Connect With Us

Jadi Google Doodle, Ini Kiprah Rasuna Said yang Bukan Sekadar Nama Jalan di Tangerang

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 14 September 2022 | 13:08

| Dibaca : 258

Rasuna Said menjadi Google Doodle, Rabu, 14 September 2022. (Tangkapan layar Google / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Hajjah Rangkayo (HR) Rasuna Said tampil menjadi Google Doodle hari ini, Rabu, 14 September 2022, untuk memperingati ulang tahunnya.

Pada era saat ini, tak banyak masyarakat yang mengetahui sosok Rasuna Said. Padahal, kiprahnya sangat dihormati di Indonesia.

Ada yang menganggap Rasuna Said ini berjenis kelamin laki-laki, padahal wanita. 

Nama Rasuda Said ini juga tak hanya sekadar nama jalan di kawasan Cipete, Kota Tangerang.

 

Rasuna Said merupakan pahlawan nasional Indonesia yang lahir di Maninjau, Agam, Sumatra Barat pada 14 September 1910, dan meninggal di Jakarta, 2 November 1965 pada usia 55 tahun.

Melalui keterangan resminya, Google menyampaikan bahwa sosok Rasuna Said dianggap sebagai tokoh yang berpengaruh terhadap isu-isu sosial khususnya terkait hak-hak perempuan. Hal itu karena Rasuna Said merupakan seorang guru dan jurnalis.

Wanita yang dikenal dengan sebutan 'Singa Betina' ini telah banyak berkiprah untuk kemerdekaan Indonesia.

Rasuna Said diangkat menjadi pahlawan nasional pada 1974 menjadikannya sebagai wanita kesembilan yang menerima gelar kehormatan tersebut. 

Tentunya, penghormatan tersebut didapatkannya melalui jasa-jasanya ketika berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

Rasuna kecil tumbuh menjadi pribadi dengan pemikiran kritis, ulet, dan memiliki kecerdasan sebagai siswa, dirinya menjadi inspirasi bagi gadis-gadis muda. Sebab, di usianya saat itu telah berhasil menjadi asisten guru.

Lantaran jejak baiknya itu, Rasuna sempat diundang bergabung oleh Sarikat Raya ata Gerakan Rakyat pada 1926, lalu pada 1930 pun turut diundang oleh Gerakan Islam. 

Atas dasar itu kemudian membawa Rasuna Said untuk menyelenggarakan Persatuan Muslim Indonesia (PERMI) sebagai gerakan yang kritis terhadap perlakuan tidak adil terhadap perempuan oleh colonial Belanda. 

Untuk semakin melancarkan visinya, Rasuna Said pindah ke Padang Sumater Barat pada 1931 dan membentuk divisi perempuan di PERMI, divisi ini fokus pada tujuan untuk membuka sekolah sastra bagi perempuan di seluruh Sumater Barat.

Dalam perjuangannya, Rasuna Said sempat ditangkap oleh Belanda lantaran secara terang-terangan berpidato menentang belanda pada 1932 di Payakumbuh. Dari pidato pembelaannya tersebut menginspirasi dan diberikan tanpa keraguan.

Setelah di penjara selama tiga tahun, Rasuna Said dibebaskan pad 1934 saat itu usianya telah menginjak 24 tahun. Lalu Rasuna Said memulai karir sebagai seorang jurnalis dan dirinya pun dipercaya menulis untuk jurnal perguruan tinggi bernama Raya.

Beberapa tahun kemudian sekolah yang dibuka oleh Rasuna Said kian bertambah, semakin banyak sekolah yang menampung anak perempuan dan berbicara mewakili nama kelompok perempuan Muslim sudah tidak terhitung jumlahnya.

Rasuna Said terus bekerja tanpa lelah demi menanamkan nasionalisme dan anti-kolonialisme hingga pada 1945 Indonesia memperoleh kemerdekaannya.

Atas kiprah perjuangannya tersebut sudah sewajarnya Rasuna Said memiliki nama besar di Indonesia, sosoknya merupakan tokoh penting khususnya bagi para perempuan Indonesia. 

Jadi, sudah sewajaranya Google pun turut mengabadikan sosoknya sebagai Doodle hari ini tepat pada kelahirannya.

HIBURAN
Heboh PN Tangerang Sahkan Pernikahan Beda Agama, Begini Syaratnya

Heboh PN Tangerang Sahkan Pernikahan Beda Agama, Begini Syaratnya

Selasa, 29 November 2022 | 18:27

TANGERANGNEWS.com-Pengadilan Negeri (PN) Tangerang baru-baru ini membuat heboh, lantaran telah mengesahkan pernikahan beda agama antara pasangan suami istri yakni, AD dan CM.

NASIONAL
Simak Syarat dan Cara Daftar Rekrutmen BUMN Batch 2

Simak Syarat dan Cara Daftar Rekrutmen BUMN Batch 2

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:34

TANGERANGNEWS.com-Rekrutmen Bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk batch kedua telah resmi dibuka, dengan periode pendaftaran mulai 1-7 Desember 2022.

OPINI
Permasalahan Sampah di Tangerang Menjadi Tugas Bersama

Permasalahan Sampah di Tangerang Menjadi Tugas Bersama

Rabu, 30 November 2022 | 17:27

Tangerang Raya yang dihuni sekitar 2 juta penduduk dan terkenal akan industri ini, selalu berbenah diri. Mulai dari perbaikan infrastruktur, penanganan bencana dan kenyamanan lingkungan

SPORT
Pesepakbola Denmark di Piala Dunia 2022 Punya Penyakit Jantung, Dokter Tangerang: Atlet Harus Waspada

Pesepakbola Denmark di Piala Dunia 2022 Punya Penyakit Jantung, Dokter Tangerang: Atlet Harus Waspada

Sabtu, 3 Desember 2022 | 14:18

TANGERANGNEWS.com-Christian Eriksen, pesepakbola yang membela Denmark di Piala Dunia 2022 Qatar disebut memiliki riwayat penyakit jantung, meski dirinya merupakan seorang atlet dengan gaya hidup yang baik.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill