Connect With Us

Jalan-Jalan Ke Cirebon? Cicipi 3 Kuliner Khas Cirebon yang Melegenda Ini

Mohamad Romli | Senin, 27 Agustus 2018 | 15:00

| Dibaca : 2030

. (resepdanmasakan.com / resepdanmasakan.com)

TANGERANGNEWS.com-Sebagai daerah yang memiliki sejarah, tradisi, dan kebudayaan yang kaya, Cirebon mempunyai banyak sekali kekhasan dan keunikannya sendiri. Ciri khas dan keunikan Cirebon berasal dari berbagai macam hal, seperti arsitektur bangunan, bahasa, tempat wisata, hingga kuliner.

Tidak kalah dengan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia, kuliner di Cirebon juga sangat beragam. Pastinya, setiap makanan khas yang ada memiliki keunikan rasa yang khas, yang tidak dapat ditemukan di daerah lain. Salah satu kuliner ternama dari Cirebon yang paling terkenal adalah empal gentong. Hampir di setiap sudut Kota Cirebon, banyak ditemui pedagang empal gentong.

Selain empal gentong, Cirebon memiliki makanan khas lain yang tidak kalah lezat. Ketika berkunjung ke Cirebon, sempatkan untuk berwisata kuliner di tempat-tempat berikut ini:

1. Sarapan di Warung Docang Ibu Kapsah

Docang sepintas mirip lontong sayur karena menggunakan bahan-bahan, seperti lontong, daun singkong, taoge, oncom, dan disiram dengan kuah santan merah dengan toping kerupuk. Konon, Docang ini sudah ada sejak zaman wali songo dulu dan merupakan salah satu makanan favorit para wali.

Salah satu warung docang yang terkenal di Cirebon adalah Warung Docang Ibu Kapsah yang berada di Jalan Siliwangi atau di seberang pintu masuk Stasiun Kereta Api Kejaksan. Docang racikan ibu Kapsah dikenal memiliki kuah yang pekat. Warung Docang Ibu Kapsah buka mulai pukul 6 pagi.

2. Makan Siang di Nasi Lengko Haji Barno

Sebelum berkunjung ke tempat wisata di Cirebon lainnya, pergilah ke daerah JL. Pagongan yang ada di daerah Kesambi. Di lokasi tersebut terdapat Kedai Nasi Lengko H. Barno yang sangat pas dijadikan sebagai tempat makan siang.

Nasi lengko berisi potongan tahu dan tempe, irisan mentimun, toge, dan disiram dengan bumbu kacang serta kecap manis, tidak lupa juga diberi taburan bawang goreng dan daun bawang. Sekilas, nasi lengko ini mirip dengan nasi pecel. Nasi lengko di H. Barno juga biasanya disajikan bersama dengan sate kambing.

3. Berburu Oleh-Oleh di Toko Sinta

Toko Sinta merupakan salah satu pusat oleh-oleh yang terkenal di se-antero Cirebon. Di sini, kita bisa membeli berbagai jajanan dan camilan. Namun, yang paling khas dari toko ini adalah manisannya. Di toko ini, pengunjung bisa membeli aneka macam manisan. Ada pula rujak, sambal, hingga ikan asin. Lokasinya berada di JL. Lemahwungkuk No. 37, Kota Cirebon.

4. Menutup Hari dengan Menyantap Nasi Jamblang Mang Dul

Ketika senja tiba, sebaiknya segera bergegas untuk bersiap-siap menyantap makan malam di Warung nasi Jamblang Mang Dul. Warung yang juga menjadi langganan Presiden SBY ini memang tidak pernah sepi. Pengunjung rela mengantre lama demi mencicipi lezatnya salah satu kuliner legendaris ini.

Nasi jamblang sebenarnya hanya nasi putih biasa yang dibungkus menggunakan daun jati dalam porsi yang tidak terlalu banyak. Lauk yang digunakan sebagai pendamping makan nasi jamblang biasanya adalah perkedel kentang, sate paru, ayam goreng, telur semur, sambal, dan lain-lainnya. Warung Nasi Jamblang Mang Dul sendiri berada di JL. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 8, Pekiringan, Kesambi.

Puas makan-makan enak, kini saatnya untuk beristirahat. Bingung dengan harga sewa akomodasi yang cukup mahal, pilih hotel murah di Cirebon sebagai alternatif menginap. Airy Rooms, sebagai penyedia jaringan akomodasi terbesar di Indonesia, memiliki beragam pilihan kamar hotel dengan harga terjangkau dan fasilitas yang lengkap.

Masing-masing kamar memiliki jaminan fasilitas yang berkualitas, seperti tempat tidur yang nyaman, air mineral di setiap kamar, air hangat untuk mandi, perlengkapan mandi, AC, WiFi gratis selama 24 jam, serta TV canggih dengan puluhan saluran berkualitas.

Pemesanannya bisa dilakukan jauh-jauh hari lewat aplikasi atau situs resminya. Untuk pembayarannya sendiri, bisa dilakukan dengan transfer ataupun lewat kartu kredit.

 

BANTEN
Lapas Pemuda Tangerang Meriahkan Safari Ramadan di Kanwil Banten

Lapas Pemuda Tangerang Meriahkan Safari Ramadan di Kanwil Banten

Kamis, 16 Mei 2019 | 18:48

TANGERANGNEWS.com-Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang (Lapas Pemuda Tangerang) turut andil dalam kegiatan Safari Ramadan

OPINI
Isyarat Prabowo-Sandi Menang

Isyarat Prabowo-Sandi Menang

Kamis, 11 April 2019 | 12:00

TANGERANG-Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga

KAB. TANGERANG
KPU Kabupaten Akan Tetapkan Calon DRPD Terpilih

KPU Kabupaten Akan Tetapkan Calon DRPD Terpilih

Kamis, 23 Mei 2019 | 21:37

TANGERANGNEWS.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, dalam waktu tiga sampai empat hari ke depan akan mengumumkan penetapan hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, bila tidak ada gugatan ke Mahkamah konstitusi (MK).

KOTA TANGERANG
Dihadiri Ustaz Al Habsy, Swiss-Belinn Airport di Tangerang Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim

Dihadiri Ustaz Al Habsy, Swiss-Belinn Airport di Tangerang Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim

Kamis, 23 Mei 2019 | 20:00

TANGERANGNEWS.com-Dalam rangka bulan suci Ramadhan 1440 H, Swiss-Belinn Airport Jakarta menyelenggarakan acara Buka Puasa Bersama Ustad Al Habsy.

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)