Connect With Us

7 Kuliner Khas Belitung yang Wajib Dicoba!

Mohamad Romli | Minggu, 26 Agustus 2018 | 18:00

| Dibaca : 1779

Sup Gangan (Blogspot / Blogspot)

TANGERANGNEWS.com-Kuliner menjadi tujuan utama sebagian besar wisatawan saat berkunjung ke suatu daerah sebelum akhirnya menjelajah dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata yang disuguhkan. Memuaskan perut memang menjadi yang utama, terlebih dengan mencoba berbagai macam kuliner khas daerah tersebut. Lalu, kuliner apa saja yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Pulau Belitung? Berikut beberapa di antaranya:

1. Sup Gangan

Dari namanya, sajian satu ini masih jarang terdengar di telinga. Sup gangan adalah hidangan yang terbuat dari ikan berlemak dan cicampur dengan berbagai bumpu, seperti kunyit, cabai rawit, dan potongan nanas muda, sehingga menghasilkan cita rasa pedas, asam, dan gurih yang begitu menggoda. Sup gangan merupakan makanan tradisional khas Pulau Belitung, jadi, jangan sampai Anda tidak mencobanya, ya!

2. Mi Belitung

Tak kalah lezatnya dengan sup gangan, ada mi Belitung yaitu sajian mi yang ditambah irisan tahu, emping, taoge, dan potongan timun dengan siraman kuah kari udang. Rasanya? Jangan ditanya, sudah pasti menggugah selera! Jika Anda ingin mencicipinya, segera menuju Mie Belitung Atep yang lokasinya berada di Jalan Sriwijaya. Tempat ini menjajakan menu mi Belitung yang paling enak di Pulau Belitung.

3. Ikan Pari Bakar

Source : friedchillies

Beralih ke menu hidangan laut, cobalah cicipi enaknya ikan pari bakar. Dagingnya yang kaya akan serat ditambah dengan sambal nanas yang asam dan pedas membuat kuliner ini sangat enak. Apalagi jika Anda menikmatinya dengan sepiring nasi panas dan segelas teh hangat. Hmm, sangat pas ya!

4. Suto Belitung

Mirip dengan mi Belitung, suto Belitung adalah sajian yang berupa irisan lontong, daging, tomat segar, dan potongan emping yang disiram dengan kuah kari dari iga sapi. Paduan rasa pedas, gurih, dan asam akan menggoyang lidah dan memanjakan perut Anda. di Belitung, Warung Suto Belitung Mak Jannah yang berlokasi di Pasar Tanjung Pandan menyajikan suto Belitung yang begitu enak. Warung ini sudah ada sejak tahun 1925 dan dikelola secara turun-temurun, lho!

5. Ketam Isi

Source : ksmtour

Ketam isi adalah hidangan dengan bahan dasar daging kepiting rajungan yang diolah dengan tambahan telur, bawang daun, juga kombinasi bumbu ajaib. Uniknya, setelah dimasak, hidangan ini akan dimasukkan kembali ke dalam cangkang kepitingnya. Kabarnya, inilah yang membuat ketam isi begitu enak. Kuah kental dengan warna kecokelatan semakin menambah kelezatan sajian khas Belitung ini.

6. Berego

Sekilas, Berego mirip seperti sajian kwetiau yang digulung dan disiram dengan kuah kari ikan. Hidangan ini disajikan terpisah antara kuah dan kwetiau serta sambalnya. Sajian ini bisa disantap dengan memasukkan gulungan kwetiau ke dalam kuah atau menyiramkan kuah di atas kwetiaunya. Mana saja caranya, rasanya tetap enak, kok!

7. Es Jeruk Konci

Source : kulinerbelitung

Minuman segar ini terbuat dari perasan jeruk kecil serupa jeruk nipis dengan rasa yang luar biasa asam. Anda yang tidak terlalu suka asam tetapi ingin mencobanya, bisa menambahkan gula sesuai dengan selera. Tak hanya disantap di daerah asalnya, Anda juga bisa menjadikan minuman segar ini sebagai buah tangan, karena jeruk konci juga telah tersedia dalam bentuk sirop. 

Bagaimana, tertarik untuk mencicipi semua kuliner tadi? Makanya tunggu apalagi, segera pesan tiket pesawat murah ke Belitung untuk liburan Anda. Untuk rekomendasi pemesanan, Anda bisa memesannya secara online melalui layanan Airy. Melalui layanan ini, Anda bisa mengecek harga tiket pesawat terbaik dari beragam maskapai penerbangan yang melayani rute menuju Belitung seperti tiket pesawat Citilink, Lion Air, Batik Air, hingga Garuda Indonesia. Yuk, liburan ke Belitung!

 

KAB. TANGERANG
Program Bupati Tangerang Disorot Aktivis dan Pengusaha

Program Bupati Tangerang Disorot Aktivis dan Pengusaha

Kamis, 18 Oktober 2018 | 22:36

TANGERANGNEWS.com-Ekonomi kreatif salah satu sektor yang harus terus dipacu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah serta peningkatan

BISNIS
Keuntungan Menggiurkan, Akseleran Sasar Warga Tangerang

Keuntungan Menggiurkan, Akseleran Sasar Warga Tangerang

Rabu, 17 Oktober 2018 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Perkembangan perusahaan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi (fintech peer to peer lending) di Indonesia terus berkembang pesat.

PROPERTI
Galeri Iptek & Inovasi Hadir di BSD City

Galeri Iptek & Inovasi Hadir di BSD City

Kamis, 4 Oktober 2018 | 18:58

TANGERANGNEWS.com-Pengembang properti Sinar Mas Land manggandeng Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) membangun

NASIONAL
Dihadiri Jokowi, LDII Usulkan Fokus Pembangunan Nasional di Rakernas

Dihadiri Jokowi, LDII Usulkan Fokus Pembangunan Nasional di Rakernas

Jumat, 12 Oktober 2018 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) menggelar Rakernas yang diikuti 1.500 peserta dari tingkat Dewan Perwakilan Wilayah (Provinsi) dan Dewan Perwakilan Daerah (Kabupaten/kota), Kamis (11/10/2018).

"Seseorang yang tak pernah membuat kesalahan tak akan pernah mencoba sesuatu yang baru."

Albert Einstein