Connect With Us

Try Sutrisno: Sikapi Secara Proporsional Masalah Indonesia-Malaysia

| Kamis, 10 September 2009 | 01:24

TANGERANGNEWS- Memanasnya hubungan Indonesia-Malaysia dalam dua bulan terakhir ini semakin mengkhawatirkan. Masyarakat di kedua negara harus menyikapi masalah yang muncul secara proporsional, jangan terbawa emosional. Hal itu dikatakan Ketua tim Eminent Person Group (EPG) dari Indonesia, Try Sutrisno usai bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak di kantor Perdana Menteri di Putra Jaya, Rabu (9/99). Selain bertemu dengan Najib, Try juga melakukan pertemuan dengan Ketua tim EPG dari Malaysia, Tun Musa Hitam. "Sebaiknya ditanggapi secara proporsional dan bukan malah sebaliknya ditanggapi dengan emosional, karena jika emosi dikhawatirkan malah akan semakin memperkeruh suasana," imbau Try. Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut, baik Try Sutrisno maupun Najib kembali mempertegas komitmen masing-masing negara untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan baik. Mengenai aksi demonstrasi yang dilakukan sekelompok masyarakat di Indonesia, Try menjelaskan bahwa aksi itu adalah bagian dari bentuk demokrasi yang sedang berkembang di Indonesia. "Kita tidak pernah melarang orang untuk berdemo, selama itu dilakukan dengan jalan yang baik. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan bermartabat, bukan bangsa yang biasa menyelesaikan masalah dengan kekerasan," ujarnya. Ketika ditanya mengenai maksud kedatangan ke Malaysia sebagai wujud permintaan maaf Indonesia karena telah merusak simbol negara Malaysia dalam beberapa kali aksi anti Malaysia, Try Sutrisno mengelak. "Proporsional-lah, saya tidak meminta maaf karena yang melakukan aksi demo itu hanya segelintir oknum saja, bukan menggambarkan keinginan mayoritas warga Indonesia," tegas Try. Setelah pertemuan dengan Najib, Try lalu mengadakan pembicaraan dengan Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia, Rais Yatim. Dari pembicaraan tersebut dicapai kesepakatan untuk meningkatkan hubungan harmonis Indonesia-Malaysia, di antaranya dengan mengadakan kegiatan bersama bagi kalangan jurnalis dari kedua negara. (dtk)
TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill