Connect With Us

Koleksi Benda Bersejarah

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 21 Maret 2018 | 13:00

The Summerians peninggalan sejarah di Museum Sandi. (Istimewa / Istimewa)


Di dalamnya terpajang koleksi benda-benda bersejarah yakni peralatan untuk berkirim pesan-pesan rahasia. Mulai dari buku kode sandi, lalu ada telegraf sampai berbagai macam mesin sandi baik itu buatan Indonesia maupun luar negeri.

Nah, ceritanya mesin-mesin itu dulunya digunakan pada zaman perang. Fungsinya untuk mengirimkan pesan penyerangan dengan sasaran sarang musuh, tetapi caranya sembunyi-sembunyi dan tak terdeteksi. Akhirnya, berkat bantuan dari mesin-mesin inilah para pejuang Indonesia berhasil kembali merebut daerah tanah air yang telah dikuasai oleh penjajah.

3.      Belajar Tentang Sandi Rahasia

Di ruangan display lantai 1 tempatnya berkisah mengenai kehidupan dr. Roebiono Kertopati yakni Bapak Persandian Negara Republik Indonesia. Selain itu dalam beberapa ruangan terdapat benda-benda historikal persandian Indonesia. Serta ada pula diorama tentang aktivitas para petugas sandi ketika zaman perang kemerdekaan.

Nah, di ruangan lainnya terdapat aneka macam mesin sandi tua yang dipergunakan sejumlah negara di dunia, seperti Amerika Serikat, Jerman, Vatikan dan lainnya. Di samping itu ada pula beberapa mesin sandi buatan Indonesia. Namun, tak ada keterangan yang menjelaskan cara kerja mesin-mesin tersebut. Jadi, kita cuma bisa melihatnya dari balik kaca.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill