Connect With Us

Apa Sih Manfaat Set Top Box TV Digital? Simak Ulasan Berikut

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 18 Oktober 2022 | 14:23

Ilustrasi televisi digital. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan banyak masyarakat mulai beralih ke siaran televisi digital.

Untuk mendapatkan siaran televisi digital, Anda bisa menggunakan set top box. Lalu, apa itu set top box dan apa saja manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini:

 

Pengertian Set Top Box dan Fungsinya

Set top box merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengkonversi sinyal menjadi gambar dan suara, supaya bisa ditampilkan pada televisi analog. Ada juga yang dinamakan set top box android, STB android digunakan untuk mengubah televisi menjadi smart tv.

Penggunaan set top box untuk televisi digital adalah gratis, tidak ada biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Anda juga tidak memerlukan internet, sebab sudah terhubung dengan stasiun televisi free to air. Kemudian, terdapat fitur Early Warning System.

Saat ini, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah mengimbau masyarakat untuk menggunakan set top box televisi digital.

 

Manfaat Set Top Box TV Digital

Set top box memiliki fungsi utama yaitu membuat gambar dan suara dalam tayangan menjadi lebih jelas. Selain itu, memiliki kualitas yang HD seperti televisi digital, dibanding dengan menonton siaran televisi analog.

Anda yang sudah menggunakan televisi analog, tidak perlu mengganti televisi Anda, karena Anda bisa menggunakan set top box. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan set top box.

 

1. Tidak Perlu Mengganti Televisi

Manfaat dari penggunaan set top box ini adalah untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang bisa ditampilkan di televisi analog.

Apabila Anda sudah memiliki televisi digital dengan perangkat penerima DVB­T2, bisa langsung melakukan pemindaian siaran digital televisi Anda.

Anda tidak perlu repot-­repot mengeluarkan uang untuk membeli televisi digital baru. Dengan menggunakan set top box, Anda bisa mengubah televisi analog Anda menjadi televisi digital. Caranya pun cukup mudah dan bisa Anda lihat tutorialnya di internet.

 

2. Tidak Dipungut Biaya

Manfaat dari penggunaan set top box televisi digital ialah tidak dipungut biaya. Anda tidak perlu membayar biaya iuran setiap bulannya seperti kebanyakan televisi digital lain. Anda hanya perlu membeli set top box sekali saja dan tidak perlu membayar biaya apapun lagi.

Penggunaan set top box ini tentu jauh lebih hemat dibanding dengan membeli televisi baru. Bahkan, Anda bisa mendapatkan antena tv digital murah ini di Shopee dengan mudah.

 

3. Kualitas Lebih Bagus

Penggunaan set top box sebagai antena televisi digital juga membuat kualitas siaran televisi menjadi lebih bagus. Anda tidak akan menemukan gambar yang buram, bergaris­-garis, atau bahkan tidak jelas. Set top box menjadikan kualitas tampilan siaran televisi lebih HD, tajam, dan jelas.

Hal ini tentunya bisa lebih menghemat pengeluaran Anda untuk membeli antena televisi biasa pada umumnya. Selain itu, Anda bisa lebih hemat ruang karena tidak perlu menggunakan antena lagi.

 

4. Siaran Televisi Lebih Banyak

Jika pada umumnya Anda hanya menemukan beberapa siaran tv saja, dengan menggunakan set top box, Anda bisa memperoleh lebih banyak siaran tv lokal. Banyaknya siaran televisi ini tentu gratis, dan bisa ditonton setiap hari.

Adanya siaran televisi yang lebih banyak juga membuat Anda tidak cepat bosan saat menonton televisi. Hal ini karena Anda bisa memindahkannya ke siaran televisi lainnya yang diinginkan.

 

Dapatkan Set Top Box Murah di Shopee

Setelah Anda mengetahui manfaat penggunaan set top box tv digital, kini saatnya Anda menggunakannya. Anda bisa mendapatkan set top box dengan harga yang murah dan kualitas yang bagus di Shopee.

Di Shopee, Anda bisa menemukan set top box di berbagai toko yang menjualnya. Harganya bervariasi dan tersedia dari berbagai jenis merek. Anda hanya perlu memilih yang paling sesuai dengan keinginan Anda.

Belanja set top box di Shopee juga tentu lebih mudah karena dilakukan secara online. Anda bahkan bisa membayar dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia dan paling sesuai menurut Anda.

Itu dia pengertian mengenai set top box dan manfaatnya untuk Anda. Mulai beralih ke siaran televisi digital dengan menggunakan set top box, karena dinilai memberikan lebih banyak manfaat dan keuntungan untuk Anda dan keluarga yang sering menonton televisi.

Langsung saja unduh aplikasi Shopee, membuat akun, dan membeli set top box dengan harga yang murah.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill