Connect With Us

Osteoporosis bisa dicegah dengan minum bir?

| Senin, 9 Juli 2012 | 17:24

Minum Bir. (tangerangnews / dira)

Apa yang sering Anda dengar tentang bir? Pasti kebanyakan adalah efek negatif dari minuman ini. Namun, tahukah Anda bahwa minuman keras ini juga bisa digunakan untuk mencegah osteoporosis?
 
Banyak penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa konsumsi bir dalam jumlah sedang bisa menyembuhkan nyeri sendi dan menjaga bentuk otot.

Berdasarkan National Institute of Health, zat silikon dalam bentuk orthosilicic acid (OSA) sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang, menjaga otot tetap kuat, serta membantu menurunkan risiko penyakit osteoporosis.

Meski begitu, penelitian ini tidak menetapkan jumlah minimum silikon yang harus dikonsumsi. Sekitar 20 - 25 mg bir diketahui mengandung zat silikon yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang dan persendian setiap hari.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada The Journal of Bone and Mineral Research, konsumsi silikon pada pria dan wanita muda bisa sangat membantu menjaga kesehatan tulang.
Beberapa penelitian yang dirangkum oleh Times of India (09/07) berikut juga menemukan manfaat bir bagi kesehatan tulang. Pertama adalah penelitian pada bulan Februari tahun 2010, menemukan bahwa bir yang kaya silikon bisa mencegah osteoporosis.

Penelitian pada bulan Oktober tahun 2010 menunjukkan bahwa meminum bir bisa melindungi wanita dari osteoporosis. Sementara penelitian pada bulan Februari tahun 2012 menunjukkan bahwa bir bisa digunakan untuk mengatasi tulang rapuh.

Tetapi tunggu dulu. Jangan langsung minum bir setelah membacanya, karena tak semua bir bisa membantu Anda mencegah osteoporosis. Bir yang bisa digunakan mengatasi osteoporosis adalah bir yang banyak mengandung zat silikon.

Lalu, bagaimana cara mengetahuinya? Perhatikan beberapa tanda berikut ini.


1. Perhatikan warna bir yang Anda minum. Bir yang mengandung banyak zat silikon berwarna pucat. Bir yang harus dihindari adalah yang berwarna keemasan dan gelap.

2. Jangan konsumsi bir buah. Selain tak mengandung zat silikon, bir buah juga dipenuhi gula.

3. Coba cari tahu bahan bir yang Anda konsumsi. Jangan konsumsi bir yang terbuat dari gandum karena bir jenis ini hanya memiliki sedikit zat silikon.

Jika Anda menemui bir yang sesuai dengan ciri-ciri di atas, maka bir itu bisa digunakan untuk mencegah osteoporosis. Namun hati-hati, terlalu banyak meminum bir tentu tak bagus untuk kesehatan. Alih-alih mengobati tulang, bisa-bisa Anda malah merusak organ tubuh yang lain
OPINI
Fomo Menjadi Fenomena yang Sangat Berpengaruh Bagi Generasi Muda dan Dampaknya Sangat Besar Bagi Kesehatan Mental

Fomo Menjadi Fenomena yang Sangat Berpengaruh Bagi Generasi Muda dan Dampaknya Sangat Besar Bagi Kesehatan Mental

Senin, 8 Juni 2026 | 17:25

Fenomena atau fomo bagi generasi muda itu berdampak pada kesehatan mental yang artinya yang di mana media digital saat ini media sosial itu telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan di dalam kehidupan kita sehari-hari

AYO! TANGERANG CERDAS
PIN SPMB Kota Tangerang Belum Masuk WhatsApp? Orang Tua Diminta Cek Data Pendaftaran 

PIN SPMB Kota Tangerang Belum Masuk WhatsApp? Orang Tua Diminta Cek Data Pendaftaran 

Jumat, 5 Juni 2026 | 13:45

Sejumlah orang tua dan calon peserta didik di Kota Tangerang masih mengeluhkan PIN Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB) yang belum diterima melalui WhatsApp.

WISATA
BSD Bakal Punya Destinasi Wisata Baru Bertema Peternakan Seluas 3,8 Hektare

BSD Bakal Punya Destinasi Wisata Baru Bertema Peternakan Seluas 3,8 Hektare

Kamis, 11 Juni 2026 | 17:59

Destinasi wisata peternakan pertama dan satu-satunya di kawasan BSD City bernama bernama Dairyland at Hiera BSD segera hadir untuk memenuhi kebutuhan bermain keluarga modern di Jabodetabek.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill