Connect With Us

Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Rachman Deniansyah | Sabtu, 25 Januari 2020 | 15:50

| Dibaca : 25896

Taman Hutan Kota Jombang di Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Tangsel. (TangerangNews / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Penataan kota terus dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel). Sebuah bantaran kali mati di wilayah Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat disulap menjadi Taman Hutan Kota Jombang. 

Taman Hutan Kota Jombang itu mulai dibangun sejak awal tahun 2019 lalu, dan selesai tepat waktu pada Desember 2019. Dalam pembangunannya, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel menggunakan anggaran yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019.

Wisata

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel Rosi Yuliandi mengatakan, pembangunan ini awalnya bertujuan untuk menjadikan saluran kali kembali pada fungsi ke utamanya yaitu sebagai saluran pembuang dari jalan Sumatera menuju ke Kali Cibenda. 

"Pembangunan prasarana dan bantaran Kali Mati Jombang - Kali Cibenda Hilir dibagi tiga segmen, antara lain, Segmen 1 yang menghubungan Jalan Sumatera-Pesantren-Jalan SMK. Segmen 2 yang menghubungkan Jalan SMK-Balai Pertanian Jombang dengan menggunakan Flying Deck, serta Segmen 3 meliputi saluran kali pembuang dari Balai pertanian menuju Kali Cibenda," papar Rosi, Sabtu (25/1/2020).

Taman Hutan Kota Jombang di Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Tangsel.

Namun, kata Rosi, selain melakukan pembenahan terhadap kali mati, DPU Tangsel juga sengaja mendesain bangunan di sekitar lokasi menjadi tempat yang indah. Sehingga masyarakat pun tertarik dan senang. Hal itu pun serupa dengan yang dilakukan DPU Tangsel di tempat lain, seperti Tandon Ciater, Kali Jaletreng, dan lainnya.

"Sebagai tambahannya kita menata Hutan Kota Jombang sebagai ekowisata, icon lingkungan sehat dan wahana relaksasi masyarakat," ujar dia. 

Rosi melanjutkan, wisata Taman Hutan Kota Jombang menyediakan beberapa wahana, seperti rumah pohon yang melewati jembatan gantung, fitnes outdoor, tempat bermain anak, tempat kumpul keluarga, dan spot-spot yang apik digunakan sebagai latar foto. 

Taman Hutan Kota Jombang di Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Tangsel.

Menurutnya, Pembangunan Prasarana dan Bantaran Kali Mati Jombang - Kali Cibenda Hilir itu dilaksanakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi banjir dengan mengalirkan air ke Kali Cibenda.

Taman Hutan Kota Jombang di Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Tangsel.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel Aries Kurniawan menambahkan, dengan selesainya Pembangunan Prasarana dan Bantaran Kali Mati Jombang - Kali Mati Cibenda Hilir, masyarakat Tangsel memiliki alternatif tempat wisata alami di tengah kota. 

"Kami berharap masyarakat Tangsel bisa memanfaatkan Taman Hutan Kota Jombang ini sebagai tempat wisata. Tak hanya memanfaatkan, tapi juga menjaganya agar keberlangsungan lokasi wisata ini tetap terjaga," pungkasnya.(RMI/HRU)

TOKOH
Mau Jadi Pengusaha Muda di Tangerang? Ini Tipsnya

Mau Jadi Pengusaha Muda di Tangerang? Ini Tipsnya

Rabu, 26 Februari 2020 | 15:38

TANGERANGNEWS.com-Memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Bisnis kecil yang memiliki sumber daya terbatas, akan menjadi lebih sulit

KAB. TANGERANG
22 Pengedar Narkoba Dibekuk Polresta Tangerang Saat Pandemi Corona

22 Pengedar Narkoba Dibekuk Polresta Tangerang Saat Pandemi Corona

Senin, 6 April 2020 | 15:38

TANGERANGNEWS.com-Meski tengah berlangsung pandemi virus Corona (COVID-19), namun peredaran narkoba terus terjadi. Terkini, Satuan Reserse Narkoba Polresta Tangerang Polda Banten dan jajaran meringkus 22 orang tersangka penyalahguna narkoba

TEKNO
Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui

"Kuatkan dirimu, karena semuanya akan menjadi lebih baik. Mungkin sekarang segala prahara menerpa, tetapi percayalah badai pasti berlalu"

Haile