Connect With Us

Ada Enam Pulau Baru di Banten

Sumber ROL | Rabu, 24 Juni 2015 | 03:26

| Dibaca : 8624

Ilustrasi Pulau (Istimewa / TangerangNews)


SERANG-Pemerintah Provinsi Banten kembali menemukan enam pulau baru, yang belum masuk ke dalam pendataan kepulauan di Provinsi Banten. Penemuan tersebut berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kabupaten Lebak dan Pandeglang selama 10 hari, yaitu tanggal 1 hingga 10 Juni.

Enam pulau tersebut adalah, Pulau Karang Masjid, Pulau Kalong, Pulau Panggarangan, Pulau Reungit, Pulau Karang Songsong dan Pulau Batu Goong. Keenam pulau ini ditemukan di Kabupaten Lebak dan Pandegelang.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Banten Siti Ma'ani Nina mengatakan, berdasarkan definisi pulau menurut Permendagri tahun 2013 di dalam Pedoman Teknis Inventarisasi dan Verifikasi Nama rupa Bumi Unsur Alami, pulau adalah daratan atau bantuan yang terbentuk secara alami yang di kelilingi air dan berada di atas permukaan air pada saat air pasang.

“Berdasarkan devinisi tersebut, maka enam pulau yang baru ditemukan masuk ke dalam kordinat Provinsi Banten,” katanya, Selasa (23/6)
 
Berdasarkan data awal, lanjut Nina, pulau yang berada di Kabupaten Lebak hanya terdapat 7 pulau, dan Kabupaten Pandeglang terdapat 34 pulau. Namun, pada saat tim melakukan observasi, kata Nina, di Kabupaten Pandeglang tepatnya di dekat Pulau Handeuleung, tim menemukan Pulau Kalong, Pulau Panggarangan dan Pulau Reungit.

 “Ketiga pulau tersebut memiliki fisik tumbuhan dan bervergetasi (tanaman), dengan kondisi tanpa penghuni,” kata Nina menjelaskan.
 
Kemudian, lanjutnya, tim observasi kembali melakukan pendataa di Pulau Panaitan, Kabupaten Pandeglang, tim kembali menemukan Pulau Karang Masjid yang bentuk fisiknya tidak ada penghuni dan berbentuk dua karang berdampingan.

TagsHiburan
SPORT
Buka Putaran Kedua Liga 2, Persita Menang di Kandang

Buka Putaran Kedua Liga 2, Persita Menang di Kandang

Kamis, 22 Agustus 2019 | 21:26

TANGERANGNEWS.com-Setelah di tiga laga kandang sebelumnya berakhir dengan hasil kurang memuaskan, pada pertandingan pertama putaran kedua Liga 2 2019 ini Persita bisa bernapas lega karena sukses mengalahkan tim tamu PSGC Ciamis.

TEKNO
LIPI Kembangkan Baja Laterit, Ini Kegunaannya

LIPI Kembangkan Baja Laterit, Ini Kegunaannya

Selasa, 13 Agustus 2019 | 17:45

TANGERANGNEWS.com-Saat ini, Indonesia masih menjadi negara yang mengekspor bahan mentah logam tambang untuk produksi baja ke luar negeri.

HIBURAN
Sempat Dikabarkan Bubar, Ini Kejutan Lion And Friends untuk Fansnya di Tangerang

Sempat Dikabarkan Bubar, Ini Kejutan Lion And Friends untuk Fansnya di Tangerang

Selasa, 20 Agustus 2019 | 19:35

TANGERANGNEWS.com—Sempat dikabarkan bubar, ternyata grup band Lion And Friends membuat kejutan untuk fansnya. Kali ini dengan meluncurkan album berjudul Kisah Usang yang berisi tujuh lagu baru dan dua lagu lama yang diaransemen ulang.

PROPERTI
Cerita Komunitas Pengawal Ambulans di Tangsel, Pernah Dicaci Hingga Ditabrak

Cerita Komunitas Pengawal Ambulans di Tangsel, Pernah Dicaci Hingga Ditabrak

Jumat, 5 Juli 2019 | 13:22

TANGERANGNEWS.com-Di Indonesia keberadaan mobil ambulans yang melaju dengan sirine kerap kali masih disepelekan pengendara di jalan.

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt