Connect With Us

Kenapa Masakan Sunda Selalu Bikin Ketagihan?

Denny Bagus Irawan | Sabtu, 14 Mei 2016 | 10:00

| Dibaca : 3264

Ayam Goreng Ciganea. (@TangerangNews / Raden Bagus Irawan)

TANGERANG—Masakan khas Sunda punya penggemarnya sendiri. Ini dibuktikan dengan hadirnya restoran khas Sunda di mana-mana. Apa sebenarnya yang membuat masakan khas Sunda begitu menarik?

Jawabannya adalah sambal. Ya, hampir di semua masakan olahan khas Sunda kita akan menemukan cabai, bawang merah, dan bawang putih. Sambal tidak bisa dipisahkan dari kuliner Sunda.

Bahkan, masakan yang tidak mempergunakan bumbu, seperti ikan bakar, karedok, ataupun lalapan disajikan berdampingan dengan sambal.

Sunda mengenal berbagai macam sambal khas yang kreatif seperti sambal combrang, sambal terasi, sambal cibiuk, sambal kacang, dan sambal goreng ati.

Gurih dan pedasnya cita rasa kuliner Sunda membuat banyak orang terpikat, karena pedasnya yang bikin nagih.

Bukan hanya kreatif membuat sambal, masyarakat Sunda juga kreatif dalam membuat menu-menu masakan yang enak di lidah.

Contohnya adalah tumis genjer yang bahan dasarnya berasal dari tanaman gulma di padi, sayur kadedemes yang terbuat dari kulit singkong, atau sego lengko yang menggunakan siraman minyak sisa penggorengan tahu.

Baca selengkapnya di sini.

TOKOH
Jurnalis Tangerang ini Mendongeng hingga ke Lampung Selatan

Jurnalis Tangerang ini Mendongeng hingga ke Lampung Selatan

Minggu, 13 Mei 2018 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Budi Sabarudin, salah satu jurnalis Tangerang selain berprofesi sebagai pewarta juga dikenal sebagai pendongeng. Bahkan kiprah pria yang akrab disapa Budi Euy ini telah merambah hingga ke Lampung Selatan.

KAB. TANGERANG
Siram Diri dengan Minyak Tanah, Suhartati Nekat Bakar Diri di Tangerang

Siram Diri dengan Minyak Tanah, Suhartati Nekat Bakar Diri di Tangerang

Kamis, 14 Juni 2018 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Persoalan hidup memang tidak mudah, tetapi hal itu sebaiknya tidak menjadi beban berlebihan sampai harus berbuat nekat.

OPINI
Earth Hour: Peringatan Bagi Manusia di Bumi

Earth Hour: Peringatan Bagi Manusia di Bumi

Rabu, 4 April 2018 | 12:00

Kondisi iklim yang semakin hari mengalami perubahan tidak menentu akibat adanya proses pemanasan global membuat bumi bekerja semakin keras. Masyarakat dunia memiliki peran besar terhadap perubahan iklim yang terjadi.

MANCANEGARA
Ajaib, Kakek di India Makan Pasir Selama 40 Tahun

Ajaib, Kakek di India Makan Pasir Selama 40 Tahun

Jumat, 23 Maret 2018 | 09:00

TANGERANGNEWS.com-Demi alasan kebugaran, seseorang akan mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Yang jelas harus ada kandungan karbohidrat, protein dan serat. Namun, apa yang dilakukan oleh seorang kakek di India sangatlah beda.

"Sekali anda mengerjakan sesuatu jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. orang orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia. "

Chanakya