Connect With Us

Wisata Bahari Pulau Untung Jawa, hanya beberapa kilometer dari Kota Tangerang

Bambang Surambang | Rabu, 20 Mei 2015 | 17:00

Siapa bilang di Tangerang tidak ada pantai yang indah? (TangerangNews / TangerangNews)

TANGERANG- Siapa bilang di Tangerang tidak ada pantai yang indah? Bila anda orang yang tidak sempat atau lagi males berpergian ke tempat yang jauh mungkin Pulau Untung Jawa bisa menjadi tempat alternatif liburan untuk melepas kepenatan. Walaupun Pulau Untung Jawa merupakan pulau di dalam gugusan Kepulauan Seribu yang masuk kedalam wilayah administrasi Ibukota Jakarta. Namun nyatanya lebih dekat ke Tangerang.

Ada beberapa alternatif untuk mencapai Pulau Untung Jawa. 

Dari Jakarta, anda dapat berangkat dari Muara Angke,  lalu melanjutkan perjalanan dengan perahu kayu berkapasitas 50-100 orang. Jadwal berangkatnya setiap pukul 07.00 dan 12.00. Biayanya antara Rp 35.000-Rp 50.000 per orang dengan jarak tempuh 40 menit.

Dari Tangerang, tempat penyebrangan ke Pulau Untung Jawa adalah Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, 29 km ke Utara dari kota Tangerang. Untuk sampai ke tempat ini, warga kota Jakarta dapat melalui jalan tol Bandara menuju jalan Marsekal Surya Darma atau kecamatan Neglasari, kota Tangerang, lalu menuju Kampung Melayu, kemudian masuk ke jalan Raya Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga-kabupaten Tangerang.  

Panjang jalan Raya Tanjung Pasir sekitar 6 km, pengunjung dapat menikmati hamparan sawah, mulai dari pertigaan Kampung Melayu. Bukan hanya hamparan sawah, pengunjung juga dapat menikmati tambak-tambak di sisi kiri dan kanan jalan, serta rumah makan seafood yang terbuat dari bambu. Sebelum memasuki pintu gerbang Tanjung Pasir, pengunjung dapat juga menikmati Taman Penangkaran Buaya. Koleksi buaya di Taman Buaya Tanjung Pasir ini mencapai 500 ekor lebih, dari yang masih kecil sampai yang berumur 40 tahunan. Hanya sedikit buaya yang bisa berumur 70 tahun lebih.

tanjung pasir

Selain itu juga anda bisa menikmati Pantai tanjung pasir sebelum menyebrang ke Pulau Untung Jawa. Perahu motor dari sana berangkat setiap saat dengan ongkos sewa Rp 25.000 per orang atau Rp 250.000 untuk sewa satu kapal. Saya sarankan anda memilih jalur Tangerang karena hanya jarak tempuh hanya 15-20 menit dari Pantai Tanjung Pasir.

Setelah perahu menepi di dermaga Pulau Untung Jawa, kita akan disambut oleh hamparan pantai berpasir putih yang cukup indah. Dengan air laut yang jernih dan berwarna hijau tosca bersama ombak yang tenang mengulung menambah nilai keindahan. 

welcome

dermaga

Di Pulau Untung Jawa, wisata yang dapat Anda nikmati, antara lain berenang di pantai, banana boat, snorkeling, jetski, menjelajah hutan bakau, dan lain-lain. Bagi anda yang mau menginap, di Pulau Untung Jawa, sudah tersedia banyak homestay nyaman. Kisaran harga sewanya antara Rp150 ribu hingga Rp300 ribu, tergantung fasilitas yang disediakan. Homestay ini berada tidak jauh dari pantai sehingga menambah suasana santai anda selama berlibur.

penginapan untung jawa

 

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill