Connect With Us

Hape di Pinggang Bikin Lemah Tulang

| Minggu, 20 Juni 2010 | 12:12

Hape dipinggang dapat melemahkan tulang. (tangerangnews / dira)

TANGERANGNEWS-Selama bertahun-tahun, para ahli kesehatan sering menghubungkan dampak radiasi pada hape dengan penyakit tumor otak. Meskipun penelitian ini masih menimbulkan pro dan kontra soal kebenarannya, tapi banyak yang percaya bahwa sinyal hape yang memancarkan radiasi bisa berpengaruh terhadap kesehatan penggunanya.
 
Belum selesai soal itu, sekarang sudah muncul lagi hasil riset lain. Kali ini radiasi hape dikait-kaitkan sebagai penyebab lemah tulang alias osteoporosis. Sebuah tim riset yang menulis di The Journal of Craniofacial Surgery mengungkapkan memakai hape yang disematkan di ikat pinggang bisa menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang di sekitar panggul yang biasa digunakan untuk pencangkokan tulang.
 
Dengan penggunaan yang lama, medan elektromagnetik dari hape dapat melemahkan tulang dan secara potensial dapat memberikan dampak pada operasi cangkok tulang. Demikian studi yang dibuat oleh Dr. Tolga Atay dan koleganya di Suleyman Demirel University, Isparta, Turki.
 
Para peneliti mengukur kepadatan tulang di sekitar atas panggul pada 150 orang yang menggunakan hape di ikat pinggang mereka. Pengukuran yang dilakukan menggunakan teknik yang disebut dual x-ray absorptiometry, untuk mengukur kepadatan tulang pada pasien dengan osteoporosis dan penyakit tulang lainnya. 
 
Kepadatan tulang dibandingkan di sisi tempat para pria memakai hape mereka (sisi kanan dipakai 122 pria dan sisi kiri ada di 28 pengguna). Orang-orang ini membawa hape mereka rata-rata 15 jam per hari, dan telah menggunakan perangkat itu selama sekitar 6 tahun.
Hasilnya menunjukkan terjadi sedikit penurunan kepadatan tulang di sisi tempat para laki-laki ini membawa hape mereka. Perbedaan secara statistik memang tidak signifikan, dan tidak mendekati penurunan dilihat pada osteoporosis.
 
Namun, para peneliti menunjukkan potensi pelemahan tulang bisa terjadi para pria yang umurnya 30-an tahun. Ada hubungan yang signifikan antara kepadatan tulang dengan medan elektromagnetik yang dipancarkan oleh hape.
 
Penelitian ini menggunakan frekuensi sangat rendah, 15-52 MHz. Sebaliknya, orang-orang dalam studi membawa hape dengan frekuensi 900 untuk 1.800 MHz. 
 
Para peneliti tersebut bilang bahwa temuan mereka memang baru pendahuluan. Ke depan akan hadir generasi teknologi seluler yang menghasilkan medan elektromagnetik lebih rendah. Yang penting, pesan Atay, lebih baik menjaga agar hape sejauh mungkin dari tubuh kita selama kehidupan sehari-hari. Hah? (hp/dira)

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill