Connect With Us

Bukan Virus, Ini Sebabnya HP Ngehang Gegara Buka Video Viral yang Menyebar Lewat WhatsApp 

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 9 Maret 2023 | 16:02

Tangkapan layar video diduga mengandung virus yang menyebabkan hang pada handphone (HP) (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Baru-baru ini publik sempat digegerkan dengan menyebarnya sebuah video yang diduga mengandung virtex menyebar melalui pesan WhatsApp.

Video berdurasi 8 detik tersebut dapat membuat handphone (HP) yang membukanya menjadi tidak dapat beroperasi atau ngehang, sehingga diduga hal ini disebabkan oleh virus komputer.

Namun, melansir dari akun Twitter @SoundOfYogi, mengungkapkan bahwa video tersebut bukanlah virus melainkan frame overflow.

Cara kerjanya ialah menaikkan resolusi di tengah-tengah video yang membuat frame naik berkali-kali lipat, sehingga tidak mampu dibaca oleh codec dari perangkat HP yang tidak mendukung pemutaran video dengan resolusi tinggi.

Meski begitu, akun tersebut mengingatkan agar tidak membuka video tersebut. Sebab, jika terlanjur dibuka akan menyebabkan HP restart.

"Langsung apus aja message videonya, jangan diputer. Kalo udah terlanjur muter biasanya akan memaksa PC/Hp lo restart. Sebenernya bukan virus, cuma ngeselin aja," tulisnya seperti dikutip, Kamis 9 Maret 2023.

Sementara itu, salah satu pengguna Facebook dengan akun Firman Fathoni menyebut bahwa video tersebut murni karena height overflow dan tidak ada sangkut pautnya dengan virus.

Hasil tersebut ia dapatkan usai melakukan analisis menggunakan perangkat Samsung J2 Prime, pada bagian full Log aplikasinya terlihat keterangan height overflow.

"Ini ada height overflow di videonya, gampangnya sih dimensi videonya salah. Kemungkinan ada bug atau render issue di beberapa hardware accelerated device, soalnya enggak semua HP android kena," tulis Firman dalam laman akunnya.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persis Solo vs Persita, Laga Hidup Mati Pendekar Cisadane

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persis Solo vs Persita, Laga Hidup Mati Pendekar Cisadane

Kamis, 25 April 2024 | 13:38

Pekan ke-33 lanjutan BRI Liga 1 musim 2023/2024, Persis Solo akan menjamu Persita Tangerang di Stadion Mahana, Solo pada Jumat, 26 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill