terdahulu yang bahkan berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia, salah satunya radio.

Hari ini, tanggal 11 September 2022 diperingati sebagai Hari Radio Nasional sesuai dengan berdirinya radio pertama di Indonesia, Radio Republik Indonesia (RRI).

RRI telah menjadi saksi sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. RRI tidak hanya mempelopori radio siaran sebagai alat penyebaran informasi dan semangat perjuangan, tapi juga menjadi alat propaganda serta pergerakan bangsa dalam melawan penjajahan, seperti dilansir dari Merdeka, Minggu 11 September 2022.

RRI berdiri secara resmi pada 11 September 1945, pemicu utama berdirinya RRI akibat siaran radio Hoso Kyoku dihentikan pada 19 Agustus 1945, menurut laman resmi Komisi Penyiaran Indonesia.

Saat itu, masyarakat Indonesia baru saja merdeka dari penjajahan, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Kemudian kabar yang beredar dari radio-radio luar negeri mengatakan Belanda akan kembali melanjutkan kekuasaannya di Indonesia. Tidak tinggal diam, para praktisi radio menyadari betapa pentingnya peran radio pada kala itu sebagai media informasi.

Menindaklanjuti hal tersebut, lalu diadakannya pertemuan bersama pemerintah pada 11 September 1945, tepatnya pukul 17.00 di bekas gedung Raad Van Indje Pejambon, Jakarta.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh delapan orang bekas radio Hosu Kyoko yakni Abdulrahman Saleh, Adang Kadarusman, Soehardi, Soetarji Hardjolukita, Soemarmadi, Sudomomarto, Harto dan Maladi.

Dalam pertemuan tersebut para praktisi radio yang diwakili Abdulrahman Saleh menjelaskan betapa pentingnya peran radio terutama saat itu tentara sekutu akan segera mendarat di Jakarta akhir September 1945. Radio dapat menjadi alat komunikasi antara pemerintah dengan rakyat.

Dari hasil pertemuan, terbentuklah Persatuan Radio Republik Indonesia sebagai penerus penyiaran dari delapan stasiun di Jawa, RRI menjadi alat komunikasi dengan rakyat dan pemerintah RI, serta semua hubungan antara pemerintah dan RRI dapat disalurkan melalui Abdulrachman Saleh.

Meski sempat berbeda pendapat, simpulan tersebut disanggupi Pemerintah RI. Setelah itu, pukul 24.00 WIB delapan stasiun radio di Jawa tersebut kembali mengadakan rapat, dari hasil rapat akhirnya didirikannya RRI dan Abdulrachman Saleh sebagai pemimpinnya.

Berikut beberapa link Twibbon yang bisa diakses untuk turut serta memeriahkan hari lahirnya Radio Republik Indonesia dan hari Radio Nasional:

1. https://www.twibbonize.com/rri-77

2. https://www.twibbonize.com/hariradonasional

3. https://www.twibbonize.com/rribjmhariradio77

4. https://twibbon.link/en/Hari-Radio-RI.s!=8085

5. https://twibbon.link/en/Hari-Radio-RI.s!=8083

6. https://twibbon.link/en/Hari-Radio-RI.s!=8081

7. https://twibbon.link/en/Hari-Radio-Nasional.s!=8080

8. https://twibbon.link/en/Hari-Radio-RI.s!=8079

9. https://twibbon.link/en/Hari-Radio-Nasional.s!=8078

10. https://twibbon.link/en/Hari-Radio-RI.s!=8077

Twibbon tersebut sebagai bentuk rasa terima kasih dan mengingatkan kepada generasi muda betapan pentingnya peran radio dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

KOTA TANGERANG
Polsek Karawaci Beri Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Polsek Karawaci Beri Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:47

Polsek Karawaci, Polres Metro Tangerang Kota, menggelar acara buka puasa bersama dan santunan anak yatim-piatu, dalam upaya mempererat hubungan antara Kepolisian dengan masyarakat setempat.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

BANDARA
WN Portugal Kepergok Selundupkan 2.500 Gram Kokain Cair Dalam Botol Sampo di Bandara Soetta

WN Portugal Kepergok Selundupkan 2.500 Gram Kokain Cair Dalam Botol Sampo di Bandara Soetta

Senin, 25 Maret 2024 | 22:30

Penumpang pesawat asal Portugal ditangkap aparat Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang karena kedapatan membawa kokain cair seberat 2.500 gram di dalam botol sampo dan sabun.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill