Connect With Us

Wisata Bahari Pulau Untung Jawa, hanya beberapa kilometer dari Kota Tangerang

Bambang Surambang | Rabu, 20 Mei 2015 | 17:00

| Dibaca : 109954

Siapa bilang di Tangerang tidak ada pantai yang indah? (TangerangNews / TangerangNews)

TANGERANG- Siapa bilang di Tangerang tidak ada pantai yang indah? Bila anda orang yang tidak sempat atau lagi males berpergian ke tempat yang jauh mungkin Pulau Untung Jawa bisa menjadi tempat alternatif liburan untuk melepas kepenatan. Walaupun Pulau Untung Jawa merupakan pulau di dalam gugusan Kepulauan Seribu yang masuk kedalam wilayah administrasi Ibukota Jakarta. Namun nyatanya lebih dekat ke Tangerang.

Ada beberapa alternatif untuk mencapai Pulau Untung Jawa. 

Dari Jakarta, anda dapat berangkat dari Muara Angke,  lalu melanjutkan perjalanan dengan perahu kayu berkapasitas 50-100 orang. Jadwal berangkatnya setiap pukul 07.00 dan 12.00. Biayanya antara Rp 35.000-Rp 50.000 per orang dengan jarak tempuh 40 menit.

Dari Tangerang, tempat penyebrangan ke Pulau Untung Jawa adalah Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, 29 km ke Utara dari kota Tangerang. Untuk sampai ke tempat ini, warga kota Jakarta dapat melalui jalan tol Bandara menuju jalan Marsekal Surya Darma atau kecamatan Neglasari, kota Tangerang, lalu menuju Kampung Melayu, kemudian masuk ke jalan Raya Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga-kabupaten Tangerang.  

Panjang jalan Raya Tanjung Pasir sekitar 6 km, pengunjung dapat menikmati hamparan sawah, mulai dari pertigaan Kampung Melayu. Bukan hanya hamparan sawah, pengunjung juga dapat menikmati tambak-tambak di sisi kiri dan kanan jalan, serta rumah makan seafood yang terbuat dari bambu. Sebelum memasuki pintu gerbang Tanjung Pasir, pengunjung dapat juga menikmati Taman Penangkaran Buaya. Koleksi buaya di Taman Buaya Tanjung Pasir ini mencapai 500 ekor lebih, dari yang masih kecil sampai yang berumur 40 tahunan. Hanya sedikit buaya yang bisa berumur 70 tahun lebih.

tanjung pasir

Selain itu juga anda bisa menikmati Pantai tanjung pasir sebelum menyebrang ke Pulau Untung Jawa. Perahu motor dari sana berangkat setiap saat dengan ongkos sewa Rp 25.000 per orang atau Rp 250.000 untuk sewa satu kapal. Saya sarankan anda memilih jalur Tangerang karena hanya jarak tempuh hanya 15-20 menit dari Pantai Tanjung Pasir.

Setelah perahu menepi di dermaga Pulau Untung Jawa, kita akan disambut oleh hamparan pantai berpasir putih yang cukup indah. Dengan air laut yang jernih dan berwarna hijau tosca bersama ombak yang tenang mengulung menambah nilai keindahan. 

welcome

dermaga

Di Pulau Untung Jawa, wisata yang dapat Anda nikmati, antara lain berenang di pantai, banana boat, snorkeling, jetski, menjelajah hutan bakau, dan lain-lain. Bagi anda yang mau menginap, di Pulau Untung Jawa, sudah tersedia banyak homestay nyaman. Kisaran harga sewanya antara Rp150 ribu hingga Rp300 ribu, tergantung fasilitas yang disediakan. Homestay ini berada tidak jauh dari pantai sehingga menambah suasana santai anda selama berlibur.

penginapan untung jawa

 

KOTA TANGERANG
1400 Meter Bantaran Kali di Benda Disulap Jadi Taman Kreatif

1400 Meter Bantaran Kali di Benda Disulap Jadi Taman Kreatif

Senin, 24 Februari 2020 | 21:29

TANGERANGNEWS.com-Hari Ulang Tahun Kota Tangerang ke-27 di Kecamatan Benda dimeriahkan dengan lomba penataan bantaran kali sepanjang 1400 meter menjadi taman

AYO! TANGERANG CERDAS
Bingung Cari Sekolah Untuk Anak? Kunjungi Edu Fair SMS

Bingung Cari Sekolah Untuk Anak? Kunjungi Edu Fair SMS

Minggu, 16 Februari 2020 | 11:28

TANGERANGNEWS.com-Sudah menjadi keinginan setiap orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik bagi sang anak. Anak yang bahagia dapat memaksimalkan keterampilannya secara optimal, baik itu soft skills maupun hard skills.

MANCANEGARA
Tenaga Medis dari Seantero Tiongkok Dikerahkan untuk Melawan Virus Corona

Tenaga Medis dari Seantero Tiongkok Dikerahkan untuk Melawan Virus Corona

Selasa, 28 Januari 2020 | 18:05

TANGERANGNEWS.com-Tiongkok mengerahkan staf medis dari seluruh negeri untuk membantu Provinsi Hubei mengendalikan wabah virus corona yang membuat Negeri Tirai Bambu itu kewalahan

TOKOH
Film Akhir Kisah Cinta Si Doel & Refleksi Perjalanan Hidup Azizah

Film Akhir Kisah Cinta Si Doel & Refleksi Perjalanan Hidup Azizah

Jumat, 24 Januari 2020 | 13:15

TANGERANGNEWS.com-Kisah percintaan Si Doel dalam film 'Akhir Kisah Cinta Si Doel' tentu membuat penasaran pemirsa, tak terkecuali Siti Nur Azizah.

"Percayalah Anda Bisa, Saat Ini Anda Telah Setengah Jalan Mencapainya"

Theodore Roosevelt