Connect With Us

Ada Enam Pulau Baru di Banten

Sumber ROL | Rabu, 24 Juni 2015 | 03:26

| Dibaca : 8803

Ilustrasi Pulau (Istimewa / TangerangNews)


SERANG-Pemerintah Provinsi Banten kembali menemukan enam pulau baru, yang belum masuk ke dalam pendataan kepulauan di Provinsi Banten. Penemuan tersebut berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kabupaten Lebak dan Pandeglang selama 10 hari, yaitu tanggal 1 hingga 10 Juni.

Enam pulau tersebut adalah, Pulau Karang Masjid, Pulau Kalong, Pulau Panggarangan, Pulau Reungit, Pulau Karang Songsong dan Pulau Batu Goong. Keenam pulau ini ditemukan di Kabupaten Lebak dan Pandegelang.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Banten Siti Ma'ani Nina mengatakan, berdasarkan definisi pulau menurut Permendagri tahun 2013 di dalam Pedoman Teknis Inventarisasi dan Verifikasi Nama rupa Bumi Unsur Alami, pulau adalah daratan atau bantuan yang terbentuk secara alami yang di kelilingi air dan berada di atas permukaan air pada saat air pasang.

“Berdasarkan devinisi tersebut, maka enam pulau yang baru ditemukan masuk ke dalam kordinat Provinsi Banten,” katanya, Selasa (23/6)
 
Berdasarkan data awal, lanjut Nina, pulau yang berada di Kabupaten Lebak hanya terdapat 7 pulau, dan Kabupaten Pandeglang terdapat 34 pulau. Namun, pada saat tim melakukan observasi, kata Nina, di Kabupaten Pandeglang tepatnya di dekat Pulau Handeuleung, tim menemukan Pulau Kalong, Pulau Panggarangan dan Pulau Reungit.

 “Ketiga pulau tersebut memiliki fisik tumbuhan dan bervergetasi (tanaman), dengan kondisi tanpa penghuni,” kata Nina menjelaskan.
 
Kemudian, lanjutnya, tim observasi kembali melakukan pendataa di Pulau Panaitan, Kabupaten Pandeglang, tim kembali menemukan Pulau Karang Masjid yang bentuk fisiknya tidak ada penghuni dan berbentuk dua karang berdampingan.

TagsHiburan
OPINI
Pemkab Tangerang Harus Mulai Fokus Perbaiki SDM

Pemkab Tangerang Harus Mulai Fokus Perbaiki SDM

Jumat, 29 November 2019 | 13:16

Pada agenda Bupati Tangerang kemarin Kamis, 28 November 2019 bertempat di Euangan Bola Sundul. Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar

BANDARA
Pemkab Serang Pamerkan Kerajinan Warisan Leluhur di Bandara Soetta

Pemkab Serang Pamerkan Kerajinan Warisan Leluhur di Bandara Soetta

Selasa, 10 Desember 2019 | 17:55

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II untuk memamerkan Gerabah Bumi Jaya di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
ISWAM 2019, Dorong Wisata Kesehatan Indonesia Saingi Korsel

ISWAM 2019, Dorong Wisata Kesehatan Indonesia Saingi Korsel

Minggu, 8 Desember 2019 | 12:26

TANGERANGNEWS.com-International Seminar and Workshop in Aesthetic Medicine (ISWAM) menggelar hari jadinya yang ke 10 tahun di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang, Sabtu (7/12/2019).

"Tanpa strategi, eksekusi bisa kehilangan arah, Tanpa eksekusi, strategi tidak ada gunanya."

Morris Chang