Connect With Us

Mengenal Sertifikat SSL yang Penting Bagi Situs

Redaksi | Sabtu, 15 Oktober 2022 | 09:16

Mengenal sertifikat SSL yang penting bagi situs. (SSL / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Saat ini istilah sertifikat SSL semakin terdengar terutama di kalangan pemilik situs. Kendati demikian masih banyak orang yang belum memahami tentang SSL tersebut. SSL merupakan singkatan dari Secure Sockets Layer yaitu sebuah teknologi untuk menciptakan koneksi antara website dan browser dengan lebih aman. Dimana penggunaan SSL hampir di semua transaksi pada internet.

Jika dilihat dari pengertiannya, sekilas bisa Anda pahami bahwa SSL ternyata begitu penting untuk suatu situs. Karena itulah sangat disayangkan jika Anda adalah seorang pemilik situs tetapi mengabaikan keberadaan SSL tersebut. Namun sebenarnya seberapa penting SSL untuk website? Anda bisa memahami selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Sertifikat SSL

SSL certificate adalah sebuah file data yang programnya bekerja secara digital. Dengan SSL, sebuah website otomatis dapat terenkripsi sehingga data milik Anda tidak akan terbaca oleh hacker yang sedang mencoba meretas situs tersebut. 

Ketika suatu website memakai SSL, otomatis gambol dan protokol HTTPS menjadi aktif. Dengan demikian akan tercipta koneksi yang aman antara website dan browser. Dengan kata lain, pengertian sertifikat SSL yaitu protokol keamanan yang berfungsi untuk mengamankan data milik pribadi, transaksi dengan kartu kredit, transfer data ataupun login, sampai data-data sensitive lainnya.

Misalnya saja, apakah Anda pernah mengakses situs dengan keterangan HTTPS sebelum nama domain website tersebut? Nah, seperti itu contoh sederhana sebuah website yang sudah mempunyai protocol SSL. 

Cara Memilih SSL

Jika melihat dari manfaat yang bisa Anda dapatkan dari sertifikat SSL, kini saatnya mengetahui dan menerapkan bagaimana cara untuk memilih SSL yang tepat. Dengan demikian SSL tersebut akan berguna semaksimal mungkin untuk mengamankan website Anda.

1. SSL untuk Website Baru dan Berkembang

Bagi Anda yang ingin memakai SSL untuk keamanan website dengan harga terjangkau, maka bisa mencoba SSL gratis. Dimana SSL gratis tersebut berasal dari Cloudflare yang masih mempunyai fitur-fitur tersendiri.

Karena SSL yang digunakan gratis, maka Anda tak dapat memakai fitur-fitur premium. Anda dapat mulai upgrade ke layanan SSL berbayar misalnya SV SSL sesudah website tersebut mulai berkembang.

2. SSL untuk Perusahaan atau Organisasi

Jika Anda adalah seorang pemilik usaha, ada baiknya Anda memilih sertifikat SSL berupa OV SSL alias Organization Validated SSL. Ini lantaran Anda sudah mempunyai data yang dibutuhkan untuk memvalidasi OV SSL, diantaranya yaitu nama perusahaan, legalitas lokasi yang jelas serta informasi penting lainnya.

3. SSL untuk Toko Online atau E-commerce

Bagi Anda yang akan mengembangkan e-commerce serta memerlukan tingkat keamanan tinggi lantaran mencakup data transaksi para pembeli, maka sebaiknya menggunakan EV SSL atau Extended Validation SSL. Dengan memakai SSL jenis tersebut, Anda bisa mendapat tingkat keamanan tertinggi dan data transaksi menjadi tetap aman.

Dimana Bisa Membeli SSL?

Sertifikat SSL harus dikeluarkan dari pihak Otoritas Sertifikasi yang resmi. Kabar baiknya  Anda bisa mendapatkan SSL di tempat beli email hosting yang terpercaya. Selain itu Anda bisa saja mendapatkan website yang telah bersertifikat SSL jika membelinya di penyedia jasa terbaik dan sudah pasti aman. Sebab itu harap pastikan tempat membelinya sudah resmi dan berpengalaman.

Demikian pembahasan tentang sertifikat SSL dan bagaimana tips memilihnya sesuai website yang ada. Sesudah membaca informasi di atas, kini Anda pun sudah tahu paket SSL mana yang akan dipilih. Dengan demikian website milik Anda bisa lebih aman dan terpercaya bagi para visitor.

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill