Connect With Us

Osteoporosis bisa dicegah dengan minum bir?

| Senin, 9 Juli 2012 | 17:24

Minum Bir. (tangerangnews / dira)

Apa yang sering Anda dengar tentang bir? Pasti kebanyakan adalah efek negatif dari minuman ini. Namun, tahukah Anda bahwa minuman keras ini juga bisa digunakan untuk mencegah osteoporosis?
 
Banyak penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa konsumsi bir dalam jumlah sedang bisa menyembuhkan nyeri sendi dan menjaga bentuk otot.

Berdasarkan National Institute of Health, zat silikon dalam bentuk orthosilicic acid (OSA) sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang, menjaga otot tetap kuat, serta membantu menurunkan risiko penyakit osteoporosis.

Meski begitu, penelitian ini tidak menetapkan jumlah minimum silikon yang harus dikonsumsi. Sekitar 20 - 25 mg bir diketahui mengandung zat silikon yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang dan persendian setiap hari.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada The Journal of Bone and Mineral Research, konsumsi silikon pada pria dan wanita muda bisa sangat membantu menjaga kesehatan tulang.
Beberapa penelitian yang dirangkum oleh Times of India (09/07) berikut juga menemukan manfaat bir bagi kesehatan tulang. Pertama adalah penelitian pada bulan Februari tahun 2010, menemukan bahwa bir yang kaya silikon bisa mencegah osteoporosis.

Penelitian pada bulan Oktober tahun 2010 menunjukkan bahwa meminum bir bisa melindungi wanita dari osteoporosis. Sementara penelitian pada bulan Februari tahun 2012 menunjukkan bahwa bir bisa digunakan untuk mengatasi tulang rapuh.

Tetapi tunggu dulu. Jangan langsung minum bir setelah membacanya, karena tak semua bir bisa membantu Anda mencegah osteoporosis. Bir yang bisa digunakan mengatasi osteoporosis adalah bir yang banyak mengandung zat silikon.

Lalu, bagaimana cara mengetahuinya? Perhatikan beberapa tanda berikut ini.


1. Perhatikan warna bir yang Anda minum. Bir yang mengandung banyak zat silikon berwarna pucat. Bir yang harus dihindari adalah yang berwarna keemasan dan gelap.

2. Jangan konsumsi bir buah. Selain tak mengandung zat silikon, bir buah juga dipenuhi gula.

3. Coba cari tahu bahan bir yang Anda konsumsi. Jangan konsumsi bir yang terbuat dari gandum karena bir jenis ini hanya memiliki sedikit zat silikon.

Jika Anda menemui bir yang sesuai dengan ciri-ciri di atas, maka bir itu bisa digunakan untuk mencegah osteoporosis. Namun hati-hati, terlalu banyak meminum bir tentu tak bagus untuk kesehatan. Alih-alih mengobati tulang, bisa-bisa Anda malah merusak organ tubuh yang lain
OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

TANGSEL
Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Selasa, 23 April 2024 | 15:22

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kabulkan tuntutan warga mengenai pembatalan penutupan Jalan Ray Puspitek yang menghubungkan kawasan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangsel dengan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill