Connect With Us

Dahlah Iskan Dirut PLN?

| Sabtu, 21 November 2009 | 10:20

dahlaniskan.wordpress.com (dahlaniskan.wordpress.com / dahlaniskan.wordpress.com)

 

  Aneka persoalan yang terus melilit PLN belakangan ini, membawa konsekuensi tinggi bagi pejabatnya. Direktur Utama (Dirut) PT PLN (persero) Fahmi Mochtar tampaknya akan mengundurkan diri dalam waktu tak lama lagi.

Isyarat akan pengunduran diri Fahmi Mochtar ini terkait dengan pernyataannya kepada para wartawan belum lama ini. Kala itu Fahmi menyatakan siap mundur kalau memang sudah tak mendapat amanah sebagai Dirut PT PLN. “Mungkin bulan depan kalian tak bertemu saya lagi di gedung ini,” ucap Fahmi sambil tersenyum dan berlalu meninggalkan wartawan.

Bila memang betul Fahmi akan mengundurkan diri, lantas siapa penggantinya? Dahlan Iskan, disebut-sebut sebagai orang yang akan menggantikan Fahmi Mochtar. Bahkan beredar kabar, Presiden Direktur (CEO) Jawa Pos Grup ini tinggal selangkah lagi memimpin salah satu BUMN besar di negeri ini, PLN.

Sumber di Jawa Pos kepada Berita Kota di Jakarta, Jumat (20/11) membenarkan kabar bakal melenggangnya bos mereka sebagai orang nomor satu di PLN. Bahkan dia sudah mengetahui kabar tersebut sejak dua minggu lalu. Dikatakan, petinggi di Grup Jawa Pos itu, kemungkinan akan dilantik pada awal Desember mendatang. “Ya, betul. Saya sudah dengar kabar itu dua minggu lalu,” ujarnya.

Menurut orang dekat Dahlan ini, orang nomor satu di Grup Jawa Pos itu memang layak untuk memimpin sebuah BUMN sebesar PLN yang memiliki masalah sangat komplek. Pengalamannya dalam membesarkan perusahaan, bisa menjadi acuan. Selain itu, Dahlan juga bukan orang baru di dunia perlistrikan nasional, karena dirinya punya perusahaan listrik dengan daya besar di Kalimanatan yang bila sudah beroperasi bisa membuat pulau Kalimantan dan sekitarnya tetap terang benderang.

“Dia orang yang paham manajemen dan seluk-beluk perlistrikan. Buktinya, perusahaan listrik besar bisa dia bangun di Kalimantan. Saya kira hal itu bisa menjadi acuan tentang kapasitasnya untuk memimpin PLN,” pungkasnya.

Meski rumor itu sudah mengemuka, toh Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh mengaku sampai saat ini dirinya belum dimintai pendapat soal pergantian Dirut PLN tersebut. Menurut Darwin, keputusan pergantian Dirut PLN ada di tangan Kementerian Negara (Kemneg) BUMN. Sementara Menteri ESDM hanya bertugas mengurusi kebijakan sektoral dan dirinya belum tahu soal itu. “Itu Board Of Directors (BOD)-nya di Menneg BUMN, saya paling nanti dimintai pendapat.

Namun hingga saat ini, saya belum dimintai pendapat soal itu,” tegas Darwin usai shalat Jumat di Gedung Departemen ESDM, seperti dikutip detikFinance, Jumat (20/11).

Terkait krisis listrik yang kabarnya menjadi dasar pergantian Fahmi Mochtar, Darwin kembali menegaskan, masalah listrik adalah masalah semua pihak. “Memang banyak target yang harus kita kejar, masyarakat memang banyak yang mengeluh. Kita sadar ini bukan permasalahan Pak Fahmi, tapi permasalahan kita semua,” ujar Darwin.

Hal sama diungkap Dahlan, dia mengaku dirinya tak tahu menahu tentang rencana itu. Dahlan mengaku tahu kabar dirinya menjadi Dirut dari berita di koran. “Saya belum tahu, saya hanya baca di koran-koran saja. Jadi saya belum bisa berkomentar,” ujarnya kepada detikFinance

Sementara hasil pengerjaan terakhir terhadap perbaikan Gitet Cawang, baru mencapai 83%. Menurut Manajer Distribusi PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjayata) Widodo Budi Nugroho, dipastikan pengerjaan sisa 17% akan selesai dalam 10 hari hingga dua minggu ke depan. “Jadi, dua minggu lagi, mudah-mudahan tak ada lagi pemadaman bergilir.”

Tapi yang pasti, dua hari belakangan ini, tak ada pemadaman bergilir. Hal ini dapat terwujud, karena adanya rasa kebersamaan dari sejumlah industri besar yang berlokasi di Jakarta Timur dan Jakarta Utara. “Mereka secara sukarela, menggunakan genset perusahaan sehingga beban PLN berkurang yang berdampak positif, tak ada pemadaman bergilir dua hari belakangan ini,” tegasnya (Bk)

BISNIS
Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Selasa, 23 April 2024 | 13:07

Hasil seleksi administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 sudah dapat dicek mulai Selasa, 23 April 2024.

SPORT
Cetak Atlet Kelas Dunia, PLN Gelar Kejuaraan Voli

Cetak Atlet Kelas Dunia, PLN Gelar Kejuaraan Voli

Selasa, 23 April 2024 | 14:52

PT PLN (Persero) menggelar ajang PLN Mobile Proliga 2024, yakni turnamen voli profesional yang diharapkan akan mencetak atlet-atlet voli Indonesia berkelas dunia.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill